niche market

Pengertian Niche Market dan Cara Menentukannya

Jika Anda akan terjun ke dunia bisnis tetapi masih bingung apa yang akan Anda jual, sebaiknya Anda segera menentukan apa niche market Anda. Apa itu niche market? Mengapa niche itu penting? Ulasan ini mencoba membahasnya untuk Anda. 

 

 

Saat memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis atau profesional, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu niche market apa yang sebaiknya Anda incar. Secara harfiah, terjemahan dari niche market adalah ceruk pasar. 

Namun untuk lebih jelasnya mari ketahui seluk beluk tentang niche ini. 

 

Apa itu Niche Market?

Niche market adalah bagian kecil yang menjadi sasaran dari sebuah pasar yang luas. Dimana di dalam sasaran tersebut barang atau jasa tertentu memiliki spesifikasi khusus yang dapat dijual. Niche market yang tepat mampu menaikkan daya saing sebuah bisnis untuk mencapai posisi bisnis yang diinginkan. 

Misalnya saja pasar yang menjadi target Anda adalah pecinta kopi. Pasar ini luas bukan? 

Namun Anda ingin agar konsumen di dalam pasar tersebut dapat melirik Anda, maka Anda membuat produk kopi yang unik. Misalnya saja kopi dingin yang dapat dibekukan lalu saat konsumen akan mengkonsumsinya cukup diletakkan dalam gelas lalu tunggu mencair. 

Jadi di tengah pasar yang luas dan sudah ramai itu, Anda mencari spesialisasi, perbedaan, dan menawarkannya menjadi pilihan yang hanya bisa didapatkan dari bisnis Anda. 

 

Manfaat Niche Market yang Tepat

Niche market membawa beberapa manfaat yang tepat bagi bisnis Anda. Berikut adalah manfaat dari niche market. 

 

Loyalitas Konsumen

Niche market yang tepat akan memberikan Anda ruang untuk membangun basis konsumen yang setia. Sebab niche market akan membuat Anda berhubungan dengan konsumen yang lebih kecil. Namun walaupun kecil, Anda mampu memberikan kebutuhan yang jauh lebih spesifik. Karena keistimewaan inilah maka bisnis Anda akan terus dicari oleh konsumen yang spesifik pula. 

 

Tidak Melalui Kompetisi yang Terlalu Ketat

Jika pasar sudah ramai, bisa jadi persaingan akan sangat ketat. Niche market akan membantu agar Anda tidak terjebak di dalam persaingan terlalu ketat. Sebab dengan hanya melayani konsumen yang lebih tersegmentasi, keinginan dan kebutuhan tertentu maka otomatis pesaing yang ada jauh lebih sedikit. 

 

Keuntungan yang Lebih Besar

Jika Anda bandingkan lebih banyak mana yang terjual, apakah toko sepatu tanpa merk dengan toko sepatu yang khusus menjual Air Jordan? Tentu toko yang menjual sepatu yang bersifat umum dengan kualitas standar akan lebih ramai dikunjungi. 

Namun bukan berarti margin keuntungan yang diperoleh toko tersebut akan besar.  Sebab toko yang khusus menjual produk tertentu yang tidak dijual di tempat lain akan dengan mudah mendapatkan margin keuntungan yang lebih tinggi. 

 

Biaya Pemasaran yang Lebih Kecil

Karena produk Anda sudah menceritakan segalanya, maka Anda tidak perlu terlalu banyak mengeluarkan biaya pemasaran.  Anggaran untuk pemasaran dapat Anda alokasian untuk hal lain, misalnya saja mengadakan program khusus bagi pelanggan setia Anda, door prize, atau lainnya. 

 

Mendapatkan Status “Ahli”

Di saat Anda memproduksi atau menghasilan produk atau jasa tertentu dan produk berhasil sukses di pasar, maka pasar akan memandang Anda sebagai pemecah solusi. Contohnya saja Anda mengkhususkan diri untuk menjual produk laptop besutan merk tertentu yang berharga tinggi. 

Identitas brand ini akan membuat Anda menjadi acuan konsumen bahwa hanya Anda yang mengerti segala pertanyaan mereka tentang merek tersebut. Sehingga merek dari perusahaan Anda mempunyai value lebih dibandingkan kompetitor lain. 

