sistem penggajian karyawan

Keuntungan Sistem Penggajian Karyawan Lewat Layanan Payroll Bank

Memiliki bisnis yang sudah mulai berkembang, baik dari sistem usaha maupun SDM pasti memerlukan suatu sistem administrasi penggajian karyawan. Untuk meningkatkan kemampuan menghasilkan laporan gaji atau slip gaji secara otomatis melalui sistem dan memastikan karyawan mematuhi persyaratan pengajuan pajak dan hukum, berdasarkan ringkasan pengertian dan manfaatnya yang ada pada laman investopedia, sistem ini disebut payroll.

Payroll akan membantu suatu perusahaan dalam penggajian karyawannya untuk dapat mengelola perhitungan gaji secara rinci seperti perhitungan iuran BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, PPh 21, maupun pinjaman karyawan yang semuanya akan menjadi potongan gaji karyawan perusahaan tersebut, dan perusahaan semakin leluasa dalam mengelola penggajian bagi karyawan.

Untuk itu sistem payroll bank dapat memudahkan perusahaan dalam menggaji karyawannya dan mendapatkan keuntungan-keuntungan sebagai berikut:

 

Baca Juga : Pengertian Sistem Konyinasi Manfaat Serta Kerugian nya

 

1. Proses Cepat Dan Tepat Waktu

Dengan menggunakan payroll bank akan menghemat waktu dalam melakukan proses perhitungan gaji karyawan, semua rincian gaji karyawan akan di hitung secara otomatis mulai dari gaji pokok, tunjangan bonus, tunjangan transportasi, hingga potongan-potongan wajib lainnya.

Proses setoran uang gaji menjadi cepat karena tidak perlu mengantri di bank. Sehingga nilai gaji yang masuk ke rekening bank karyawan masing-masing tidak terlambat sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan oleh perusahaan kepada setiap karyawan.

 

2. Mendapat Fasilitas Lebih Baik Dari Kebijakan Bank Tertentu

Ada beberapa bank yang memiliki kebijakan memberikan promo tertentu terhadap suatu perusahaan yang menggunakan software penggajian karyawan melalui bank. Hal ini digunakan sebagai penghargaan karena telah mempercayakan kepada bank tersebut, serta merupakan kerjasama untuk meningkatkan kenyamanan karyawan perusahaan dalam melakukan pemenuhan kebutuhan gaya hidup dan lainnya.

Sebagian karyawan mungkin ada yang jarang melakukan transaksi pembelanjaan di bank tersebut ataupun tidak memiliki rekening bank tersebut. Untuk memenuhi kewajiban atas kompensasi karyawan dari perusahaan dapat di selesaikan dengan mudah oleh bank, ada beberapa bank yang akan memberikan kemudahan pada karyawan perusahaan tersebut dengan memberikan kartu gaji tersendiri.

 

Baca Juga: Sistem Payroll Yang Ideal Untuk Perusahaan

 

3. Biaya Administrasi Yang Rendah

Proses dalam pembayaran gaji dengan manual umumnya mengeluarkan lebih banyak biaya. Perusahaan biasanya akan menugaskan seorang karyawan untuk mengurus pembayaran gaji tersebut. Jika perusahaan menggunakan payroll bank, biaya yang di keluarkan untuk penggajian lebih ringan. Karena setiap bank mempunyai kebijakan biaya administrasi yang rendah.

Adapun biaya administrasi yang ditentukan oleh bank berbeda-beda, perusahaan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Jadi bagian penggajian perusahaan tidak hanya fokus menghitung gaji karyawan lagi tetapi akan lebih fokus kepada tugasnya yang lain seperti peningkatan aset Sumber Daya Manusia.

 

4. Proses Penggajian Lebih Transparan

Penggajian melalui payroll bank dapat digunakan juga untuk pendataan dalam jangka waktu yang panjang. Perusahaan akan mempunyai catatan nilai potongan masing-masing karyawan yang nantinya akan digunakan sebagai pengambilan keputusan dalam memberikan bonus atau pengangkatan jabatan bagi karyawan perusahaan.

Melalui payroll bank, karyawan dapat melihat dan memeriksa potongan apa saja yang dibebankan dari perusahaan yang kemudian akan tercetak di slip gaji secara online. Dengan demikian karyawan akan merasa lebih aman untuk menyimpan di bank dibandingkan menggunakan slip gaji kertas yang mudah hilang.

 

5. Efektifitas Pengelolaan Potongan Gaji

Dalam mencapai tujuan perusahaan yang telah di tentukan, pastinya ada hal yang akan di lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satunya pada saat pinjaman oleh karyawan, dengan adanya sistem payroll bank maka tidak ada lagi alasan bagi karyawan untuk tidak membayarkan pinjamannya kepada perusahaan.

Karena perusahaan akan dapat meminta bank untuk melakukan auto-debet atau melakukan pengurangan saldo secara otomatis akibat transaksi pinjaman oleh karyawan kepada perusahaan oleh bank.

 

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Payroll Outsourcing

 

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa penyedia sistem penggajian karyawan melalui bank, sebaiknya perusahaan dapat membandingkan perbedaan kebijakan masing-masing bank terlebih dahulu. Hal ini penting agar nantinya dapat bekerja sama dengan baik oleh bank tersebut dan tentunya akan lebih memudahkan pihak perusahaan. Semoga bermanfaat!