content creator

Content Creator: Kenali Profesi yang Sedang Naik Daun Berikut Ini!

Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, pastinya Anda sudah sering mendengar istilah content creator. Istilah tersebut merupakan salah satu jenis pekerjaan yang bergerak di bidang digitalisasi media.

Sampai saat ini, sudah banyak orang yang berprofesi menjadi content creator sebagai pekerjaan utama ataupun side job (sampingan). Untuk mengetahui pengertian serta tugas content creator lebih jauh, langsung saja simak artikel berikut ini!

 

Apa Itu Content Creator?

Pembuatan konten atau content creator adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memberikan kontribusi atas dirinya dengan memberikan informasi kepada media apapun terutama untuk media digital. Atau dalam istilah lain adalah seseorang yang akan membuat konten menarik bagi para penikmatnya.

Dalam membuat suatu konten, biasanya mereka akan menentukan target audiensnya sesuai dengan tema atau konteks tertentu. Hasil konten yang telah dibuat bisa dalam beberapa bentuk, seperti halnya konten dalam bentuk blog, foto, video, pembaruan sosial, dan konten terkait lainnya.

 

Mengapa Lowongan Content Creator Mulai Banyak di Perusahaan?

Sebagai content creator yang harus menyalurkan ide serta kreatifitasnya agar bisa menarik perhatian banyak orang ini tentunya tidak bisa dilakukan oleh banyak orang. Maka dari itu, hal ini dapat menjadi peluang bagi perusahaan dengan membuka lowongan content creator.

Dengan begitu, terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan membutuhkan content creator.

 

Konten Dapat Menghubungkan Perusahaan dengan Target Pasar

Penggunaan media online saat ini sudah memiliki banyak pengguna dari berbagai generasi dan tingkatan usia. Dengan banyaknya pengguna ini, perusahaan lebih mudah untuk memasarkan produk atau bisnisnya kepada khalayak.

Namun agar pemasaran produk atau bisnis bisa tepat kepada target yang dituju, perusahaan membutuhkan tenaga content creator untuk membuat konten yang relevan dan kreatif yang dapat menarik minat konsumen.

 

Konten Dapat Meningkatkan Traffic Perusahaan

Penggunaan konten dalam berbagai bidang termasuk halnya bisnis menjadi cara untuk meningkatkan traffic pada perusahaaan. Kenapa? Karena sebuah konten yang disebarkan akan membawa informasi dan edukasi kepada para penontonnya.

Jika mereka tertarik dan menikmati konten yang disajikan, hal itu akan membuat traffic serta citra perusahaan menjadi meningkat dan membuat perusahaan banyak diketahui oleh banyak orang.

 

Sebuah Konten Dapat Mendatangkan Pengunjung Ke Dalam Situs Website Perusahaan

Konten yang menarik dapat menggiring penikmatnya untuk mengunjungi situs website perusahaan. Hal ini dikarenakan informasi yang disampaikan melalui konten merupakan informasi yang dibutuhkan atau dapat memecahkan permasalahan mereka.

Dengan ajakan yang dilakukan pada sebuah konten, masyarakat akan mencari tahu nama website atau perusahaan apa yang menyediakan solusi tersebut. Selain itu, hal ini juga dapat mempengaruhi masyarakat untuk melakukan pembelian atau berlangganan pada sebuah produk.

 

Baca Juga: Manfaat Media Promosi untuk Meningkatkan Penjualan Produk

 

Tugas Content Creator

Berikut terdapat ruang lingkup atau tugas-tugas yang akan dilakukan content creator, antara lain:

  • Menulis, meninjau, mengedit, dan memperbaharui konten untuk situs web perusahaan, blog, materi pemasaran serta platform yang digunakan.
  • Melakukan penelitian terhadap suatu subjek atau objek yang akan dikembangkan menjadi suatu konten.
  • Mempelajari tren tertinggi yang sedang terjadi agar bisa mengikuti atau menyesuaikan arus perkembangan tren.
  • Menggunakan media sosial untuk melibatkan konsumen dengan menanggapi pertanyaan atau keluhan yang mereka sampaikan, serta digunakan untuk melakukan promosi terkait dengan produk perusahaan.
  • Berkolaborasi dengan tim internal perusahaan untuk menetapkan tujuan kampanye, menyelesaikan tugas-tugas, serta mencari solusi dari setiap permasalahan.
  • Memantau metrik pada media sosial serta situs web resmi perusahaan
  • Menggunakan teknik SEO untuk mengoptimasi situs web perusahaan dan meningkatkan trafficnya.
  • Memberikan ide segar dan inovasi terbaru dalam hal mempromosikan produk perusahaan dan untuk menjangkau konsumen.

