Bisnis online

Strategi Bisnis Online Melalui E-Commerce

Seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi, hadirnya bisnis online sudah banyak digandrungi oleh seluruh lapisan masyarakat mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Mulai dari makanan, fashion, alat rumah tangga, dan sebagainya dapat dijual secara cepat melalui berbagai platform atau e-commerce yang sudah tersedia. 

Bisnis online adalah sebuah kegiatan promosi dan jual beli yang dilakukan menggunakan jaringan internet. Atau dengan kata lain, bisnis online merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung antara penjual dan pembeli.

Pada kegiatan ini, yang menjadi kunci adalah kejujuran. Karena pembeli tidak bisa memegang secara langsung produk yang Anda jual, usahakan saat melakukan promosi mengatakan yang sejujurnya tentang kondisi, kegunaan, hingga kekurangan barang. Hal ini dilakukan agar konsumen bisa percaya dan tidak menaruh kecewa saat pembelian pertama.

 

Baca Juga : Proses Bisnis: Pengertian, Tahapan, Manfaat beserta Contohnya

 

Strategi Berbisnis Secara Online

Bagi Anda yang tertarik ingin memulai bisnis secara online pastinya caranya akan jauh berbeda ketika berjualan produk secara offline. Agar produk yang dijual bisa laku, terdapat beberapa strategi bisnis online yang bisa Anda coba.

 

  • Riset Peluang Produk yang Dijual

Saat ingin memulai penjualan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset tentang produk yang akan dijual. Riset produk dilakukan untuk mengetahui masalah atau kebutuhan apa yang sedang diinginkan agar Anda bisa menjual solusi kepada pasar.

Jika produk yang dijual sesuai dengan keinginan pasar atau masyarakat, maka akan berdampak pada besar keuntungan yang didapatkan.

 

  • Upselling Product

Upselling product adalah suatu teknik dalam penjualan untuk membuat pelanggan melakukan pembelanjaan produk yang lebih banyak dengan versi premium atau yang telah ditingkatkan dari apa yang dibeli. Contoh dari upselling produk ini adalah “Apakah Anda ingin upgrade pesanan produk?”, hal tersebut dilakukan agar pelanggan membeli produk premium dari produk yang telah dipilih sebelumnya.

Cara lain dari up selling product adalah menggabungkan penjualan 2 produk yang disebut dengan paket bundling. Contohnya Anda menjual produk pakaian, maka paket bundling tersebut dapat menggabungkan produk baju dan produk celana. Pastikan bahwa Anda menekan perbedaan dan manfaat yang akan dirasakan oleh pelanggan jika mereka membayar lebih.

 

Baca Juga : Manfaat dan Pentingnya Implementasi  Literasi Digital di Dunia Bisnis

 

  • Manfaatkan Fitur Live Chat

Saat melakukan penjualan melalui e-commerce, manfaatkan fitur live chat yang akan menghubungkan penjual dengan pembeli. Karena dengan mengakrabkan diri dengan customer, mereka akan merasa diperhatikan oleh penjual untuk membantu dalam memilih produk.

Fitur live chat akan memungkinkan penjual untuk berkomunikasi secara langsung dengan pembeli untuk membantu mengatasi masalah mereka saat ingin melakukan transaksi di toko Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui seberapa banyak customer yang memasukan produk ke dalam kantong belanja tetapi belum melakukan pembayaran. 

Dengan live chat, Anda bisa mendorong mereka untuk segera melakukan pembayaran terhadap produk dengan cara menawarkan diskon, memberikan voucher belanja, gratis ongkir, atau tawaran menarik lainnya.

 

  • Search Engine Optimization (SEO)

Agar halaman website bisnis Anda bisa muncul pada halaman pertama Google, pemanfaat SEO adalah cara yang paling tepat. Terdapat beberapa strategi e-commerce marketing berbasis SEO:

 

Selalu Update Konten Baru

Konten-konten baru yang bersifat fresh tentu akan menarik perhatian para pengguna. Namun jika tidak memiliki konten baru, Anda bisa memposting konten lama asalkan masih relevan dengan keadaan saat ini. Buatlah konten yang memberikan manfaat, informasi, dan edukasi kepada para pengguna.

 

Gunakan SEO Tools

Selain dengan memperbaharui konten, menggunakan SEO tools juga dapat membantu Anda untuk mencari bahan konten mengetahui traffic keyword apa yang sedang banyak dicari. Selain itu, SEO tools akan memberitahu Anda kesalahan-kesalahan apa yang dilakukan.

 

  • Manfaatkan Media Sosial

Selain mengoptimasi penjualan di e-commerce, jangan lupa untuk memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan produk Anda. Dengan banyaknya pengguna yang memiliki akun media sosial, pemasaran produk akan jauh lebih mudah dan lebih banyak orang yang akan segera mengetahui produk Anda.

 

  • Content Marketing

Content marketing ini akan berkaitan dengan promosi melalui media sosial. Cara ini Anda bisa melakukan dengan membuat konten-konten yang bersifat informatif yang ditujukan kepada pelanggan. 

Misalnya jika produk yang dijual tentang pakaian, maka Anda bisa membuat konten yang relevan seperti “3 tips berpakaian untuk bekerja”. Buatlah konten semenarik dan sekreatif mungkin agar pelanggan bisa mendapatkan banyak manfaat dari produk dan konten Anda.

 

  • Berikan Apresiasi Kepada Pelanggan yang Loyal

Salah satu faktor kemajuan bisnis adalah adanya pelanggan yang loyal. Maka dari itu, berikanlah mereka hadiah-hadiah kecil untuk mengapresiasikan keloyalan mereka terhadap pembelian bisnis Anda. Dengan cara tersebut, konsumen pasti akan nyaman untuk berbelanja di toko Anda melakukan pembelian berulang kali.

Sebagai penjual, tentunya Anda harus memperhatikan produk dan juga kebutuhan konsumen. Karena produk dan konsumen merupakan 2 komponen kesuksesan penjualan bisnis Anda. Demikianlah pembahasan mengenai strategi bisnis online melalui e-commerce. Selamat mencoba!