aplikasi chat

Sedang WFH? Inilah 8 Rekomendasi Aplikasi Chat untuk Tim Anda!

Sejak pandemi COVID-19, banyak perusahaan menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home. Bekerja dari jauh bukanlah halangan bagi perusahaan untuk saling terhubung. Ada banyak tools yang akan mendukung tim Anda bekerja saat bekerja dari rumah, salah satunya adalah aplikasi chat. Simak rekomendasi aplikasi chat untuk mendukung kinerja tim Anda! 

 

Slack

Slack menawarkan aplikasi chat yang kuat dan komprehensif untuk berbagai bisnis dari banyak skala. Selain obrolan dengan sesama karyawan dan dalam grup, Slack hadir dengan panggilan audio individu dan tim serta video conference. Pengguna dapat mengatur berbagai proyek, tim, dan item lainnya menggunakan hashtag serta berbagi file  dari Google Drive dan Dropbox hanya dengan cara drag and drop di kolom chat. Semua file dan obrolan dalam aplikasi dapat disinkronkan, diarsipkan, dan dapat dicari untuk referensi di masa mendatang.

 

performance review

Microsoft Team

Microsoft Teams adalah perangkat lunak yang terhubung langsung dengan raksasa software ternama, yaitu Microsoft. Aplikasi chat yang satu ini berfokus pada kolaborasi real time. Sekilas Microsoft Team terlihat agak mirip Slack. Akan tetapi, keunggulan utamanya adalah seluruh fitur seperti obrolan, rapat, catatan dan sebagainya terhubung dengan program dari Microsoft.  Jika perusahaan Anda menggunakan banyak software dari Microsoft, maka Microsoft Teams mungkin pilihan yang tepat. 

 

Google Hangout Chat

Google Hangouts diawali sebagai layanan obrolan yang ramah konsumen. Namun, Google baru-baru ini menata ulang Google Hangouts sebagai aplikasi chat yang dapat membantu operasional perusahaan dengan integrasi mendalam dengan rangkaian produk Google seperti Google Drive, Google Spreadsheet, Google Calendar, dan sebagainya. Akan tetapi, untuk memulai video conference, pengguna akan secara otomatis diarahkan ke Google Meet. 

 

Baca Juga: Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Perusahaan

 

Flowdock

Flowdock adalah aplikasi chat yang membantu tim berkolaborasi dan menjaga komunikasi di satu tempat. Fitur yang ditawarkan hampir sama dengan Slack. Akan tetapi, terdapat fitur  inbox yang dapat menyimpan dan mengatur email serta  pesan yang terkait dengan manajemen proyek dari berbagai sumber lainnya. Flowdock dapat diakses melalui desktop dan ponsel pintar berbasis Android dan iOS. Pemberitahuan push tersedia di berbagai platform dan perangkat, jadi tidak ada yang melewatkan permintaan obrolan penting, email, atau pesan lainnya

 

Chatwork

Chatwork adalah alat jejaring sosial khusus bisnis. Jika Anda bekerja dengan beberapa klien dan tim berbeda di seluruh dunia, Chatwork memungkinkan Anda terhubung dengan mereka baik dalam obrolan grup pribadi maupun publik. Chatwork juga menawarkan software manajemen tugas, video conference dan software manajemen kontak untuk mendukung kinerja Anda.

 

Ryver

Ryver mengintegrasikan fungsionalitas aplikasi chat dengan manajemen tugas. Alih-alih kehilangan ide, Ryver memungkinkan Anda membuat posting sehingga Anda dapat mengelola ide dan tugas baru dengan lebih baik. Dapat dikatakan bahwa Ryver adalah perpaduan antara aplikasi chat dan software manajemen tugas. Ryver mengenakan biaya berlangganan sebesar $149 per bulan untuk perusahaan. 

 

Baca Juga: 5 Tips Remote Working untuk HRD

 

Mattermost

Beberapa percakapan dalam perusahaan mungkin terlalu penting untuk di-hosting di server pihak ketiga. Inilah awal dari kemunculan dari Mattermost. Aplikasi ini bersifat open source, artinya Anda dapat mendownload dan menginstalnya di server perusahaan. Percakapan dibagi menjadi beberapa saluran, mirip dengan aplikasi chat lainnya. Aplikasi chat ini bisa dipilih perusahaan Anda jika perusahaan mengutamakan kerahasiaan informasi yang sangat ketat. .

 

Facebook Workspace

Facebook adalah jejaring sosial paling populer. Tahukah Anda jika Facebook juga menciptakan aplikasi chat untuk perusahaan? Facebook Workspace dirancang khusus untuk bisnis. Facebook Workplace Chat dapat mendukung panggilan audio, screen sharing, video conference hingga 50 orang dan live streaming. Aplikasi chat ini dapat diunduh melalui ponsel pintar berbasis iOS dan Android. Facebook memberikan tarif berdasarkan jumlah pengguna aktif bulanan dengan biaya berkisar dari $ 1 hingga $ 3.

 

software hris

Berbagai produk teknologi memang dapat membantu perusahaan dalam memaksimalkan kinerja selama WFH. Untuk pengelolaan karyawan yang efektif, perusahaan dapat memanfaatkan Software HRD dari LinovHR. Software HRD dari LinovHR dapat menyimpan, memproses, mengintegrasikan seluruh data karyawan untuk kepentingan pengelolaan karyawan. Sehingga pengelolaan karyawan tetap lancar meski bekerja saling berjauhan.  

WFH adalah tantangan tersendiri bagi perusahaan dan karyawan. Sebab banyak hal yang perlu diselaraskan untuk menjaga kelancaran kerja. Demikianlah rekomendasi aplikasi chat yang dapat perusahaan Anda gunakan selama WFH. Semoga dapat membantu!