jasa pajak

Bingung Kelola Pajak Penghasilan? Serahkan Saja Kepada Jasa Pajak LinovHR!

Pengelolaan pajak penghasilan dilakukan oleh pihak yang benar-benar memahami regulasi yang berlaku dalam sebuah perusahaan. Namun, jika perusahaan Anda tidak memiliki tenaga kerja yang paham akan perpajakan, maka Jasa Pajak adalah solusinya.

Jasa pajak akan membantu perusahaan Anda dalam mengelola berbagai hal yang berkaitan dengan perpajakan. Mulai dari perhitungan hingga pelaporan Pajak Penghasilan karyawan semua bisa dikelola.

 

Kesulitan Perusahaan dalam Memproses Pajak Penghasilan

Mengurus perpajakan merupakan proses yang rumit dan merepotkan sehingga tak sedikit perusahaan kerap mengalami kesulitan dan pada akhirnya mengandalkan jasa pajak. Berbagai kesulitan tersebut umumnya terjadi karena proses pengelolaan pajak yang masih menggunakan sistem manual, yang dimana membuat proses perhitungan pajak memakan waktu yang lebih lama.

Selain itu, pengelolaan pajak yang masih menggunakan sistem manual biasanya berpotensi tinggi terjadi salah perhitungan dan memberikan hasil yang tidak akurat. Maka dari itu, tak heran perusahaan yang menggunakan sistem manual sering mengalami kesulitan. 

Pengelolaan pajak yang masih menggunakan sistem manual perlu dilakukan perubahan. Jasa konsultan pajak merupakan solusi terbaik bagi perusahaan yang ingin mengubah pengelolaan Pajak Penghasilan dari sistem manual menjadi otomatis. 

 

Ruang Lingkup Jasa Pajak

Perusahaan dapat menggunakan bantuan tenaga profesional yang expert seperti jasa konsultan pajak yang mampu mengelola hal-hal yang berkaitan dengan pajak, berikut sejumlah ruang lingkup yang dikuasai oleh jasa konsultan pajak:

 

1. Konsultasi PPh 21 dengan Jasa Konsultasi Pajak

Apabila Anda masih bingung akan pengelolaan Pajak Penghasilan (PPh 21) dan memiliki banyak pertanyaan terkait seputar PPh 21, maka Anda dapat mengkonsultasikannya kepada jasa konsultan pajak. Konsultan pajak memiliki tim yang ahli di bidang perpajakan yang mampu mengatasi kebingungan Anda dan membantu mengelola PPh 21.  Jadi, Anda tak perlu pusing lagi mengurus perpajakan yang rumit dan kompleks.

 

Baca Juga: Perhitungan PPh 21 Net, Gross, dan Gross Up

 

2. Melakukan Proses Penggajian Karyawan

Salah satu ruang lingkup yang dikuasai oleh jasa konsultan adalah mengelola proses penggajian atau payroll karyawan, yang mencakup pengajian rutin setiap bulan atau setiap periode tertentu yang telah ditetapkan perusahaan.

Konsultan pajak juga membantu pembuatan laporan payroll bulanan dan tahunan, perhitungan irreguler seperti THR, Bonus, dan sebagainya. Serta,  mengupload transfer gaji ke akun bank agar segera diotorisasi klien dan pembuatan slip gaji seluruh karyawan baik dalam bentuk PDF maupun hardcopy.

 

3. Pengelolaan Pajak Karyawan (PPh 21)

Seperti yang diketahui, menghitung PPh 21 tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus mengacu pada aturan atau perundangan yang berlaku. Bagi perusahaan yang mengalami kesulitan dalam pengelolaan Pajak Penghasilan karyawan, maka dapat menyerahkannya kepada jasa konsultan pajak profesional. 

Jasa konsultan pajak mampu membantu mengelola Pajak Penghasilan karyawan atau PPh 21, mulai dari melakukan perhitungan pajak, pelaporan pajak, hingga mencakup pembuatan formulir 1721-A1. Tak hanya itu, konsultan pajak  juga akan melakukan pembaruan (update) data dan melakukan proses administrasi lainnya yang mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku tentang PPh 21. 

 

4. Perencanaan dan Assesment

Ruang lingkup pekerjaan lainnya yang dikuasai oleh jasa pajak adalah melakukan perencanaan dan assesment. Konsultan pajak membantu perusahaan melakukan perencanaan dan assesment akan kebutuhan payroll outsourcing di dalam perusahaan Anda menjadi lebih baik.

 

5. Kemudahan Otomatisasi Data Payroll dengan Jasa Pajak

Di era serba digital dan modern saat ini, semua hal dapat dilakukan dengan cepat dan otomatis, termasuk juga pengelolaan data payroll perusahaan. Otomatisasi database payroll jika dilakukan dengan tepat akan berdampak besar pada seluruh kinerja perusahaan. Untuk melakukan otomatisasi data payroll ini tentunya membutuhkan tenaga profesional yang ahli di bidangnya, seperti konsultan pajak professional. 

Konsultan pajak melakukan beberapa tugas terkait seperti melakukan setup, konfigurasi data, dan migrasi data payroll. Data payroll akan disimpan ke dalam sebuah sistem aplikasi terpusat yang memudahkan perusahaan untuk mengolahnya. Selain itu, software aplikasi ini dapat diakses juga oleh klien sehingga pemeriksaan payroll dapat dilakukan secara online.

 

6. Pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan

Pengelolaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan dapat dikelola dengan tepat oleh konsultan pajak karena termasuk ruang lingkup pekerjaannya. Jasa konsultan pajak membantu perusahaan melakukan perhitungan dan pelaporan bulanan BPJS Kesehatan & BPJS Ketenagakerjaan yang mengacu pada peraturan perundangan yang berlaku.

 

Baca Juga: Perlukah Perusahaan Memberi Tunjangan Kesehatan Selain BPJS? 

 

Selain itu, konsultan pajak juga mengelola pemberian kode pembayaran, melaksanakan administrasi BPJS, pengiriman pelaporan online ke pihak BPJS, serta mendaftarkan karyawan untuk mendapatkan BPJS. Semua aspek tersebut dapat dikelola dengan baik oleh konsultan pajak. 

Bagi Anda yang mencari jasa pajak yang profesional, serah saja kepada LinovHR yakni penyedia Jasa Payroll Outsourcing terpercaya. Jasa Payroll Outsourcing LinovHR sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia dalam membantu pengelolaan sistem payroll dan perpajakan. 

LinovHR sebagai Jasa Payroll Outsourcing terpercaya di Indonesia juga mampu membantu perusahaan Anda dalam mengelola penggajian karyawan, mengelola BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, mengelola otomatisasi data payroll, hingga perencanaan dan assesment. Tunggu apa lagi! Hubungi layanan service kami dan rasakan manfaat jasa pajak bersama LinovHR!