perbedaan pemimpin dan manajer

Perbedaan Pemimpin dan Manajer di dalam Perusahaan

Seorang manajer dalam suatu perusahaan mempunyai posisi cukup tinggi bila dibandingkan dengan karyawan lainnya. Namun hal ini bukan berarti seorang manajer merupakan pemimpin dalam perusahaan.

Lantas, apa perbedaaan pemipin dan manajer di dalam perusahaan?

Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

 

Mengenal Apa itu Pemimpin?

Pemimpin umumnya adalah seseorang yang mempunyai tanggung jawab penuh dalam urusan mengembangkan suatu perusahaan. Seorang pemimpin dilihat oleh karyawan lain sebagai seseorang yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk mengayomi mereka dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Pemimpin tentunya memiliki pengaruh yang besar terhadap kemajuan organisasi atau perusahaan yang dipimpinnya. Oleh karena itu, setiap keputusan yang diambil sangat berarti bagi perkembangan perusahaan yang dikelolanya.

 

Mengenal Siapa itu Manajer?

Berbeda tentunya dengan pemimpin, manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengatur sistem organisasi dalam perusahaan. Keputusan yang diambil oleh pemimpin nantinya akan dijalankan oleh manajer dengan terus berkomunikasi dengan karyawan yang ada di bawahnya.

Manajer juga memiliki tanggung jawab untuk mengontrol secara langsung pekerjaan yang sedang dilakukan oleh karyawan. Seorang manajer tentunya harus memastikan seluruh karyawan bekerja sesuai dengan porsinya masing-masing dan menyelesaikannya dengan baik.

 

Perbedaan Pemimpin dan Manajer di dalam Perusahaan

Seorang manajer dalam suatu perusahaan mempunyai posisi cukup tinggi bila dibandingkan dengan karyawan lainnya. Namun hal ini bukan berarti seorang manajer merupakan pemimpin dalam perusahaan.

Lantas, apa perbedaaan pemimpin dan manajer di dalam perusahaan? Untuk mengetahui lebih jelasnya, berikut pembahasannya.

 

1. Pemimpin Akan Membangun Visi dan Manajer Akan Membangun Tujuan

Seorang pemimpin pada umumnya mempunyai kunci dari gambaran pencapaian perusahaan di masa yang akan datang dan memiliki hak untuk memberikan arahan pada bawahannya untuk mengubah gambaran tersebut menjadi sebuah realita.

Pemimpin akan berpikir jauh ke depan dibandingkan dengan karyawan biasa, mereka juga akan mengajak yang lainnya untuk mengambil bagian untuk merealisasikan sebuah rencana yang telah dibuat.

Di samping itu, manajer akan berfokus pada bagaimana ia akan mengatur, mengukur dan mencapai tujuan yang telah dibuat. Ia juga akan bertugas untuk memastikan apakah gambaran yang telah dibuat pemimpin perusahaan dapat tercapai atau tidak.

 

2. Pemimpin Bisa Berinovasi dan Manajer Akan Menjaga dan Mempertahankan Budaya dalam Perusahaan

Pemimpin dalam suatu perusahaan kerap kali mengubah suatu kondisi dengan cara berinovasi.

Walaupun mereka memahami bahwa proses inovasi yang dilakukan akan mengubah sistem dalam perusahaan namun mereka masih akan tetap menjalankannya jika percaya bila hal itu akan memberikan pengaruh besar untuk perusahaan.

Sementara itu, seorang manajer akan tetap menjaga dan mempertahankan budaya atau pekerjaanya seperti biasa. Ia akan coba memperbaiki suatu sistem bila ternyata ada kekurangan dan ia juga akan tetap mendukung struktur serta proses agar bisa menjadi lebih baik tanpa harus melakukan perubahan yang cukup besar.

 

3. Pemimpin Mempunyai Keunikan dan Manajer akan Meniru Orang Lain

Seorang pemimpin kerap kali sangat menyukai menjadi dirinya sendiri dibanding ia harus patuh terhadap suatu aturan yang baku.

Mereka menyadari dengan kemampuan dan juga cara kerja yang sesuai dengan ideologi yang mereka pecaya. Ia juga akan sangat nyaman dengan diri sendiri tanpa harus menonjolkan dirinya di tengah anggota tim.

Di samping itu, seorang manajer akan meniru tiap keahlian dan juga kepribadian yang mereka pelajari serta mengadopsi bagaimana gaya kepemimpinan bukan hanya membangun hal tersebut untuk dirinya sendiri.

