Begini Sistem Gaji Karyawan di Berbagai Tempat Kerja dan Contohnya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

sistem gaji karyawan
Isi Artikel

Bagi Anda yang baru menyelami dunia kerja, mungkin Anda belum mengetahui bagaimana sistem gaji karyawan yang baik dan benar. 

Seperti yang Anda ketahui, penggajian adalah salah satu hal yang harus dipersiapkan secara matang oleh pebisnis. Ini karena penggajian merupakan hak yang harus diterima karyawan.

Penggajian pun memiliki keterkaitan dengan kinerja seorang karyawan.

Walaupun usaha yang Anda jalankan masih termasuk ke dalam skala yang kecil, Anda juga harus memperhatikan pengelolaan gaji karyawan secara tepat. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai sistem gaji karyawan, simak penjelasan artikel LinovHR berikut sampai tuntas ya!

 

Apa Itu Sistem Gaji Karyawan?

Sistem gaji karyawan adalah suatu proses yang dilakukan oleh perusahaan guna memudahkan kerja manajemen perusahaan dalam mengatur dan membayarkan upah gaji kepada karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan menggunakan sistem penggajian karyawan, maka perusahaan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan atau human error yang dapat menimbulkan masalah bagi perusahaan di kemudian hari.

 

Jenis-jenis Sistem Gaji

Berikut adalah beberapa jenis sistem gaji yang umum digunakan:

 

1. Sistem Gaji Tetap/ Bulanan

Gaji tetap adalah sistem gaji yang diberikan secara rutin dalam jumlah yang sama setiap bulan, tanpa memperhatikan kinerja atau hasil kerja karyawan. Sistem ini umumnya diterapkan pada posisi yang memiliki tanggung jawab dan tugas yang tetap.

 

2. Sistem Gaji Tidak Tetap

Gaji berdasarkan jam kerja adalah sistem gaji yang dihitung berdasarkan satuan waktu yang diterapkan. Satuan itu bisa berupa jam, hari, mingguan maupun tahunan.

Sistem ini biasanya diterapkan pada karyawan yang bekerja dalam jam yang fleksibel atau shift kerja.

 

3. Sistem Gaji Komisi

Gaji berdasarkan komisi adalah sistem gaji yang dihitung berdasarkan persentase penjualan atau pendapatan yang dihasilkan oleh karyawan. Sistem ini biasanya diterapkan pada karyawan yang bekerja di bidang penjualan atau pemasaran.

 

Baca Juga: Sistem Penggajian Karyawan Swasta Menurut UU Ketenagakerjaan

 

Contoh Sistem Gaji

Beriku adalah contoh penerapan sistem gaji di berbagai tempat kerja maupun profesi

 

1. Sistem Gaji Karyawan Cafe dan Toko

sistem gaji karyawan cafe
sistem gaji karyawan cafe

 

Seorang pebisnis dalam memulai suatu usaha biasanya akan memulai dengan usaha yang kecil. Salah satunya adalah usaha kafe dan toko kecil seperti toko sembako, toko kelontong, dan lain sebagainya.

Salah satu alasan mengapa seorang pengusaha memulai bisnisnya dengan usaha yang kecil adalah karena modal yang diperlukan tidak terlalu besar serta tidak membutuhkan karyawan yang banyak.

Jika Anda ingin membuka usaha kafe dan toko kecil, terdapat beberapa sistem gaji karyawan kafe dan sistem gaji karyawan toko yang perlu Anda ketahui. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

 

  1. Berdasarkan Perjanjian Pemilik Toko

Sistem gaji karyawan yang pertama berdasarkan perjanjian antara karyawan dengan pemilik toko. Dalam hal ini, gaji karyawan bisa sesuai dengan UMR daerah maupun tidak.

Jika Anda memiliki kafe dan toko kecil, maka Anda bisa menyesuaikan pengupahan karyawan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengupahan No 36 Tahun 2021.

