strategi performance management

Pentingkah Strategic Performance Management dalam Perusahaan?

Strategic performance management atau strategi manajemen kinerja adalah suatu metodologi untuk meningkatkan dan pengukuran kinerja, pemantauan, dan mencapai tujuan organisasi secara menyeluruh. Strategi ini sering digunakan dengan menggunakan kerangka kerja yang mencocokkan antara kinerja karyawan dengan kesuksesan finansial, kepuasan pelanggan, efisiensi dari prose intrnal, dan pengoptimalan kapasitas organisasi.

Dalam lingkup perusahaan dengan lingkup kerja yang sangat banyak, strategic performance management menjadi hal yang sangat penting. Kenapa hal ini bisa sangat penting dibutuhkan? Apa saja manfaat dari penggunaan strategi ini?

 

Alasan Pentingnya Strategic Performance Management dalam Perusahaan

Perlu diketahui bahwa strategi manajemen kinerja ini memiliki beberapa manfaat yang baik untuk pertumbuhan perusahaan. Untuk itu, terdapat beberapa alasan mengapa perusahaan Anda harus menerapkan strategi ini.

 

Dapat Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan

Karyawan adalah salah satu aset terpenting untuk keberhasilan perusahaan. Tanpa mereka, perusahaan tidak bisa menjalankan bisnis secara maksimal. 

Dengan adanya pengembangan karyawan pada setiap departemen atau level kerja akan membuka peluang yang lebih besar agar karyawan bisa lebih efektif dan bekerja. Sehingga hal tersebut dapat meningkatkan motivasi kerja karyawan untuk perusahaan.

 

Baca Juga : Pengertian, Indikator, & Cara Meningkatkan Motivasi Kerja

 

Peningkatan Manajemen Perusahaan Secara Bertahap

Tim manajemen perusahaan sepenuhnya harus saling berkaitan dan memenuhi kebutuhan departemen. Dengan memahami tujuan, nilai, dan memiliki rasa inisiatif yang tinggi pada apa yang sedang karyawan kerjakan akan membantu pada proses pemberdayaan dan membantu mereka.

 

Meningkatkan Komunikasi Antar Karyawan atau Atasan

Salah satu penyebab perusahaan tidak bisa menyelaraskan strategi dan mereka kepada karyawan karena sering adanya miss komunikasi. Maka dari itu, membuat strategi komunikasi yang baik akan membuat karyawan dapat menerima dan memahami tujuan perusahaan. 

Sehingga, kelancaran komunikasi akan mengarahkan pada kerja sama tim yang baik, memudahkan dalam pemecahan masalah, lebih berpikir kritis, dan pengambilan keputusan yang efektif.

 

Menciptakan Budaya Kerja yang Unggul

Perusahaan membuat strategi kerja, lalu akan dijalankan oleh departemen diikuti oleh para karyawan agar mencapai tujuan perusahaan. Proses dan alur kerja seperti ini akan memberikan semangat dan membuat seluruh tim bisa bekerja lebih efektif. Terciptanya alur kerja seperti ini menjadi indikator bahwa perusahaan berhasil merencanakan strategi sehingga menciptakan budaya kerja yang unggul.

 

Optimalisasi Strategi Performance Management dengan Modul Performance Management LinovHR!

Agar perusahaan dapat mencapai tujuan, tentu saja strategi manajemen kinerja harus disusun dengan baik dan benar. Namun karena keterbatasan kemampuan manusia membuat hal ini sulit untuk direalisasikan.

Untuk memudahkan strategi manajemen kinerja, LinovHR menghadirkan Modul Performance Management. Modul ini berfungsi untuk membantu perusahaan dalam membuat menentukan target kerja, penilaian kinerja, hingga membuat laporan atau hasil review karyawan.

Setiap karyawan tentunya tugas yang berbeda-beda, dengan modul ini Anda bisa menentukan Key Performance Indicator untuk setiap karyawan dengan tepat. Sehingga Anda bisa melakukan pemantauan kerja karyawan secara menyeluruh hanya dengan mengakses satu sistem saja. 

Dengan pemantauan secara berkala dan hasil dari penilaian atau evaluasi, perusahaan bisa menentukan strategi manajemen kinerja yang tepat agar periode selanjutnya bisa lebih baik lagi.

 

Baca Juga : Fitur Modul Performance Management LinovHR untuk Evaluasi Kinerja Tim

 

Mudahkan Pengelolaan SDM Perusahaan dengan LinovHR!

Selain memiliki modul Performance, Software HRD LinovHR memiliki beberapa modul lain yang dapat melancarkan pekerjaan pengelolaan karyawan perusahaan. Dilengkapi dengan sistem HRIS, LinovHR sudah dipercaya oleh banyak perusahaan untuk mengefektifkan pekerjaan.

Beberapa modul yang disediakan oleh LinovHR antara lain adalah:

  • Modul Payroll untuk membantu dalam proses penggajian
  • Modul Succession Management untuk mencapai program suksesi perusahaan
  • Modul Learning and Development agar meningkatkan kinerja dan skill karyawan
  • Modul Organizational Management untuk melihat gambaran besar tentang perusahaan beserta cabangnya
  • Modul Personnel Administration berfungsi untuk pengelolaan data karyawan secara detail
  • Modul Recruitment sebagai modul yang membantu perusahaan menemukan bakat-bakat terbaik karyawan
  • Modul Performance Management untuk menilai kinerja karyawan
  • Modul Competency Management mengelola setiap kompetensi yang ada pada unit kerja
  • Modul Time Management untuk mengelola jadwal kerja karyawan
  • Modul Loan berfungsi untuk membantu perusahaan dalam pengelolaan fasilitas pinjaman karyawan
  • Modul Reimbursement dapat mengatur reimburse untuk karyawan
  • Employee Self Service (ESS) yaitu modul yang dapat diakses oleh karyawan secara mandiri sehingga meningkatkan keterlibatan

 

Seluruh modul bisa Anda gunakan kapan saja dan dimana saja. Sehingga seluruh proses kerja tidak harus dilakukan di kantor. Sementara itu, dukungan sistem otomatis membuat pengelolaan karyawan tidak lagi membutuhkan kertas. Kinerja pun jauh lebih cepat, efektif, dan efisien. 

Masih ingin gunakan cara manual dalam pengelolaan SDM serta strategic performance management? Klik tautan berikut ini untuk informasi lebih dalam soal Software HRD LinovHR!