Pilih Software Pajak PPh 21 atau Payroll Services untuk Kelola Gaji Karyawan?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

software pajak pph 21
Isi Artikel

Gaji, upah, tunjangan, honor, dan pembayaran merupakan penghasilan yang didapat oleh setiap orang yang telah melakukan suatu pekerjaan.

Penghasilan tersebut nantinya wajib untuk dipotong pajak oleh pemberi imbalan. Hal ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku pada Undang-Undang No 36 Tahun 2008 tentang pajak penghasilan 21 atau yang umum dikenal dengan pph 21.

Saat ini sudah banyak sekali tools atau software pajak PPh 21 yang berfungsi untuk mengorganisir gaji para karyawan. Selain itu, tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang jasa payroll yang berguna untuk membantu perusahaan mengelola gaji karyawan.

Mungkin saja ini membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan, lebih baik menggunakan software internal atau menggunakan jasa payroll dan langsung menerima hasilnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membandingkan kelebihan dan kekurangan dari dua cara tersebut, serta membantu Anda untuk memilih mana yang lebih tepat.

Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Software PPh 21

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kekurangan dan juga keunggulan dari menggunakan software/aplikasi PPh 21, diantaranya.

Baca juga: Online Payroll Service: Hitung Payroll, PPh 21, hingga BPJS Jadi Mudah

Keunggulan software Pajak PPh 21

Seperti namanya, kegunaan dari software atau aplikasi tentunya akan membantu Anda dalam mengelola hal-hal yang berhubungan dengan manajemen karyawan.

Keunggulan yang bisa Anda dapatkan, seperti perhitungan gaji yang cepat, tidak memakan banyak waktu, dan tidak menguras energi dan pikiran. 

Sebagai tambahan, menggunakan aplikasi perhitungan penghasilan karyawan juga akan membuat hasil perhitungan lebih akurat dibandingkan melakukan secara manual.

Kekurangan Software Pajak PPh 21

Dimana ada keunggulan, tentu saja ada juga kekurangan yang harus diperhatikan.

Kekurangan dalam menggunakan software pajak PPh 21, diantaranya, kesalahan penginputan karena human error, membutuhkan banyak biaya untuk membeli software tersebut, selain itu biaya maintenance yang tidak murah, dan yang paling penting yaitu kerahasiaan data karyawan tidak terjamin aman.

Keunggulan dan Kekurangan Menggunakan Payroll Service

Jasa payroll atau yang biasa dikenal dengan sebutan Payroll Outsourcing merupakan layanan jasa yang bisa membantu Anda untuk mengatur dan mengelola pekerjaan seputar penggajian karyawan dengan baik dan benar. Namun ada keunggulan dan kekurangannya dalam menggunakan jasa satu ini, diantaranya adalah.

Keunggulan Jasa Payroll

Menggunakan jasa payroll tentunya memudahkan dan meringankan beban perusahaan dalam hal mengelola penggajian karyawan.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti hemat waktu. Karena Anda tidak perlu untuk mengelolanya sendiri, cukup menggunakan jasa ini dan menerima hasilnya. Lalu tidak memerlukan biaya yang besar, karena umumnya jasa satu ini sudah menyediakan paket yang disesuaikan dengan jumlah karyawan. Selain itu, perhitungan akan lebih akurat karena dikerjakan oleh orang-orang expert di bidangnya.

Baca juga: Kelola Payroll Tanpa Ribet dan Simpel dengan Payroll Automation Software

Kekurangan Menggunakan Payroll Service

Perlu diingat bahwa ada beberapa kekurangan dalam menggunakan jasa payroll yang mungkin saja terjadi kepada Anda.

Beberapa kerugian yang mungkin saja Anda dapatkan, yaitu hasilnya tidak selalu sesuai dengan kemauan Anda. Mengingat bahwa jasa payroll ini dikerjakan oleh pihak luar, maka hasilnya mungkin saja tidak selalu sesuai dengan yang Anda inginkan.

Selanjutnya yaitu kemungkinan bocornya data-data karyawan perusahaan kepada pihak-pihak luar. Terakhir, jika terjadi sesuatu pada perusahaan pembuat jasa payroll tersebut, maka Anda mungkin akan terkena sedikit dampaknya.

Pakai Software Pajak PPh 21 atau Payroll Services Semua Bisa di LinovHR

payroll

Bila Anda masih bingung menentukan ingin menggunakan metode yang mana, solusinya bisa Anda temukan di LinovHR.

LinovHR sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan platform bisnis profesional yang berfokus pada Human Resource, seperti HRIS, HRM, Talent Management dan Payroll. Tentunya LinovHR bisa menjawab segala bentuk kebutuhan Anda yang menyangkut pada pengelolaan karyawan, baik software maupun jasa dalam payroll.

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan software atau jasa payroll dari LinovHR.

Software Payroll LinovHR

Terdapat beragam fitur utama yang memudahkan Anda dalam mengelola dan mengatur gaji karyawan, seperti payroll component, yang bisa membantu Anda untuk mengelola komponen payroll yang diterima oleh karyawan.

Selain itu, ada juga fitur payment method yang berfungsi untuk menyimpan seluruh metode pembayaran yang digunakan dalam transaksi finansial yang dilakukan oleh perusahaan.

Terdapat juga fitur salary slip yang memudahkan Anda untuk membuat slip gaji untuk karyawan yang dapat dipilih berdasarkan tahun, periode dan group payroll. Serta fitur-fitur berguna lainnya yang bisa kamu lihat langsung di Linovhr.com

Baca juga: Ini Dia Rekomendasi Software Payroll Terbaik Untuk Perusahaan

Payroll Service LinovHR

Anda bisa mendapatkan beragam manfaat ketika menggunakan jasa outsourcing dari LinovHR, yaitu proses payroll yang tidak memakan banyak waktu dan sangat fleksibel. Lalu, sistem payroll yang digunakan sudah sesuai dengan peraturan perpajakan di Indonesia.

Tidak perlu khawaatir, karena konsultan payroll dari jasa outsource LinovHR melakukan perhitungan secara transparan, yang akan memberikan Anda rasa aman dan nyaman. Selain itu jasa outsource dari LinovHR sudah terjamin akan keakuratan dan keamanannya, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kebocoran data karyawan.

Terdapat juga fitur-fitur lain, seperti payroll transaction, payroll report, tax report, BPJS report, Free Consultation, Mobile Attendance, dan Reimburse.

Sistem payroll memang sangat penting untuk digunakan oleh perusahaan, terutama bagi perusahaan-perusahaan besar yang memiliki karyawan yang tidak sedikit.

Selain berguna sebagai software pajak PPh 21, sistem payroll juga memudahkan perusahaan untuk mengelola gaji karyawan agar lebih cepat, mudah, dan juga akurat. Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter