smart casual

Smart Casual: Outfit Terkini Para Karyawan Millenial Pria dan Wanita

Di zaman yang modern ini, biasanya kantor memberikan keleluasaan kepada karyawannya untuk mengenakan pakaian yang sekiranya santai namun tetap sopan. Cara berpakaian ini biasanya disebut dengan smart casual.

Penampilan memang merupakan hal yang cukup penting, terutama ketika diharuskan untuk ke kantor. Meskipun terdengar sederhana, berpakaian yang baik dan benar merupakan hal yang sangat diharuskan karena dengan berpakaian Anda secara tidak langsung mempresentasikan diri Anda ke orang lain. 

Karyawan milenial kini juga semakin memperhatikan gaya berpakaiannya karena dengan mengenakan pakaian yang membuatnya nyaman dan juga percaya diri, tentunya mereka akan menjadi lebih semangat dalam menjalani hari-harinya. 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, berpakaian smart casual kini sering digunakan oleh para karyawan milenial setiap harinya untuk berangkat ke kantor. Apakah Anda salah satu dari orang-orang yang berpakaian smart casual ketika bekerja?

 

Apa yang Dimaksud Gaya Smart Casual Saat Bekerja?

Smart casual outfit adalah pakaian professional yang juga menggabungkan tren-tren terbaru sehingga hasilnya terlihat semi-formal, rapi namun juga nyaman.

Ada berbagai jenis pakaian yang dapat digunakan untuk menghasilkan outfit yang terlihat smart casual, beberapa di antaranya adalah menggabungkan rok, dress, celana bahan, kemeja atau bahkan blazer dengan jenis-jenis pakaian lainnya yang santai seperti kaos, celana jeans atau pun sweater. 

Hal ini dikarenakan pada dasarnya berpakaian smart casual harus menyertakan beberapa jenis pakaian yang nyaman dan juga beragam sehingga menggabungkan pakaian nyaman dan juga formal.

Mengaplikasikan berpakaian dengan gaya smart casual ini tentunya merupakan hal yang kerap dilakukan oleh karyawan milenial masa kini karena meskipun terlihat profesional, berpakaian smart casual juga memberikan rasa nyaman untuk digunakan seharian. 

Namun, ada juga yang biasa disebut dengan business casual yang terkadang membuat orang-orang bingung membedakan di antara keduanya.

 

Baca Juga: Baru Masuk Kerja? Simak Tips Hari Pertama Kerja!

 

Perbedaan Smart Casual dengan Business Casual

Tidak begitu berbeda dengan smart casual, business casual juga menghadirkan tampilan yang terlihat profesional. 

Untuk business casual biasanya seseorang akan mengenakan pakaian yang terlihat sangat formal namun tetap terlihat santai sebagai contohnya adalah seseorang yang mengenakan pakaian kerja yang profesional di lingkungan kantor namun tanpa formalitas jas dan dasi sehingga tetap terlihat sopan dan juga rapi.

Meskipun tidak terlalu berbeda dengan business casual, smart casual biasanya lebih mengarah ke pakaian yang dipadupadankan dengan berbagai jenis pakaian yang biasanya digunakan untuk hal formal dan menyatukannya dengan pakaian casual sehingga membuat seseorang terlihat smart, rapi dan juga tetap stylish.

 

Panduan Gaya Smart Casual untuk Pria dan Wanita

Setelah mengetahui apa itu smart casual, tentunya penting bagi Anda untuk mengerti juga bagaimana cara berpakaian yang menonjolkan kesan smart casual.

Seperti yang sudah dijelaskan di bagians ebelumnya, bahwa smart casual menggabungkan beberapa elemen pakaian yang terlihat santai dan juga pakaian yang terkesan formal sehingga menghasilkan tampilan yang menarik dan juga profesional di saat yang bersamaan.

Gaya Smart Casual
Gaya Smart Casual Saat Bekerja

 

Untuk berpakaian smart casual pria dapat dimulai dengan mengenakan celana jeans dengan atasan t-shirt polos yang nyaman dipakai dan jangan lupa juga untuk mengenakan blazer yang membuat penampilan menjadi terlihat profesional.

Untuk alternatif lainnya jika Anda tidak ingin mengenakan blazer namun tetap ingin berpenampilan smart casual maka Anda dapat mengenakan kaos polos yang berkerah dan juga celana bahan.

 

Baca Juga: Pilih Kerja Lapangan atau Kerja Kantoran? Pertimbangkan Untung Ruginya! 

 

Perpaduan kaos yang menunjukkan gaya santai dapat memberikan komplemen untuk celana bahan yang memberikan kesan formal.

Mengenakan kemeja putih yang berkerah dan mengenakan sweater lagi untuk lapisan luar juga dapat memberikan kesan smart casual dengan adanya kerah yang memberikan tampilan rapi dan juga sweater yang memberikan kesan santai dan nyaman.

Sama halnya dengan yang sudah disebutkan untuk pria sebelumnya, berpakaian smart casual wanita juga tidak beda jauh.

Mengenakan blazer tentunya merupakan hal yang sangat umum jika seseorang hendak berpenampilan smart casual, namun jangan lupa untuk mengenakan baju yang memberikan kesan santai dan nyaman di dalam blazer tersebut. 

Untuk bawahan, Anda dapat mengenakan celana yang tidak berbentuk pensil dan ketat, usahakanlah untuk memilih celana yang berbahan loose ataupun yang tidak ketat sehingga masih dapat memperlihatkan kesan yang formal. 

Mengenakan jeans juga hal yang wajar-wajar saja, asalkan Anda pandai untuk memadupadankannya dengan potongan baju lainnya yang memberikan sentuhan profesional untuk menyeimbangi celana jeans yang biasanya dikhususkan untuk acara yang casual.

Untuk sepatu, Anda dapat mengenakan flat shoes atau pun sneakers yang nyaman untuk dikenakan seharian.

 

Jangan Lupa! Kelola Karyawan Millenial dengan Software HRIS LinovHR

 

mobile ess

 

Cukup mudah bukan, untuk memperlihatkan gaya penampilan smart casual yang nyaman untuk sehari-hari saat bekerja sehingga terlihat kekinian?

Namun, jangan hanya gaya berpakaian saja yang kekinian dan nyaman, pekerjaan juga tentunya harus dipastikan memberikan kenyamanan dan memudahkan Anda dalam menyelesaikannya

Dengan Software HRIS dari LinovHR, dapat dipastikan memberikan kenyamanan dan juga kemudahan dalam mengelola karyawan dan juga data administrasi lainnya.

Software ini dapat memberikan efisiensi waktu dan juga tenaga bila dibandingkan dengan melakukannya secara manual yang tidak efisien. 

Mengelola banyaknya karyawan milenial masa kini bukanlah hal yang sulit dan membingungkan lagi bila menggunakan Software HRIS yang disediakan oleh LinovHR.

HRD bisa lebih mudah mengatur dan mengelola berbagai administrasi seperti pajak penghasilan, rekap absensi, menyusun laporan penggajian karyawan, dan sebagainya. Sehingga HRD lebih mudah menyusun strategi manajemen karyawan dari berbagai generasi mulai dari generasi baby boomer  sampai generasi millenial. 

Demikianlah beberapa hal mengenai cara berpakaian smart casual yang biasa dikenakan oleh karyawan millenial zaman sekarang.

Tidak ada salahnya bagi siapapun untuk ingin terlihat menarik dan enak dipandang, karena cara berpakaian yang bagus dan juga nyaman tentunya akan membuat karyawan tersebut menjadi lebih semangat dalam menjalankan harinya di kantor.