sumber daya usaha

Apa Saja Jenis-Jenis Sumber Daya Usaha yang Harus Dijalankan Dalam Berbisnis?

Dalam menjalankan bisnis, sumber daya usaha memegang peran penting dalam organisasi atau perusahaan untuk menciptakan proposisi nilai dalam layanan dan produk kepada pelanggan. Hal ini dapat mendukung keberhasilan dan perkembangan bisnis Anda. 

Untuk memperdalam pemahaman Anda mengenai sumber daya usaha, simak artikel ini untuk mengetahui pengertiannya, jenis, hingga apa saja kelompok-kelompok yang termasuk di dalamnya.

 

Baca juga: Pebisnis Harus Tahu! Inilah Pengertian Prospek dan Cara Melakukan Prospek!

 

Pengertian Sumber Daya Usaha

Sumber daya usaha adalah seluruh sumber daya yang diperlukan perusahaan untuk menghasilkan peluang usaha (produk atau jasa). Sumber daya usaha sangat berperan penting dalam menentukan keberlanjutan dan profitabilitas sebuah perusahaan. 

 

Jenis Sumber Daya Usaha dalam Bisnis

Berikut adalah jenis-jenis sumber daya usaha dalam bisnis yang perlu Anda ketahui.

 

Manusia 

Manusia merupakan salah jenis sumber daya usaha yang menjadi faktor utama yang paling menentukan dalam bisnis. Mengapa demikian? karena manusia lah yang merancang tujuan serta melakukan proses untuk mencapai tujuan tersebut.

Maka dapat disimpulkan jika tidak ada manusia, maka tidak akan bisa tercapai tujuan perusahaan. Dalam sumber daya manusia terdapat beberapa faktor yang  perlu menjadi fokus Anda, seperti struktur organisasi, aturan tugas dan tanggung jawab, analisis jabatan, serta kebutuhan perekrutan.

 

Uang 

Dalam bisnis, uang menjadi jenis sumber daya usaha yang utama setelah manusia. Uang dibutuhkan untuk membayar gaji karyawan, membeli bahan baku, transportasi dan biaya administrasi serta operasional perusahaan lainnya. 

Pada intinya, jenis sumber daya usaha yang satu ini dibutuhkan perusahaan untuk membiayai kegiatan manajemen, baik itu penjualan maupun produksi. 

 

Material 

Material dapat berbentuk bahan baku atau sarana prasarana yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan. Perencanaan sumber daya usaha jenis ini memiliki manfaat agar perusahaan memiliki standarisasi bahan mulai dari ukuran, jumlah, merek dan jenis bahan baku.

Dengan melakukan perencanaan sumber daya usaha material, Anda dapat mengetahui pemasok bahan baku dengan harga dan kualitas yang sesuai. Tak hanya itu, perencanaan material juga berguna untuk menghitung harga pokok penjualan  yang akan dijual oleh perusahaan.

 

Mesin

Mesin disini diartikan sebagai teknologi. Untuk mengubah bahan baku menjadi produk siap jual, perusahaan pastinya membutuhkan mesin atau teknologi. Dengan penggunaan teknologi, maka perusahaan dapat bersaing secara maksimal dengan para pesaing di luar sana.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa mesin merupakan salah satu sumber daya yang berperan penting dalam proses produksi, khususnya bagi bisnis yang membutuhkan alat khusus untuk menghasilkan produk.

 

Metode

Metode merupakan cara kerja yang perusahaan gunakan untuk mengelola seluruh sumber daya perusahaan. Pihak manajemen perusahaan bertanggung jawab penuh atas metode. Metode harus disusun sesuai dengan standar agar pekerjaan bisa berjalan secara efisien dan efektif.

 

Pasar

Pasar adalah tempat dimana penjual dan pembeli melakukan jual beli jasa atau produk. Perusahaan harus menjual produk yang telah dihasilkan untuk meraih keuntungan. Perencanaan pasar terbagi ke dalam beberapa jenis, bisa berdasarkan jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, profesi, wilayah, ataupun tingkat ekonomi.

 

Baca juga: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

 

Apa Saja Kelompok Sumber Daya Usaha

Sumber daya usaha yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis dapat dibagi menjadi lima kategori utama: sumber daya keuangan, manusia, pendidikan, emosional, dan fisik. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

 

Sumber Daya Keuangan

Elemen terpenting dalam memulai bisnis adalah keuangan. Bahkan bisnis kecil rumahan pun pasti akan membutuhkan biaya di awal. Sumber daya keuangan adalah aset perusahaan yang digunakan untuk kegiatan perusahaan seperti kebutuhan operasional, membayar gaji, membeli bahan baku dll. 

Sumber daya keuangan dapat diperoleh dari berbagai sumber, yang paling mudah adalah dari rekening pribadi pendiri perusahaan. Atau, pinjaman dan kredit yang didapat dari lembaga keuangan, teman dan kerabat, investor swasta dan bahkan pemerintah. 

 

Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia merupakan inti dari setiap bisnis atau perusahaan. Tanpa sumber daya manusia, tidak akan ada kinerja dan terciptanya prestasi. Sumber daya manusia mencakup departemen perekrutan karyawan, pembayaran gaji, orientasi, pelatihan dan pengembangan karyawan

Keberhasilan suatu perusahaan sangat bergantung pada bakat dan kekuatan karyawannya. Perekrutan yang dilakukan dengan profesional dapat memastikan bahwa misi dan tujuan perusahaan akan dilakukan secara efisien dengan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang keahliannya masing-masing.

Dalam prosesnya, sumber daya manusia memiliki beberapa peranan dan fungsi dalam bisnis. Diantaranya adalah:

  • Sebagai tenaga kerja
  • Tenaga ahli
  • Pemimpin perusahaan
  • Tenaga usahawan
  • Menciptakan dan mengembangkan IPTEK
  • Sumber daya manusia sebagai produsen
  • Sumber daya manusia sebagai konsumen

 

Sumber Daya Fisik

Sumber daya fisik adalah sumber daya usaha berwujud yang digunakan bisnis untuk menciptakan proposisi nilainya. Hal ini dapat mencakup peralatan, inventaris, bangunan, atau jaringan distribusi. 

Sumber daya fisik bersifat dinamis. Mereka berubah seiring dengan perubahan waktu dan teknologi. Ketika teknologi baru diterapkan, mesin lama dapat diganti dengan yang baru untuk kinerja yang lebih baik.

 

Sumber Daya Informasi dan Intelektual

Sumber daya intelektual adalah aset perusahaan yang tidak berwujud yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan. Sumber daya intelektual tidak dapat disentuh atau dilihat. Sementara data pelanggan dan pengetahuan pelanggan adalah sebagian bentuk dari sumber daya intelektual. 

Lalu ada sumber daya informasi yang merupakan sumber informasi menyeluruh dan benar untuk tujuan keberhasilan atas usaha yang Anda jalankan.

 

Itu dia ulasan lengkap mengenai jenis-jenis sumber daya usaha yang harus Anda tahu dan wajib untuk dijalankan sebagai pengusaha. Semoga artikel ini bermanfaat!