strategi mempertahankan karyawan

6 Strategi Mempertahankan Karyawan Potensial, Perusahaan Harus Lakukan Ini!

Alih-alih menemukan karyawan dengan kemampuan terbaik, perusahaan juga bisa saja kehilangan karyawan potensialnya saat ini. Oleh karena itu dibutuhkan strategi mempertahankan karyawan agar perusahaan tidak kehilangan aset sumber daya manusia yang unggul.

Karyawan potensial yang meninggalkan perusahaan ada banyak sebabnya. Bisa karena ia sedang merasa jenuh atau yang paling harus dicegah adalah  great attraction.

Great attraction adalah fenomena ketika perusahaan kompetitor berusaha untuk menarik karyawan potensial yang sedang jenuh di pekerjaannya saat ini.

Artikel LinovHR berikut akan membahas ciri-ciri karyawan yang layak dipertahankan oleh perusahaan dan strategi mempertahankan karyawan yang dapat diterapkan.

 

Ciri-ciri Karyawan Layak Dipertahankan Perusahaan

Memiliki karyawan terbaik adalah salah satu keuntungan bagi perusahaan. Karyawan terbaik dapat membantu perusahaan melancarkan bisnis dan mencapai tujuannya. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu mempertahankan karyawan terbaik.

Adapun ciri-ciri karyawan terbaik yang perlu dipertahankan oleh perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Beradaptasi dengan mudah.
  • Memiliki sikap jujur.
  • Memiliki kinerja terbaik daripada rekan yang lain.
  • Bertanggung jawab.
  • Bersikap profesional.
  • Rasa memiliki terhadap perusahaan yang tinggi.
  • Memiliki inisiatif yang tinggi.

 

Jika Anda telah memahami karyawan terbaik yang cocok untuk dipertahankan oleh perusahaan Anda, perhatikan strategi mempertahankan karyawan berikut agar Anda tidak salah dalam mengambil langkah.

 

Baca Juga: Fringe Benefits Dapat Meningkatkan Kinerja Karyawan Secara Efektif

 

Strategi Mempertahankan Karyawan yang Efektif

Ada beberapa strategi mempertahankan karyawan yang perlu Anda ketahui dan terapkan. Berikut adalah 6 strateginya yang dapat Anda coba.

 

1. Fokus pada Pengembangan Karir Karyawan

Karyawan akan bertahan pada perusahaannya saat ini apabila ia masih dapat mengembangkan kemampuannya. Oleh karena itu, berinvestasilah pada pengembangan diri karyawan agar karyawan mampu menjadi lebih baik dan bekerja lebih produktif.

 

2. Pertahankan Opsi Kerja Hybrid dan Jarak Jauh

Dengan adanya opsi bekerja jarak jauh, karyawan yang merasa perannya dapat dilakukan dari jarak jauh akan memilih perusahaan yang menyediakan opsi tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus mempertahankan opsi kerja hybrid apabila masih memungkinkan.

 

3. Meninjau Gaji dan Kompensasi

Pastikan Anda meninjau gaji karyawan secara rutin agar gaji yang diberikan adil dan kompetitif, sesuai dengan kinerja karyawan.

 

4. Libatkan Karyawan Anda

Karyawan akan senang jika kita melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan, voting, dan memberikan ruang bagi karyawan untuk berpendapat. Hal tersebut akan membangun sense of belonging dan loyalitas karyawan.

 

5. Akomodasi Fasilitas untuk Produktivitas Karyawan

Tinjau kembali fasilitas yang dipakai oleh karyawan dalam bekerja. Bekali karyawan dengan teknologi yang dapat membantunya dalam menyelesaikan tugas dan meningkatkan produktivitas mereka.

 

6. Prioritaskan Work-Life Balance

Fleksibilitas waktu bukanlah masalah. Namun, Anda harus meninjau tugas setiap karyawan agar beban kerja tidak berlebihan. Kurangi juga rapat yang tidak perlu dan tugas administratif yang menghabiskan waktu yang tidak memberikan hasil signifikan.

 

Baca Juga: Begini Caranya Mengembangkan Potensi dari Karyawan

 

Menerapkan Strategi untuk Mempertahankan Karyawan

Penerapan strategi mempertahankan karyawan sangat penting bagi perusahaan. Apabila karyawan yang memiliki kompetensi tinggi meninggalkan perusahaan, hal ini dapat menimbulkan beban kerja yang tak dapat dikelola dan hilangnya semangat kerja. 

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk melaksanakan strategi mempertahankan karyawan yang telah dijelaskan sebelumnya, seperti meninjau gaji dan kompensasi, mengembangkan kemampuan dan karir karyawan, serta melibatkan karyawan Anda.

Karyawan yang merasa dihargai dan dibekali dengan berbagai hal yang bermanfaat akan merasa bahagia, menjadi lebih produktif, dan loyal. Hal tersebut akan menguntungkan tidak hanya bagi karyawan, tapi juga bagi perusahaan.

 

Identifikasi Karyawan Berpotensial Melalui Software Penilaian Kinerja Pegawai LinovHR

Mempertahankan karyawan potensial sangat penting bagi perusahaan. Hal ini karena sangat sulit untuk menemukan pengganti dan juga melakukan pembinaan terhadap karyawan baru.

Selain itu, dengan mempertahankan karyawan potensial bisa mencegah mereka untuk pindah ke perusahaan kompetitor.

Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui siapa saja karyawan potensial yang dimiliki oleh perusahaan. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan melihat bagaimana dan seperti apa kinerja karyawan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu tools yang dapat membuat penilaian karyawan menjadi lebih efisien.

 

performance review

 

Perusahaan tak perlu khawatir dalam penilaian kinerja karyawan karena kini telah hadir teknologi yang dapat membantu Anda untuk melakukan peninjauan kinerja yang lebih mudah.

Dengan aplikasi penilaian kinerja LinovHR, Anda dapat dengan efisien dan mudah meninjau kinerja seluruh karyawan di perusahaan. Aplikasi penilaian kinerja LinovHR memungkinkan perusahaan untuk dapat menentukan target kerja, menilai kinerja hingga membuat laporan kinerja karyawan dengan lebih akurat.

Adapun kemudahan yang dapat Anda nikmati dengan aplikasi penilaian kinerja LinovHR adalah:

  • Melakukan peninjauan kinerja karyawan dengan lebih detail dan cepat.
  • Menentukan target dan dan meninjau nilai KPI tiap karyawan.
  • Melihat hasil kinerja karyawan secara lengkap.
  • Memberikan feedback pada karyawan secara menyeluruh.

Dan masih banyak kemudahan lainnya!

Ketahui kinerja karyawan Anda secara mudah dan akurat dengan aplikasi penilaian kinerja karyawan dari LinovHR!

Gunakan aplikasi ini sekarang juga dan dapatkan promonya!