 

Baca Juga: Berbagai Jenis dan Ciri Barang Komplementer 

 

Bagaimana Cara Menentukan Niche Market

Jika Anda masih bingung menentukan niche market apa yang akan Anda incar, cobalah melakukan hal berikut ini:

 

Cari Passion dari Bisnis

Mungkin ini adalah hal klise, namun passion sangat penting di dalam dunia bisnis. Passion bukanlah sekedar hal yang Anda sukai.  Cari kemampuan istimewa apa yang Anda miliki dimana Anda sangat senang melakukannya namun tidak dimiliki oleh orang lain. Passion bisa menjadi ide untuk dipertimbangkan untuk  pasar bisnis Anda.

 

Pahami Kebutuhan dan Masalah Konsumen

Anda harus mencari tahu dan memahami calon konsumen potensial untuk menentukan kebutuhan yang paling dibutuhkan dan masalah apa yang dihadapi. Perusahaan bisa menggunakan survey pelanggan dan data dari pihak lain untuk mencari tahu hal ini.  

 

Cari Tahu Apakah Ada Kemungkinan untuk Menjualnya

Selanjutnya, coba cari tahu apakah ide tersebut memungkinkan untuk Anda jual atau tidak. Jika Anda mengalami kesulitan, cobalah untuk mencari di Google dengan memasukkan kata kunci berkaitan dengan apa yang akan Anda tawarkan.  

Kemudian cari seramai apa orang mencarinya. Angka pencarian ideal adalah antara 1,000 sampai dengan 10,000 per bulan.  Jika lebih tinggi dari itu kemungkinan pasarnya sudah terlalu ramai, namun jika lebih sedikit maka kemungkinan Anda akan sulit mencari pembeli yang berminat. 

 

Uji Pasar

Cara terbaik mencari niche market adalah menguji ide yang Anda miliki. Cara termudah adalah dengan membangun situs atau akun media sosial lalu Anda tawarkan barang atau jasa Anda. 

Apabila sambutannya cukup baik, misalnya saja ada banyak orang yang bertanya dan berminat maka ini pertanda baik.  Jika permintaan konsisten dan mampu memenuhi target pendapatan yang Anda miliki maka kemungkinan besar niche tersebut sudah tepat. 

 

Baca Juga : Apakah Riset Pasar Penting Bagi Perusahaan? 

 

Contoh Niche Market di Indonesia

Mari kita selidiki contoh niche market yang sudah berjalan di Indonesia dari beberapa brand dan identitas bisnis kenamaan berikut ini. 

 

Gojek

Gojek merupakan salah satu inovasi di Indonesia mengenai bidang transportasi. Setiap kali Anda memikirkan transportasi online dan pesan antar makanan, maka brand ini adalah identitas bisnis yang menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Tak hanya menawarkan transportasi dan layanan pesan antar makanan, Gojek juga menyediakan layanan pembayaran tagihan dan pengiriman barang dalam kota. 

 

Celebrity Fitness

Mungkin Anda pernah menemukan Celebrity Fitness di berbagai mall besar. Hal ini sesuai dengan identitas bisnis dan niche market mereka yang ingin olahraga dari kalangan high end. Karena itu bisnis mereka pun memberikan kesan eksklusif, mewah dan bergengsi. 

 

LinovHR

software hris

LinovHR adalah layanan yang khusus bergerak di bidang SDM. LinovHR menyediakan aplikasi yang dapat dengan mudah digunakan oleh pihak HRD. Mulai dari memantau absensi karyawan, membuat payroll, izin cuti dan lain sebagainya. Karyawan pun memiliki aplikasi yang dapat mereka gunakan untuk mempermudah izin sakit, cuti, kehadiran, pensiun, dan segala hal yang berkaitan dengan pekerjaan. 

 

Niche market adalah ceruk pasar, yang artinya adalah Anda menentukan kepada siapa barang atau jasa Anda akan Anda tawarkan. Di dalam penawaran tersebut Anda memberikan sesuatu yang tidak dimiliki oleh bisnis lain atau pesaing Anda.  Dengan begitu brand Anda mudah diingat dan identitas bisnis Anda menjadi kuat di mata calon konsumen dan pelanggan setia Anda.