Relationship Manager

Siapa Itu Relationship Manager dan Tugasnya? Yuk Simak Pembahasan Berikut!

Dalam sebuah perusahaan tentunya terdapat berbagai macam posisi manajer atau orang yang memiliki wewenang untuk mengatur orang-orang yang ada di bawahnya.

Setiap manajer yang ada di sebuah perusahaan, memiliki tanggung jawab dan juga tugas yang berbeda-beda satu sama lain. Salah satu manajer yang memiliki peran penting di dalam bidang sales atau penjualan yaitu Relationship Manager.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu relationship manager?

Dan apa tugas yang diemban, sampai-sampai memiliki peran penting bagi perusahaan? Mari simak penjelasan lengkapnya, mulai dari pengertian, hingga tugas-tugas yang dimiliki oleh seorang relationship manager!

 

Apa itu Relationship Manager?

Manajer hubungan atau relationship manager adalah orang yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membangun dan menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, seperti mitra ataupun klien perusahaan.

Sebagian orang yang bekerja pada posisi ini, ada yang bekerja dengan klien, yang tugas utamanya yaitu untuk membantu klien dalam menghadapi segala tantangan dalam bisnis, maupun meningkatkan sales opportunity guna menarik pelanggan baru.

Namun ada juga yang bekerja dengan pelanggan atau customer, yang tugas utamanya yaitu menjawab segala kebutuhan dan kendala yang dihadapi oleh pelanggan perusahaan. Serta memastikan bahwa perusahaan selalu bisa memenuhi harapan dan juga tuntutan yang diinginkan oleh pelanggan.

Untuk beberapa kasus tertentu, relationship manager yang berpengalaman akan bekerja dengan keduanya yaitu klien dan juga pelanggan. Tugas utamanya yaitu menjaga hubungan baik dengan keduanya, dan juga memenuhi segala kebutuhan dari kedua pihak tersebut.

 

Baca juga: Apa Bedanya Pemimpin dan Manajer dalam Suatu Perusahaan?

 

Tugas Relationship Manager

Terdapat beberapa tugas yang diemban oleh seorang manajer hubungan. Namun pada dasarnya tugas seorang relationship manager yaitu membangun dan menjaga relasi yang baik dengan klien dan juga pelanggan. Disamping itu semua, terdapat tugas-tugas lain, seperti berikut ini:

 

1. Mengidentifikasi Prospek Perusahaan

Melakukan identifikasi terhadap prospek perusahaan, bisa menjadi langkah yang jitu dalam menjalankan sebuah bisnis.

Banyak sekali perusahaan yang tidak bisa mengenali prospeknya secara baik, sehingga menyulitkan mereka ketika hendak melakukan prospek terhadap calon pelanggan. Maka dari itu, tugas dari seorang manajer hubungan adalah mengidentifikasi prospek perusahaan, agar metode pendekatan yang digunakan bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon pelanggan.

Fungsi lain dari mengenal prospek perusahaan, yaitu untuk memudahkan perusahaan dalam menjalin hubungan personal yang lebih dalam terhadap pelanggan yang mereka miliki.

 

2. Membedakan Konsumen Perusahaan

Proses ini melibatkan kegiatan pengelompokkan atau pengkategorian konsumen berdasarkan variabel dan nilai yang konsumen itu miliki.

Fungsi lain dari melakukan pengkategorian ini yaitu untuk meningkatkan customer loyalty dan retention kepada perusahaan. Melakukan pembedaan konsumen juga berguna untuk mengetahui bahwa setiap konsumen memiliki perbedaan dan juga memiliki cara yang berbeda untuk menyikapinya. 

Perbedaan tersebut nantinya akan memberikan peluang atau kesempatan yang besar kepada perusahaan untuk fokus memberikan sumber daya yang mendatangkan value bagi konsumen, serta merancang strategi khusus untuk konsumen tertentu, dan juga konsumen secara individu.

 

3. Melakukan Interaksi dengan Pelanggan

Berinteraksi dengan pelanggan maupun konsumen merupakan sebuah tugas utama dari seorang manajer hubungan.

Interaksi yang terjalin dengan baik akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan dan juga konsumen. Interaksi dibutuhkan untuk mengetahui kebutuhan dan juga keinginan konsumen terhadap perusahaan.

Selain itu, menjalin interaksi dengan konsumen akan membantu perusahaan dalam menentukan strategi atau pendekatan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan juga tuntutan konsumen.

 

Baca juga: Terapkan 6 Tips Word of Mouth Ini Untuk Menarik Konsumen

 

Skill yang Harus Dikuasai Seorang Relationship Manager

Menjadi seorang manajer tentunya perlu untuk memiliki berbagai macam kemampuan dan keterampilan yang mumpuni. Hal ini tentu saja berhubungan dengan tugas dan juga tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang manajer, termasuk seorang manajer hubungan.

Oleh sebab itu, berikut ini adalah beberapa kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang manajer hubungan, diantaranya:

 

  • Memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang baik
  • Memiliki kemampuan problem solving dan analytical thinking yang mumpuni
  • Memiliki personality atau sikap yang ramah terhadap pelanggan maupun klien
  • Memiliki pengalaman yang cukup dalam pelayanan pelanggan dan penjualan
  • Memiliki kemampuan untuk membimbing, membangun, membina, serta memelihara hubungan baik dengan pihak luar secara profesional
  • Memiliki pengetahuan yang mendalam terkait pelayanan pelanggan dan juga CRM (Customer Relationship Management)
  • Memiliki pemahaman mendalam dan menguasai visi, misi, serta tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan
  • Mampu untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya
  • Memiliki pengetahuan manajemen hubungan dan mampu mempraktekkannya secara profesional
  • Memiliki gelar sarjana yang berkaitan dengan pekerjaan manajemen hubungan, seperti komunikasi, marketing, manajemen, dan sejenisnya

 

Baca juga: Manfaat Customer Relationship Management dan Relasi bagi Perusahan

 

Kisaran Gaji Relationship Manager

Setelah Anda mengetahui tugas, tanggung jawab, dan juga kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang manajer hubungan, mungkin Anda sedikit penasaran dengan kisaran gaji yang didapatkan oleh seorang manajer hubungan terutama di Indonesia.

Dilansir dari berbagai macam sumber, gaji relationship manager di Indonesia berada dikisaran Rp6.000.000 – Rp12.000.000 setiap bulannya. Hal tersebut bergantung dari industri yang dijalani dan juga lamanya pengalaman dari orang yang mengemban tugas sebagai seorang relationship manager.

Angka tersebut tentu saja menjadi angka yang wajar, mengingat seorang manajer hubungan memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar di dalam perusahaan. Selain itu, kemampuan yang dimiliki oleh seorang manajer hubungan sangat kompleks dan terhubung satu sama lainnya.

 

Kelola Berbagai Jenis Pekerjaan dengan Software HRD LinovHR

 

software hris

 

Didalam perusahaan akan banyak posisi yang bermacam-macam, dan salah satunya adalah relationship manager. Software HRD Indonesia dari LinovHR dapat membantu HR untuk mengatur setiap jobdesk pekerjaan termasuk jobdesk relationship manager.

Tidak hanya itu dengan menggunakan LinovHR, penilaian karyawan juga dapat dilakukan dengan lebih tepat melalui fitur performance appraisal hingga urusan payroll karyawan dapat di atur dengan mudah melalui fitur payroll.

 

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu relationship manager beserta tugas dan juga kemampuan yang harus dikuasai.

Maka dapat disimpulkan bahwa relationship manager adalah orang yang bertugas untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan dan juga klien dari perusahaan yang mereka tempati. Semoga bermanfaat!