leave request

Pengajuan Cuti Lebih Mudah dengan Fitur Leave Request ESS LinovHR!

Tidak dapat disangkal bahwa kita tidak pernah mengetahui akan hal-hal yang terjadi di masa mendatang secara mendadak. Pengajuan cuti pastinya memiliki prosedur yang harus dilakukan oleh setiap karyawan tanpa terkecuali.

Apabila karyawan tidak memberikan kabar mengenai cuti dan langsung tiba-tiba tidak masuk ke kantor bisa jadi sebuah pelanggaran. Untungnya, kini ESS LinovHR sudah memiliki fitur leave request yang memudahkan karyawan untuk mengajukan cuti atau izin.

Jika perusahaan Anda menggunakan LinovHR, hal-hal seperti ini tentunya tidak perlu dikhawatirkan lagi karena pengajuan cuti dengan LinovHR dapat dilakukan dengan cepat dan anti ribet!

 

Apa Itu Fitur Leave Request di ESS LinovHR?

Leave request dari ESS LinovHR merupakan salah satu fitur dari berbagai macam fitur lainnya yang membantu kemudahan Anda dalam perihal administrasi karyawan. Dengan leave request ini, Anda dapat dengan cepat dan mudah mengajukan ketidakhadiran Anda serta permohonan cuti, izin atau pun sakit kepada HR secara real time.

Dengan menggunakan fitur leave request pada aplikasi ESS LinovHR yang ada di smartphone Anda, pengajuan izin untuk tidak dapat kerja pasti akan lebih mudah dan juga tidak memakan banyak waktu. Tidak perlu lagi bagi Anda untuk repot-repot membuat surat permohonan untuk izin ataupun cuti karena semuanya bisa dilakukan langsung melalui satu aplikasi di smartphone milik Anda.

 

Baca Juga: Apakah Jatah Cuti Karyawan Bisa Diuangkan Bila Tak Diambil?

 

mobile ess

 

Cara Menggunakan Fitur Leave Request di ESS LinovHR

Prosedur pertama yang biasanya harus dilakukan bagi siapapun ketika hendak mengajukan cuti adalah menulis surat permohonan cuti dan menyerahkannya ke HR. Namun, bagaimana kalau keadaan tersebut benar-benar genting dan Anda tidak sempat untuk mengabari atau bahkan menuliskan surat? 

Memang bisa saja Anda menyampaikan perihal ini melalui HR namun, bagaimana juga bila HR melakukan kesalahan dan lupa untuk mendata perihal cuti yang Anda ajukan? Tentunya hal-hal ini bila terjadi akan merepotkan dan juga merugikan, bukan?

Untuk menggunakan fitur leave request pada aplikasi ESS LinovHR, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi ESS LinovHR yang sudah ter-install di smartphone Anda
  2. Masukkan ID dan juga password Anda
  3. Jika Anda sudah masuk dengan akun Anda, pilih menu Request yang ada di bagian bawah tengah layar 
  4. Pilih Create Request
  5. Ada berbagai pilihan request pada menu, cari dan pilih menu leave request 
  6. Pilih jenis leave request yang Anda butuhkan, misalnya Anda butuh cuti karena sakit maka pilihlah cuti untuk sakit
  7. Masukkan juga deskripsi mengenai leave request Anda
  8. Jangan lupa untuk mengunggah dokumen pendukung yang menyatakan bahwa Anda memang benar-benar sedang sakit, Anda bisa mengunggah lampiran surat pernyataan dari dokter sebagai dokumen pendukung
  9. Tentukan waktu dan berapa hari yang Anda butuhkan untuk tidak masuk kerja, Anda juga bisa menentukan apabila Anda cuti setengah hari atau full day
  10. Setelah semua terisi, maka Anda dapat membuat request dan menunggu approval dari HR yang berupa notifikasi.

 

Setelah mengetahui langkah-langkahnya, mengajukan permohonan cuti atau leave request dengan ESS LinovHR tentunya lebih mudah dibandingkan dengan cara manual, bukan?

 

Baca Juga: Mudahnya Kelola Cuti Menggunakan Leave Management System

 

Mudahkan Berbagai Macam Pengajuan Menggunakan ESS LinovHR

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa melakukan pengajuan cuti dengan cara tradisional dan manual seperti menulis surat merupakan cara yang sangat ribet dan memerlukan banyak waktu untuk melakukannya. 

Tidak hanya karyawan saja yang merasakan betapa rumitnya untuk mengerjakan hal yang satu ini, bagi para HR yang harus menerima dan melakukan pendataan akan karyawan yang mengajukan ataupun sedang cuti dengan cara manual juga cukup merepotkan. Maka dari itu, tidak heran bila terdapat kesalahan atau kesalahpahaman antara beberapa pihak bila pengajuan cuti ini dilakukan tanpa adanya bantuan teknologi seperti aplikasi ESS LinovHR.

Mengajukan berbagai hal mengenai administrasi karyawan dengan ESS LinovHR tentunya memberikan banyak manfaat baik bagi karyawan maupun HR. Karena dengan adanya bantuan ESS LinovHR, pengajuan cuti dan penyimpanan data yang bekerja secara real time membuat kedua belah pihak langsung mendapatkan notifikasi akan perihal tersebut dengan cepat.

Namun, tidak hanya lebih praktis dalam pengajuan leave request saja yang bisa didapatkan dari ESS LinovHR, aplikasi ini juga dapat memberikan kemudahan bagi semua karyawan untuk melakukan absensi clock in dan clock out secara real time melalui smartphone, riwayat data mengenai absensi dan laporan absensi pun juga dipastikan tersimpan dengan aman. 

Tidak sampai sini saja, pengajuan reimbursement juga dapat dilakukan melalui aplikasi ini hanya dengan mengisi form dan mengunggah bukti pembayaran. Cukup mudah, kan?

Tunggu apalagi? Yuk, mudahkan pencatatan kehadiran karyawan Anda menggunakan fitur leave request dari LinovHR yang dapat membuat segala hal menjadi lebih praktis!