membangun kerjasama tim

7 Tips Membangun Kerjasama Tim Perusahaan

Membangun kerjasama tim dalam suatu perusahaan sangatlah penting dilakukan. Karena hal tersebut akan meningkatkan produktivitas, semangat, dan juga kualitas kerja setiap anggota tim.

Selain memberikan dampak positif kepada anggota tim, kerjasama di dalam anggota tim akan mempercepat perusahaan dalam mencapai tujuan yang direncanakan. Lalu bagaimana cara untuk membangun kerjasama tim?

 

1. Tinjau Kembali Struktur Tim Anda!

Struktur tim dalam sebuah perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Seiring dengan perkembangan, perusahaan arus selalu melakukan peninjauan kembali struktur tim.

Jika pada awalnya perusahaan Anda masih tergolong dalam skala kecil, pastinya struktur tim masih dibuat secara general yang akan mengurusi banyak bidang pekerjaan. 

Namun karena perusahaan yang terus berkembang seiring berjalannya waktu, Anda memerlukan struktur tim secara specialist agar bisa lebih terfokus untuk mengerjakan satu tugas di setiap bidangnya.

Pada akhirnya, Anda akan membangun kembali model dan juga struktur tim sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Baca Juga : Tips Untuk Membuat Struktur Organisasi yang Efektif

 

2. Menanamkan Visi Misi Serta Tujuan Perusahaan Kepada Setiap Anggota

Untuk mencapai tujuan perusahaan, tentu saja setiap orang atau anggota yang berada di dalam perusahaan harus memiliki tujuan yang sama.

Untuk membangun kerja sama tim, tanamkan visi misi serta tujuan perusahaan kepada setiap anggota tim. Jika setiap anggota sudah memiliki satu pemikiran dan tujuan yang sama, akan memudahkan dalam proses kerja.

performance review

 

3. Mendorong Kolaborasi, Bukan Persaingan

Jika di dalam lingkungan perusahaan sering mengadakan persaingan untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pastinya anggota tim Anda akan melakukan segala cara untuk mendapatkan hasilnya.

Dampak yang terjadi dari kejadian tersebut yaitu setiap anggota tim hanya akan berfokus kepada kemenangan, sehingga mereka lupa atau tidak banyak mengambil pelajaran dari proses yang telah dijalani.

Maka dari itu, tumbuhkanlah sistem kerja yang kolaborasi atau kerja sama. Hal ini akan membuat setiap anggota untuk saling bahu membahu saat melaksanakan target. Kerja sama yang terjadi antara anggota akan memudahkan dalam memecahkan setiap masalah.

 

4. Jadwalkan Kegiatan Bersama Anggota Tim

Selain mendorong kolaborasi, agendakanlah kegiatan bersama anggota tim di baik di dalam atau di luar jam kerja.

Karena kegiatan yang dilakukan bersama akan membangun chemistry yang kuat antar anggota tim. Sehingga pada saat pelaksanaan kerja, mereka bisa bekerja sama dengan baik dan mendapatkan hasil yang sempurna.

Kegiatan bersama yang bisa dilakukan bersama anggota tim antara lain yaitu makan siang bersama, pergi berlibur, atau mengadakan acara kecil-kecilan di salah satu rumah rekan kerja Anda.

 

5. Selalu Mengapresiasi Keberhasilan Setiap Anggota

Memberikan apresiasi terhadap hasil kinerja rekan anggota merupakan salah satu cara untuk membangun kerja sama tim.

Apresiasi atau penghargaan yang diberikan kepada para anggota setelah berhasil menyelesaikan target kerja akan menumbuhkan semangat, kualitas, dan juga kinerja tiap anggota. Selain itu, mereka akan lebih bertanggung jawab kepada setiap tugas yang diberikan.

 

Baca Juga : Jangan Abaikan Karyawan Berprestasi, Berikan 6 Penghargaan Berikut Ini!

 

6. Fokus Kepada Peningkatan Skill

Setiap anggota memiliki skill yang berbeda-beda. Fokuslah untuk meningkatkan skill karyawan dari pada memberikan banyak tugas yang bersifat administratif.

Walaupun dengan selalu memberikan tugas kepada anggota akan mempercepat dalam mencapai target, belum tentu mereka bisa menyelesaikannya dengan hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan karena mereka mengerjakan tugasnya tanpa menerapkan skill yang mereka punya.

Sebagai pemimpin dalam departemen, akan lebih baik jika Anda menyemimbangkan antara pemberian tugas dan mengembangkan skill anggota. Jika skill yang mereka punya bisa terus meningkat, seberapapun tugas yang diberikan akan dikerjakan dengan mudah.

 

7. Saling Memberikan Feedback

Setelah bekerja selama satu periode, ada baiknya setiap anggota tim memberikan feedback atau masukan kepada sesama anggota.

Tujuan dari memberikan feedback ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa yang seringkali dilakukan pada saat proses kerja agar di periode selanjutnya bisa bekerja lebih baik lagi.

Tetapi perlu diingatkan saat memberikan feedback ini bukan bertujuan untuk menjatuhkan, melainkan untuk membangun kerjasama, produktivitas, dan kualitas kerja tim. Jadi ketika memberikan saran kepada anggota tim lain, usahakan untuk menyampaikannya secara bijak.

Sebuah tim bisa dikatakan hebat jika setiap anggota tim bisa bekerjasama dengan baik sehingga mampu untuk memberikan hasil yang memuaskan.  Penting bagi HRD dan manajer perusahaan untuk membangun kerjasama tim. Jika tim mampu bekerja sama dengan baik, maka segala urusan seputar pekerjaan dalam perusahaan dapat terselesaikan dengan cepat dan tepat.