payroll automation

Kelola Payroll Tanpa Ribet dengan Payroll Automation Software

Istilah payroll yang merujuk pada penggajian bulanan pastinya tak lagi asing di telinga perusahaan. Sudah menjadi kewajiban bagi perusahaan untuk memberikan gaji kepada karyawan dan hal ini pun telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan. Setiap bulannya perusahaan akan mengelola gaji dan memberikannya kepada karyawan. Akan tetapi, apakah perusahaan sudah melakukan pengelolaan yang tepat dan efektif? Payroll automation software mampu menjawabnya. 

 

Payroll Automation Software LinovHR dalam Penggajian Bulanan

Setiap bulannya perusahaan akan mengelola gaji dengan berbagai informasi dan komponen yang berbeda. Keberagaman komponen dan informasi dapat membuat kekeliruan atau kesalahan dalam perhitungan gaji. Suatu perusahaan harus mengelola penggunaannya dengan baik dan sistematis. Payroll automation software  dari LinovHR dapat membantu HRD mengelola gaji lebih praktis dan sederhana.

 

 

5 Alasan Payroll Automation Dapat Menunjang Bisnis Anda

Payroll automation software dari LinovHR merupakan perangkat lunak  berbasis cloud yang dapat menjadi pilihan terbaik dalam proses otomatisasi penggajian. Dengan menggunakan payroll automation software, proses penggajian dapat berjalan lebih akurat dan cepat. Inilah alasan mengapa perusahaan harus menggunakan Payroll automation software dari LinovHR: 

 

Otomatisasi

Beragamnya komponen penggajian dapat membuat perhitungan gaji manual memakan waktu lama dan rumit. Sistem dalam payroll automation system dapat mengotomatisasi perhitungan gaji setiap bulannya. Otomatisasi membantu HRD untuk merampingkan proses penggajian lebih sederhana. HRD dapat melacak semua transaksi penggajian sepanjang periode tertentu.

 

Mengurangi Human Error

Kesalahan oleh manusia atau human error sering terjadi dalam segala kegiatan administrasi, termasuk penggajian. Human error dalam penggajian dapat membuat gaji seorang karyawan menjadi tidak akurat. Ketidakakuratan dalam penggajian pada akhirnya akan berpengaruh terhadap penilaian karyawan terhadap perusahaan. 

 

Akurasi

Menggunakan perangkat lunak dalam penggajian dapat meningkatkan akurasi dalam penggajian. Artinya, perusahaan dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan akibat human error menggunakan otomatisasi sistem. Sehingga HRD dapat fokus untuk melakukan pekerjaan lain yang memerlukan perhatian lebih. 

 

Aksesibilitas

Payroll automation software dapat memudahkan akses kedalam data penggajian. Tentu kemudahan akses akan sangat berguna di tengah budaya kerja yang fleksibel. Setiap HRD memerlukan data soal penggajian, HRD dapat mengaksesnya secara daring melalui perangkat masing-masing yang terhubung dengan internet. Dengan begitu, HRD dapat bekerja di mana saja dan kapan saja. 

 

Hemat Waktu

Awalnya, penggajian bulanan berlangsung lama dan rumit. HRD berkutat dengan berbagai angka gaji dan sering kali membuat kekeliruan. Paduan otomatisasi, akurasi, dan aksesibilitas tinggi membuat proses penggajian menjadi hemat waktu. Karena lebih hemat waktu, kinerja HRD menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Apa Saja yang Dapat Ditangani Oleh Payroll Automation Software?  

Pemanfaatan produk digital dapat mempermudah proses dalam berbagai aktivitas di perusahaan. Aktivitas yang dilakukan secara manual cukup merepotkan dan mulai ditinggalkan karena tidak efektif dan efisien. Apa saja sih yang dapat ditangani oleh LinovHR dalam aspek penggajian? 

Database Payroll Karyawan

Informasi karyawan adalah hal yang wajib dilindungi oleh perusahaan. Sebab, informasi karyawan yang jatuh ke tangan tak bertanggung jawab dapat disalahgunakan. HRD dapat menyimpan dan mengatur  informasi karyawan seputar penggajian sistem LinovHR dengan aman dan rahasia. LinovHR menjamin bahwa semua informasi yang disimpan dalam sistem hanya digunakan untuk kepentingan perusahaan dalam aspek penggajian. 

 

Kalkulasi Gaji Otomatis

Otomatisasi dapat mengkalkulasikan gaji dengan cepat dan akurat. Tidak ada lagi kesalahan hitung atau pengiriman gaji terlambat karena semua perhitungan berjalan otomatis. Otomatisasi jugalah yang membuat kinerja HRD lebih efektif dan tepat sasaran. 

 

Transfer Bank

Metode transfer bank adalah metode yang paling praktis dalam memberikan gaji karyawan. LinovHR memudahkan proses transfer gaji karyawan melalui payroll bank. Jadi, setelah menghitung gaji, HRD dapat mengirimkan gaji karyawan saat itu juga. 

 

Perhitungan & Report BPJS

Mendaftarkan karyawan ke dalam program jaminan sosial seperti BPJS adalah kewajiban perusahaan. HRD dapat melakukan perhitungan dan menyusun laporan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan dengan detail dan sistematis. Dengan begitu perusahaan juga ikut menjaga aspek legalitas dalam setiap operasional kinerjanya. 

 

Baca Juga: Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan 100% Secara Online

 

Perhitungan PPh 21 Karyawan

Selain bertanggung jawab atas jaminan sosial, perusahaan juga harus mengelola pajak penghasilan atau lebih dikenal dengan PPh 21. Perhitungan PPh 21 setiap karyawan dapat dilakukan otomatis. HRD juga semakin mudah untuk membuat laporan PPh 21 yang akand digunakan dalam sistem e-SPT.

 

Cetak Slip Gaji

Perusahaan tidak memiliki kewajiban untuk mencetak dan memberikan slip gaji setiap bulannya kepada karyawan. Namun, karyawan dapat mengajukan slip gaji kepada HRD jika membutuhkan. Payroll automation software dapat membuat slip gaji hanya dalam hitungan detik dan dapat dikirimkan kepada karyawan melalui email saat itu juga. 

 

Laporan Payroll

Tinggalkan tumpukan kertas dan tabel manual yang menyita waktu dan ribet. Payroll automation software  melalui fitur payroll report  dapat menghasilkan laporan payroll dengan singkat, mudah dipahami, dan akurat. Dengan demikian HRD dapat merumuskan analisis dan keputusan dengan valid dan tepat. 

Proses penggajian akan menentukan kualitas pengelolaan karyawan dalam perusahaan. Bertahan pada sistem penggajian manual dan memakan waktu lama bukanlah pilihan yang tepat. Payroll automation software dari LinovHR dengan berbagai fitur unggulan dapat menyederhanakan proses penggajian dari awal hingga akhir. Dengan demikian, proses administrasi dan tata kelola karyawan dapat berlangsung  teratur. Hubungi LinovHR sekarang juga dan dapatkan uji coba payroll automation software gratis!