absensi karyawan

Bagaimana Menerapkan Sistem Absensi Karyawan Yang Ideal Untuk Perusahaan

Untuk memastikan sumber daya manusia yang ada di sebuah organisasi atau perusahaan berjalan dengan optimal tentunya Anda membutuhkan semua personel yang terlibat di dalamnya hadir di tempat dengan disiplin alias tepat pada waktunya. Sistem absensi karyawan saat ini di hampir semua badan perusahaan sudah mulai canggih di mana karyawan harus memindaikan sidik jarinya di mesin yang tersedia di kantor sehingga waktu kedatangan karyawan di kantor bisa tercatat dengan lebih akurat. Tapi masih saja ada masalah yang mengitari pada sistem absensi karyawan model seperti ini.

 

Baca Juga: Absensi Online vs Finger Print, Mana yang Lebih Efektif?

 

Masih banyak ditemukan kesalahan dalam penyajian data, data yang membutuhkan waktu dan pikiran lebih untuk diolah, dan sebagainya. Menurut Interactive.com pengguna mesin absensi sidik jari sering bermasalah dengan kabel LAN yang menghubungkan perangkat dengan komputer, data log sering tidak muncul dan layar yang kurang responsif. Jadi sebenarnya bagaimana aplikasi absensi karyawan yang ideal untuk diterapkan di perusahaan untuk manajemen SDM yang lebih efektif?

 

Efisiensi waktu bagi HR

Ketika Anda ingin mengecek kehadiran seorang karyawan di perusahaan saat itu juga, apa hal yang harus Anda lakukan untuk melakukan pengecekan di aplikasi absensi karyawan yang perusahaan Anda gunakan? Ketika waktu adalah hal yang berharga maka seharusnya sistem absen yang digunakan bisa menyajikan datanya kepada Anda secara langsung tanpa proses administrasi dan teknis yang berbelit. Inovasi sistem absensi saat ini adalah Anda bisa melakukan pengecekan kehadiran karyawan secara real time yang bahkan bisa langsung dilakukan melalui ponsel Anda. Sistem absensi  yang terintegrasi langsung dengan perangkat yang selalu Anda bawa ke mana-mana tersebut bisa jadi sangat memudahkan pekerjaan Anda sebagai HR karena tidak harus meninggalkan tempat hanya untuk mendapatkan data yang sepele.

 

Data yang disajikan harus akurat

Memilih sistem absensi karyawan yang paling pas untuk perusahaan Anda harus hati-hati. Jangan sampai memiliki tingkat akurasi yang di bawah standar sehingga data yang dihasilkan sangat rentan memiliki kesalahan. Akurasi data dari sistem absensi yang digunakan juga berhubungan dengan mudah atau tidaknya sistem tersebut digunakan. Karena jika sistem yang digunakan sulit maka tingkat risiko adanya human error juga tinggi baik dari segi karyawan yang ingin melakukan absen maupun dari sisi HR. Sistem absensi di perusahaan harus bisa digunakan dengan mudah oleh semua yang terlibat di dalamnya dengan demikian Anda juga tidak harus keluar dana tambahan untuk memberikan pelatihan kepada manajemen SDM mengenai cara pengolahan data dari hasil absensi.

 

Punya tingkat keamanan yang tinggi

Aplikasi absensi karyawan yang Anda gunakan di perusahaan harus memiliki tingkat keamanan yang tinggi. Data-data yang sensitif hanya boleh dipegang oleh admin dan aplikasi tidak mudah untuk diretas. Aplikasi dengan sistem keamanan yang rendah akan rawan peretasan yang bisa membuat data-data di sistem absensi jadi mudah dicuri orang, mudah untuk dimanipulasi, dan kegunaan-kegunaan lain yang tidak semestinya dilakukan bahkan bisa melanggar hukum. Maka dari itu pastikan provider aplikasi absensi yang Anda pilih bisa menjelaskan dengan baik dan meyakinkan Anda bahwa aplikasi tersebut dilindungi dengan sistem keamanan yang ketat.

 

Fleksibel dan efisien

Ketika karyawan harus melakukan perjalanan tugas misalnya, bagaimana Anda bisa tahu bahwa karyawan tersebut berada di tempat yang seharusnya di waktu yang telah ditentukan? Tentu tidak mungkin karyawan harus ke kantor untuk melakukan absen baru kemudian berangkat ke luar kota, kemudian untuk clock out juga harus kembali ke kantor lagi, bukan? Absensi karyawan yang ideal adalah sistem yang memiliki sifat fleksibel dan efisien. Inovasi terbaru sistem absensi saat ini adalah karyawan bisa melakukan clock in dan clock out dengan mudah hanya dengan menggunakan perangkat ponselnya di mana pun ia berada. Bagaimana caranya?

 

Baca: LinovHR Mobile Attendance: Teknologi Absensi Via Smartphone

 

Aplikasi absensi karyawan LinovHR bisa memudahkan manajemen SDM di perusahaan Anda jadi lebih efisien dan minim kesalahan. Teknologi absensi berbasis mobile ini memberikan kemudahan bagi karyawan untuk melakukan absensi clock in dan clock out hanya dengan menggunakan ponselnya saja. Dengan demikian ketika karyawan melakukan perjalanan tugas di luar kantor, karyawan bisa tetap absensi menggunakan ponselnya di waktu dan lokasi yang telah ditentukan oleh admin. Karyawan juga bisa dengan mudah melihat riwayat absensi jadi antara karyawan dengan HR ada transparansi yang jelas mengenai status kehadiran karyawan agar sama-sama tidak ada yang dirugikan.

Lalu apa untungnya bagi manajemen SDM atau HR untuk menggunakan LinovHR? Aplikasi absensi karyawan ini memungkinkan Anda untuk mengecek kehadiran karyawan secara real time tanpa harus melihat dan melakukan penginputan dari mesin finger print yang tentu saja memakan banyak waktu. HR juga bisa dengan lebih mudah mengurus reimbursement, pengajuan cuti, izin karyawan yang sakit, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kehadiran tanpa harus melalui sistem administrasi yang rumit.

Coba Gratis Aplikasi Absensi LinovHR sekarang juga dengan mengisi form melalui website kami