media sosial

Tips Memanfaatkan Media Sosial untuk Karir Gemilang

Media sosial atau yang lebih sering disingkat dengan medsos adalah makanan yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Rasanya hampir semua orang memiliki akun medsos mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram. Menurut Databoks, total pengguna aktif medsos diperkirakan sebanyak 59% dari total jumlah masyarakat Indonesia.  Penggunaan medsos bersifat adiktif atau candu sehingga banyak orang menghabiskan waktu mereka hanya sekadar scroll timeline Instagram atau menonton video kucing lucu. Medsos juga mengambil peran besar dalam perkembangan karier seorang individu. Kok bisa? 

Bagi tim HR (Human Resource), akun medsos yang dimiliki oleh Anda adalah cerminan kepribadian. Segala postingan yang ada pada medsos Anda dinilai lebih menggambarkan diri Anda dibandingkan saat sesi interview. Oleh sebab itu, beberapa formulir saat sesi interview selalu mencantumkan kolom media sosial yang dimiliki untuk Anda isi. Pemilik akun medsos pun dituntut untuk bersikap bijak dalam mengunggah jenis post apapun. Salah-salah bisa berbahaya dan menjadi hambatan untuk karier! 

Tak selalu menyeramkan, penggunaan medsos jika dimanfaatkan dengan baik akan banyak membantu dalam mengembangkan karier bahkan mendapatkan posisi tertentu yang telah diidamkan sebelumnya. Anda dapat dengan mudah memperkenalkan diri, mencari lowongan pekerjaan, menjalin kerjasama dengan orang lain, menggali minat dan bakat, bahkan menemukan mentor untuk berlatih. Bagaimana cara memanfaatkan medsos untuk karier? 

 

Buatlah Akun Profesional

Tahukah Anda bahwa Anda memerlukan akun medsos yang bersifat profesional untuk menarik recruiter? Platform medsos yang tepat untuk membangun akun profesional adalah LinkedIn. Namun, sebenarnya penggunaan platform untuk akun profesional tak terbatas tergantung spesifikasi profesi dan skill yang Anda miliki. Misalkan, biasanya seorang Ilustrator juga memiliki akun Instagram sebagai “wadah” portofolio disamping akun LinkedIn. Memiliki akun profesional memudahkan recruiter menemukan dan mencari tahu apakah pekerjaan yang tersedia cocok atau tidak untuk Anda.

Dalam sebagian besar kasus, Anda mungkin menemukan komunitas yang berguna dalam membangun karier. Mengambil bagian dalam komunitas online dapat menawarkan informasi berharga tentang pengembangan karier. Selain itu, grup tersebut dapat menemukan individu yang dapat berperan sebagai mentor dan membantu dalam pelatihan menuju kemajuan karier.

 

Gunakan untuk Menunjukkan Keahlian

Seperti pada penjelasan di atas, beberapa jenis profesi tertentu memiliki akun profesional dan portofolio yang terpisah. Penggunaan media sosial sebagai portofolio sangat berguna untuk menunjukkan keahlian Anda. Contohnya seorang Content Writer umumnya mempunyai blog atau web yang digunakan untuk menghimpun portofolio online yang bisa diakses dengan bebas. Maka keahlian Anda mampu menjangkau audiens yang lebih besar dan menginspirasi banyak orang. 

Baca Juga: HR Professional dalam  Membangun Personal Branding

 

Melamar Pekerjaan Melalui Online Job Platform 

Melamar pekerjaan melalui online job platform adalah cara yang paling praktis dalam pemanfaatan teknologi dan media sosial.  Anda tak perlu menghabiskan waktu untuk pergi langsung ke perusahaan dan mencetak CV di selembar kertas. Online job platform seperti Jobstreet, Karir.com, JobsDB, dan lain-lain memuat banyak lowongan kerja serta diskusi terkait karier yang fokus pada topik terkini di dunia. 

 

Berdiskusi dengan Berbagai Macam Orang

Media sosial dan internet penuh dengan orang dengan beragam keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman di berbagai bidang. Interaksi dengan individu yang tepat dapat menjamin pertumbuhan pribadi dan karier. Pastikan Anda membuat koneksi yang sesuai dengan bidang spesialisasi pekerjaan dan terlibat dalam diskusi yang bermanfaat. Dengan demikian, nilai dan koneksi Anda di mata orang lain jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

 

Belajar Wawasan Baru

Berinteraksi dengan orang-orang di berbagai platform media sosial dapat menjadi sumber wawasan besar untuk membangun tanggung jawab baru di tempat kerja. Platform seperti Twitter dan Facebook berisi interaksi, aktivitas, dan tren baru mengenai dunia korporat. Gunakan wawasan itu untuk mempelajari perspektif dan gagasan baru tentang pengembangan karier. 

 

Kurasi Konten untuk Keterampilan

Medsos diakses banyak orang termasuk pemilik perusahaan. Sering kali mereka membuat berbagai macam konten yang berkaitan dengan wawasan dan keterampilan dunia kerja. Untuk memanfaatkan ini, Anda dapat mengkurasi konten yang berfokus pada keahlian dan keterampilan. Dianjurkan untuk memastikan bahwa konten yang Anda lihat dan pelajari adalah konten yang valid dan bersumber dari ahlinya. 

 

Baca Juga: Cara Belajar Efektif untuk Menjadi Karyawan Unggulan

Walaupun anda memiliki skill yang baik, tapi jika tidak dapat menunjukkannya dengan jelas, maka tidak akan menghasilkan apa-apa. Sangat penting untuk mempertimbangkan penggunaan media sosial untuk mengembangkan karier Anda karena semakin banyak perusahaan yang memperluas prosedur recruitment  melalui internet. Ini semua termasuk dalam taktik personal branding modern. 

Data karyawan maupun kandidat membantu recruiter untuk memahami informasi dan latar belakang mereka sebelum kandidat bekerja di perusahaan mereka. Dengan menggunakan media sosial dengan optimal, Anda lebih cepat untuk bertemu dengan perusahaan potensial dan menampilkan kemampuan terbaik bahkan sebelum interview. Sehingga kemungkinan Anda terpilih sebagai karyawan baru atau mendapatkan posisi dan jabatan baru akan semakin besar.