Berdasarkan peraturan tersebut, gaji UMKM minimal 50% dari rata-rata konsumsi di tingkat provinsi.

Contohnya rata-rata konsumsi di DKI Jakarta pada tahun 2020 menurut data BPS adalah sebesar Rp2.257.991. Maka, gaji karyawan cafe atau toko kecil memiliki kisaran sebesar Rp1.128.995.

 

  1. Berdasarkan Bagi Hasil

Penggajian berdasarkan bagi hasil artinya pemilik akan menghitung pendapatan kotor yang dihasilkan selama 100 hari, kemudian pengusaha dapat menguranginya dengan biaya usaha dan zakat sebesar 2.5%.

Kemudian sisanya adalah laba bersih yang akan dibagi antara pengusaha dan karyawan. Pada umumnya sistem ini dilakukan oleh bisnis restoran atau rumah makan.

 

  1. Berdasarkan Satuan Waktu

Sistem gaji karyawan berdasarkan satuan waktu adalah sistem penggajian yang didasarkan dengan waktu. Dalam hal ini, artinya penggajian akan ditentukan dengan seberapa lama karyawan telah bekerja pada suatu perusahaan.

Penggajian berdasarkan satuan waktu biasanya dapat diberikan secara harian, mingguan, atau bulanan. Hal tersebut sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Harian, Bulanan dan Pro Rata dan Contohnya

 

2. Sistem Gaji Karyawan Bank

sistem gaji karyawan bank
sistem gaji karyawan bank

 

Hal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah sistem gaji karyawan bank. Sistem gaji karyawan bank umumnya memiliki kesamaan dengan dengan gaji karyawan pada perusahaan biasa yang terdiri gaji pokok, bonus, tunjangan, dan lembur yang akan diberikan pada tanggal tertentu di setiap bulannya.

Selain itu, sistem gaji karyawan bank akan memiliki perbedaan di setiap karyawan sesuai dengan posisi yang dijabatnya. Hal tersebut dapat didasarkan dengan grade yang ada. Misalnya masa kerja, prestasi, level pelatihan, serta jabatan.

Berikut adalah contoh grade jabatan pegawai Bank Syariah Mandiri:

  • Customer Service, grade C3
  • Teller, grade C2
  • Back Office, grade C4
  • Marketing, grade C4
  • Officer, grade D1 – D3
  • Manager, grade D3 – D4
  • Kepala Cabang, grade E1

 

Baca Juga: Perusahaan Salah Transfer Gaji, Apa Harus Dikembalikan?

 

Software Payroll LinovHR Bantu Kelola Sistem Gaji Karyawan

Melalui penjelasan diatas, Anda dapat mengetahui betapa pentingnya sistem penggajian baik bagi seorang karyawan maupun bagi perusahaan.

Dalam mengelola penggajian, Anda harus memperhatikan secara detail agar tidak terjadi kesalahan dalam proses penggajian.

Untuk menghindari kesalahan dalam sistem gaji karyawan cafe, toko, ataupun bank, Anda dapat memanfaatkan aplikasi payroll. Aplikasi payroll terbaik yang dapat Anda gunakan adalah Software Payroll LinovHR.

 

payroll

 

Dengan berbagai modul dan fitur yang tersedia di Software Payroll LinovHR, Anda dapat melakukan penghitungan payroll perusahaan secara mudah. 

Melalui Software Payroll LinovHR, Anda juga dapat melakukan pembayaran gaji beserta dengan komponen-komponen lainnya secara rutin maupun periodik, pengelompokkan payroll berdasarkan jenis karyawan, pembuatan slip gaji, hingga menghasilkan laporan payroll secara cepat, tepat, dan mudah.

Segera mudahkan pengelolaan gaji karyawan dengan menggunakan Software Payroll LinovHR sekarang juga!

Itulah informasi mengenai sistem gaji karyawan yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi tentang sistem gaji tersebut di atas dapat berguna untuk Anda!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter