tim kerja

Fitur-Fitur Performance Management LinovHR untuk Evaluasi Kinerja Tim

Dibutuhkan  penilaian atau evaluasi secara berkala untuk meningkatkan kinerja dalam sebuah perusahaan. Evaluasi ini juga berlaku untuk tim kerja. Tujuan utamanya adalah memudahkan HRD untuk menentukan langkah demi  mengefektifkan dan mengoptimalkan operasional perusahaan.

Proses penilaian terkadang ditemui berbagai kendala, sehingga evaluasi terhadap performance team tidak dilakukan secara optimal dan nilai yang dihasilkan pun kurang maksimal. Untuk menghindari hal tersebut, LinovHR memiliki fitur Unit Performance yang akan membantu perusahaan untuk proses evaluasi suatu unit atau divisi.

Pada umumnya sebuah tim bekerja dengan baik ketika menghasilkan output yang unggul. Dengan kata lain, perusahaan wajib melakukan pengukuran sejauh mana sebuah tim mampu menyelesaikan setiap target kerja. 

 

Baca Juga : Apa Saja Jenis Evaluasi Kinerja untuk Karyawan dengan Kinerja Rendah?

 

Pentingnya Melakukan Evaluasi Terhadap Tim Kerja 

Selain memberikan penilaian kepada individu, suatu divisi juga harus dilakukan penilaian agar kinerja yang dihasilkan dari divisi bisa semakin meningkat. Maka dari itu, terdapat pentingnya melakukan penilaian kepada team performance, yaitu:

  • Meningkatkan performa dalam satu tim
  • Mengetahui kendala dan masalah apa yang sedang dihadapi
  • Menciptakan komunikasi 2 arah antara perusahaan dengan divisi
  • Mengetahui skema peningkatan kualitas kinerja divisi dari satu periode ke periode lain
  • Divisi HR bisa menentukan tindakan selanjutnya untuk memperbaiki kinerja tim
  • Memberikan feedback kepada perusahaan terhadap hasil kerja sebuah divisi
  • Setiap unit atau divisi akan terus meningkatkan kinerjanya agar menghasilkan nilai yang lebih baik dari periode sebelumnya

 

Kendala Saat Melakukan Evaluasi Tim Kerja 

Proses evaluasi terkadang tidak membuahkan hasil yang maksimal. Hal ini karena terdapat beberapa kendala yang dilakukan pada saat melakukan evaluasi.

Terdapat beberapa kendala umum saat melakukan evaluasi kinerja tim, yaitu:

  1. Tidak mengetahui target kerja setiap divisi. Jadi evaluasi tidak bisa memberikan solusi atau membenarkan cara kerja yang salah.
  2. Tidak memiliki grafik penilaian yang sudah dilakukan setiap periode. Sehingga divisi tidak mengetahui apakah hasil kinerjanya telah meningkat atau justru akan menurun.
  3. Sulit mengukur dengan jelas faktor-faktor dalam penilaian seperti sikap, kepribadian serta indikator lainnya.

 

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Strategi Manajemen SDM 2021

 

Meningkatkan Kualitas Kinerja Melalui Performance Management LinovHR 

Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas dan juga kinerja karyawan dalam sebuah tim adalah melalui penilaian. Proses penilaian kinerja dilakukan kepada karyawan secara individu dan penilaian terhadap kinerja tim atau team performance.

Agar sistem penilaian karyawan bisa dilakukan dengan efektif, LinovHR memiliki berbagai macam fitur melalui modul performance management dari Software HRD. Fitur-fitur ini akan membantu penilaian kinerja suatu divisi. 

Apa saja fitur-fitur tersebut? 

 

Result 

Tahap result ini akan melakukan penilaian terhadap kinerja satu divisi selama periode yang berjalan. Melalui menu Result, HRD bisa memberikan penilain kapan saja lalu hasil dari penilaian tersebut akan di cek. 

Hasil nilai yang telah keluar nanti bisa didownload dengan berbagai format yang tersedia seperti PDV, CSF, dan excel sesuai dengan kebutuhan.

 

Goals & KPI

Saat melakukan penilaian kepada suatu tim, terdapat komponen-komponen yang akan menjadi penentu hasil penilaian. Melalui menu Goals & KPI, setiap komponen kerja yang harus dilakukan oleh suatu divisi akan terlihat dan apakah setiap komponen dapat terselesaikan dengan baik. Komponen atau indikator kinerja yang dimasukan kedalam penilaian akan diukur secara jelas dan tepat sehingga hasil yang dikeluarkan akan sangat akurat.

 

Review 

Setelah melakukan penilaian dari berbagai komponen, hasil akan keluar  melalui menu Review dan setiap divisi akan diberikan score performance yang terbagi menjadi 5 macam, yaitu:

  • Distraction (0 – 0.9)
  • Under performance (1.0 – 1.9)
  • Contributor (2.0 – 2.9)
  • Achiever (3.0 – 3.9)
  • Rockstar (4.0 – 5.0)

 

Dengan Software HRD LinovHR, evaluasi tim kerja dapat dilakukan secara terukur melalui tahapan-tahapan penilaian yang sesuai dengan hasil kerja sebuah divisi. Melalui fitur Unit Performance dalam Software HR LinovHR, akan memudahkan HRD untuk menentukan langkah paling tepat untuk meningkatkan kinerja setiap divisi.

Tim kerja merupakan bagian-bagian dalam perusahaan yang akan menangani satu bidang tertentu dan memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Setiap periode pastinya perusahaan akan melakukan penilaian dan evaluasi terhadap performance team.

Penilaian dan evaluasi akan meningkatkan kinerja sebuah tim dan juga akan mengetahui setiap masalah yang sedang dihadapi. Jadi, HRD bisa membantu dalam mencari solusi terbaik untuk diterapkan.

Untuk evaluasi tim kerja yang lebih maksimal, gunakan modul performance management dari Software HRD LinovHR! Pengukuran kerja tim jadi lebih terukur dan akurat.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi LinovHR sekarang juga!