strategi penjualan

10 Strategi Penjualan Jitu untuk Menghadapi Pandemi

Keadaan pandemi COVID-19 memukul berbagai sektor kehidupan. Salah satunya sektor perekonomian. Tak jarang perusahaan mengalami kesulitan finansial karena tidak bisa memasarkan produknya. 

Atas hal tersebut, perusahaan perlu beradaptasi dan menerapkan strategi penjualan baru yang dapat diterapkan saat pandemi. Perusahaan harus beradaptasi dengan keadaan ini dan mencoba berbagai strategi penjualan agar bisnis tetap berjalan. 

Bagaimana caranya? Berikut 10 tips jitu strategi penjualan di kala pandemi! 

 

  • Memaksimalkan Promosi Melalui Sosial Media Online

Sebagai pebisnis, tentu Anda sebisa mungkin mampu bertahan dalam segala rintangan dalam menggapai konsumen. 

Dari rintangan-rintangan tersebut, pebisnis tentu akan belajar dalam menghadapi situasi, salah satunya seperti sekarang, yakni pandemi COVID-19.

Saat ini, sosial media menjadi alternatif untuk memasarkan produk. Sosial media dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk meningkatkan bisnis penjualan produk. Berbagai kalangan masyarakat mulai dari usia muda hingga usia tua sudah tidak asing dengan sosial media. 

Berbagai perusahaan pun sudan menerapkan strategi penjualan melalui sosial media.

Beberapa aplikasi, seperti Instagram, facebook, dan twitter banyak dipakai masyarakat untuk mendapat informasi serta menjalin pertemanan. Nah, sebagai pebisnis, Anda dapat memanfaatkan sosial media dalam strategi pemasaran produk. 

Strategi penjualan ini dapat dimulai dengan membuat akun sosial media perusahaan. Lalu, Anda dapat mengunggah berbagai konten iklan yang mampu meningkatkan penjualan produk Anda.

 

  • Manfaatkan Website dan Gunakan Kata Kunci yang  Tepat

Strategi penjualan produk juga dapat memanfaatkan website dalam memasarkan produk. 

Selama pandemi tentu masyarakat semakin sering berselancar di Internet. Maka dari itu, sebagai pebisnis Anda dapat menggunakan website untuk mengenalkan produk Anda.

Namun, agar website perusahaan dapat mudah ditemukan oleh konsumen, Anda harus menggunakan kata kunci yang tepat. Maka dari itu, untuk menerapkan strategi penjualan ini, Anda dapat menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO) agar website perusahaan bisa muncul di halaman pertama mesin pencarian.

 

  • Melakukan Transaksi Secara Online

Situasi pandemi COVID-19 tidak memungkinkan seorang penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi secara langsung. Hal tersebut karena adanya kebijakan PSBB yang membatasi ruang gerak masyarakat. Anda perlu memikirkan strategi penjualan produk agar tetap berjalan.

Hal itu dapat dilakukan bertransaksi dengan konsumen melalui Mobile Banking atau sarana pembayaran online lainnya. Dengan begitu Anda terus bisa melakukan transaksi dengan konsumen.

 

Baca Juga: Mengenal Fungsi dan Jenis Letter of Credit dalam Transaksi

 

  • Kedepankan Keamanan Produk Saat Melakukan Promosi

Layaknya melakukan promosi secara langsung, Anda harus tetap mengedepankan keamanan produk yang dipromosikan. Dengan begitu, konsumen Anda akan merasa terjamin akan keselamatannya saat menggunakan produk.

Keamanan penggunaan produk dapat disampaikan melalui unggahan video saat menggunakan produk. 

Selain itu, Anda juga dapat memberikan keterangan tertulis terkait cara penggunaan produk secara aman. Melalui strategi penjualan ini, konsumen akan merasa nyaman dan aman dalam menggunakan produk.

 

  • Tentukan Target Pasar Tertentu

Menggapai target pasar yang semakin luas memang akan dapat meningkatkan penjualan produk Anda. Akan tetapi, tidak ada jaminan akan hal tersebut. Dikala pandemi seperti sekarang, ada baiknya jika Anda lebih spesifik dalam memilih target pasar. 