 

Skill yang Harus Dikuasai Content Creator

Cara menjadi content creator adalah dengan memiliki beberapa skill yang harus dikuasai. Namun yang pasti, seorang pembuat konten adalah mereka yang memiliki tingkat kreativitas tinggi dan dapat memberikan ide yang out of the box.

Berikut adalah skill-skill yang harus dikuasai, antara lain:

 

1. Penelitian

Agar dapat mengembangkan konten yang berkualitas dan menarik, tentunya skill pertama yang harus Anda kuasai adalah mampu melakukan riset yang kuat untuk mendapatkan informasi pendukung terbaru dan lengkap. Dengan skill dalam meneliti ini, Anda bisa mendapatkan banyak bahan dari berbagai informasi yang didapat.

 

2. Menulis

Kemampuan dalam menulis sebuah teks atau narasi sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini. Karena dengan menulis, Anda bisa menuangkan seluruh ide yang akan dibuat menjadi konten. Selain itu, dalam proses menulis juga dapat mengetahui apakah konten yang nanti akan disampaikan telah sesuai  atau belum. Dengan begitu, Anda bisa mengubah kembali untuk menghasilkan susunan kalimat yang sesuai.

 

3. SEO (Search Engine Optimism)

Untuk memilih kata kunci yang tepat dalam sebuah konten, dibutuhkan keahlian dalam bidang SEO atau Search Engine Optimism. Dengan menguasai teknik ini, penggunaan kata kunci yang tepat akan memudahkan dalam mengoptimalkan pencarian.

 

4. Komunikasi 

Seseorang dengan kemampuan komunikasi yang baik mampu memilih bahasa yang tepat untuk menyampaikan maksud dan tujuannya ke berbagai golongan atau target audiens. Misalnya jika target audiensnya adalah para remaja berkisar 17 hingga 20 tahun, maka pemilihan konten ini dapat menggunakan bahasa-bahasa yang santai dan tidak kaku.

 

5. Kemampuan dalam Bidang Teknologi

Tidak dipungkiri keberadaan teknologi akan memudahkan dalam membuat dan menyampaikan informasi yang tepat. Selain dengan skill-skill di atas, tentunya keterampilan dalam bidang teknologi akan sangat dibutuhkan saat proses pembuatan konten.

 

6. Kreatifitas 

Seperti yang sudah pada pembahasan di atas, kreatifitas yang tinggi akan membuat sebuah konten memiliki nilai yang unik dan mudah dalam penyampaian makna. Setiap orang tentunya memiliki kreativitasnya masing-masing. Maka dari itu, sebuah ide yang unik dan berkesan kreatif dapat dibayar dengan harga yang mahal.

 

7. Fotografi atau Videografi

Selain dalam bentuk tulisan, sebuah visualisasi akan memudahkan audiens untuk menyerap informasi yang mereka terima. Selain itu, skill dalam bidang fotografi atau videografi ini cukup ampuh untuk memikat dan melibatkan audiens secara real time.

 

8. Desain Grafis

Skill dalam bidang desain grafis akan berfokus pada keindahan, tampilan, serta nuansa konten. Skill ini akan cukup berkaitan dengan penyajian konten dalam web atau media sosial untuk memperindah visualisasi yang telah dibuat.

 

Baca Juga: Kuasai Skill Berikut untuk Menjadi Social Media Specialist!

 

Jadi, Apakah Anda Tertarik Menjadi Content Creator?

Melalui pembahasan di atas dapat membantu Anda untuk menambah informasi mengenai pengertian, tugas, skill yang dibutuhkan untuk menjadi content creator. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam bidang media digital ini, tentunya menjadi peluang yang besar bagi perusahaan untuk meningkatkan penjualannya dengan menarik para content creator. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!