 

Baca Juga: Ingin Jadi Role Model Bagi Perusahaan, Lakukan 5 Hal Ini

 

4. Pemimpin Akan Mengambil Resiko dan Manajer akan Mengontrol Resiko

Mereka yang menjadi seorang pemimpin dalam perusahaan selalu ingin mencoba berinovasi meskipun hal tersebut belum jelas apakah akan menguntungkan atau merugikan pada perusahaan. Namun pemimpin tentu saja akan berinovasi dengan pertimbangan matang.

Mereka memahami bahwa sebuah kegagalan adalah langkah untuk menuju kesuksesan dan hal yang lebih baik. Sementara seorang manajer akan bekerja untuk mengontrol suatu resiko yang akan terjadi.

 

Baca Juga:  Mengenal Branch Manager dari Pengertian Hingga Gajinya

 

5. Pemimpin Bisa Berpikir Panjang untuk Perusahaan dan Manajer Akan Berpikir Sesuai Apa yang Telah Ditetapkan Oleh Seorang Pemimpin

Dan perbedaan lain dari seorang pemimpin vs manajer bisa Anda lihat dari tujuannya.

Seorang pemimpin memiliki tujuan untuk jangka panjang, mereka akan melakukan apa yang telah mereka rencanakan dan akan terus termotivasi dengan rencana besar pada masa yang akan datang. Mereka juga akan tetap memiliki motivasi walaupun tidak memiliki keuntungan yang rutin.

Sementara itu, seorang manajer akan bekerja sesuai apa yang sudah direncanakan oleh pemimpin, tidak bisa mengubah, hanya tinggal merealisasikannya.

 

Baca Juga: Transformasi Penilaian Kinerja oleh Seorang Manajer

 

6. Pemimpin Memiliki Pengikut Sedangkan Manajer Memiliki Bawahan

Perbedaan lainnya antara seorang pemimpin dan manajer adalah siapa orang yang ada di belakangnya. Hal ini merujuk pada siapa orang-orang yang dipimpin olehnya.

Seorang pemimpin memiliki sederet orang-orang yang dipercaya untuk mengikutinya dalam mewujudkan visi dan misinya. Merekalah yang dipercaya oleh seorang pemimpin untuk membantu mengembangkan sebuah organisasi atau perusahaan.

Sedangkan seorang manajer adalah orang yang mengepalai tim yang bekerja untuk mereka. Manajer memiliki bawahan yang harus dikontrol performanya agar target yang telah ditetapkan dapat tercapai.

Umumnya, seorang pemimpin lebih sering memberikan motivasi kepada para pengikutnya dibandingkan seorang manajer.

 

7. Pemimpin Memikirkan Proses, Manajer Memikirkan Hasil

Pemimpin pastinya memberikan target-target tertentu yang harus dicapai oleh seorang  manajer dalam mengepalai sebuah tim. Namun, pemimpin akan lebih berfokus pada proses yang dilakukan karyawan dalam mencapai tujuan tersebut.

Seorang pemimpin akan terus mengevaluasi kesalahan-kesalahan yang mungkin saja terjadi agar tidak kembali terulang.

Sementara itu, seorang manajer lebih berfokus pada hasil pekerjaan seorang karyawan agar sesuai target yang telah ditetapkan. Manajer tentunya mengerahkan seluruh karyawannya agar bekerja dengan baik dan sesuai tugas yang telah diberikan untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan.

 

8. Pemimpin Seorang yang Idealis, Manajer Seorang yang Realistis

Perbedaan yang umum antara pemimpin dengan manajer adalah pola pikirnya. Seorang pemimpin biasanya cenderung lebih idealis.

Tujuan dari pemikiran yang idealis ini adalah agar semua kegiatan bisnis yang dijalankan dapat berjalan sesuai dengan ekspektasinya. Meskipun pemimpin mengetahui secara pasti akan ada berbagai hambatan dan tantangan yang meliputinya.

Sedangkan seorang manajer cenderung lebih realistis dengan berfokus pada target yang telah diberikan oleh pemimpin. Manajer pada umumnya lebih mengetahui kendala teknis yang berpotensi terjadi dalam menjalankan tugas yang diberikan oleh pemimpin.

Itulah delapan perbedaaan pemimpin dan manajer di dalam perusahaan. Berdasarkan perbedaan di atas sudah sangat jelas bahwa seorang pemimpin hirarkinya akan lebih tinggi dibandingkan dengan manajer perusahaan.