Mengapa demikian? Karena dengan menentukan target pasar tertentu akan mendatangkan pelanggan setia untuk produk Anda. Tentu, adanya pelanggan setia akan memberikan sedikit kepastian agar produk Anda dapat terus terjual. Strategi penjualan ini pun dapat digunakan saat kondisi pandemi telah berlalu.

 

  • Buat Konten Promosi yang Relevan

Anda dapat memanfaatkan situasi pandemi sebagai strategi penjualan produk. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mempromosikan produk Anda yang dapat membantu konsumen dalam menghadapi pandemi. 

Contohnya, seperti memberikan bonus masker atau hand sanitizer untuk konsumen apabila mencapai pembelian dalam jumlah tertentu. Melalui strategi ini, diharapkan Anda sebagai pebisnis dapat menyampaikan pesan untuk terus mematuhi protokol kesehatan.

 

  • Mengembangkan Fitur Aplikasi Online

Anda dapat mengembangkan serta memanfaatkan aplikasi online perusahaan Anda. Meningkatkan pelayanan melalui fitur-fitur baru akan memikat konsumen untuk mengenal bahkan membeli produk Anda. 

Strategi ini juga dapat dikembangkan lebih lanjut ketika keadaan mulai membaik.  Apabila perusahaan Anda bergerak di bidang penjualan alat kesehatan, maka Anda dapat menambahkan fitur berupa artikel yang berkaitan dengan pandemi COVID-19.

 

  • Beri Potongan Harga

Kesulitan finansial melanda pihak manapun saat pandemi. Pendapatan penjual dan konsumen pun kian menurun. Siapapun akan mulai berhemat dan meminimalisir anggaran dalam belanja. Strategi penjualan potongan harga selalu ampuh menarik minat konsumen.

Anda sebagai pebisnis pun tentu merasakan sulitnya memperoleh pendapatan karena pandemi. Namun, apabila penjualan produk Anda masih meningkat tentu akan menstabilkan keuangan perusahaan kembali. Untuk itu, Anda dapat memberi potongan harga untuk konsumen yang membeli produk dalam jumlah tertentu. Dengan begitu, konsumen akan tertarik membeli produk Anda dalam jumlah banyak.

 

Baca Juga: Perbedaan Barang dan Jasa yang Wajib Diketahui!

 

  • Berikan Dukungan Pada Konsumen saat Situasi Pandemi

Situasi Pandemi menjadi tantangan untuk siapapun. Tak jarang ditemukan korban dari pandemi ini, mulai dari usaha yang mengalami kebangkrutan hingga konsumen yang terpapar COVID-19.

Anda harus menunjukkan simpati dan empati pada konsumen yang sedang menjadi korban dari pandemi. Sesekali, Anda dapat memberikan dukungan pada konsumen baik berupa moril maupun material. Dengan begitu, konsumen akan terpikat dengan sikap Anda.

 

  • Jangan Panik

Suatu bisnis tentu biasa dalam menghadapi berbagai persoalan. Mulai dari yang mudah hingga sulit, Anda harus mampu menyelesaikannya. Pandemi menjadi salah satu persoalan sulit dalam dunia bisnis. Tak jarang ditemukan pebisnis yang panik dan berujung tidak efektif dalam strategi penjualan yang berujung pada kolapsnya perusahaan.

Akan Ada saatnya perusahaan Anda dapat bangkit kembali dari situasi pandemi. Hanya tinggal menunggu waktu saja akan kebangkitan dari bisnis Anda. Apabila Anda terus sabar dan tekun dalam memaksimalkan strategi penjualan produk di atas, tentu akan tiba saatnya perusahaan akan bergerak ke arah positif di kemudian hari. 

 

Demikianlah penjelasan mengenai strategi penjualan yang dapat Anda terapkan di bisnis Anda selama pandemi COVID-19. Dibutuhkan keteguhan dan dan keuletan, maka bisnis Anda dapat bertahan di tengah berbagai situasi sulit sekalipun. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda!