walk in interview

Mau Ikut Walk in Interview? Pahami Pertanyaan Walk Interview dan Maksudnya

Jika Anda sedang dalam masa mencari kerja atau yang disebut sebagai job seeker, pernahkah Anda mendengar istilah walk in interview?

 

Maksud walk in interview adalah untuk memudahkan para pencari kerja dalam proses melamar pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat. 

Momen walk in interview ini juga merupakan momen yang paling ditunggu oleh job seekers. Untuk mengetahui mengenai walk in interview lebih lanjut dan agar bisa sukses saat menjalaninya, LinovHR akan menyuguhkan penjelasan lengkapnya dalam uraian berikut ini.

 

Apa Maksud Walk in Interview?

Arti walk in interview merujuk pada salah satu metode perekrutan kerja oleh satu atau beberapa perusahaan yang diadakan di luar gedung perusahaan, seperti di mall, hall, hotel atau tempat lain yang besar, melalui serangkaian seleksi dan wawancara dengan sejumlah pelamar kerja yang dilakukan secara cepat. 

Pelamar diharuskan untuk langsung datang dan mengantri giliran wawancara dalam walk in interview, di mana selanjutnya, perusahaan akan menerima surat lamaran kerja atau Curriculum Vitae, portfolio, serta dokumen lain yang dibutuhkan, lalu mewawancarai pelamar kerja guna memastikan pelamar kerja cocok atau tidak pada posisi yang tersedia.

Sedikit yang membedakan, proses perekrutan berlangsung lebih cepat karena calon pekerja tidak perlu menunggu tanggapan lamaran hingga berhari-hari atau berbulan-bulan dalam walk in interview. 

Pelamar kerja “menjemput bola” dengan mendatangi tempat walk in interview berlangsung dan mendapatkan kepastian jika lamarannya diterima atau tidak sesegera mungkin.

Selain itu, tawaran walk in interview atau yang disingkat dengan WII ini biasanya dipublikasikan di banyak media seperti koran, website, social media, group messenger, atau dalam bentuk poster di gedung-gedung tempat perusahaan yang membutuhkan karyawan dan akan mengadakan walk in interview di suatu tempat,

 

Walk In Interview
Ilustrasi Walk In Interview. Source: Evanto

 

Bagaimana Proses Walk in Interview Berjalan?

Tidak ditemukan perbedaan yang signifikan antara perekrutan atau interview pekerja secara konvensional dengan walk in interview jika dilihat dari segi teknis. 

Namun selengkapnya, berikut proses walk in interview berjalan untuk memudahkan Anda memahami metode perekrutan ini.

 

1. Karena sasaran utamanya para pencari kerja, walk in interview biasanya terbuka untuk umum dan lokasinya kebanyakan di hall, hotel, aula besar atau tempat besar yang memungkinkan lainnya.

2. Waktu pelaksanaannya bersifat kondisional atau tidak dilakukan sepanjang bulan berjalan dalam satu tahun, melainkan hanya beberapa hari atau beberapa pekan saja. 

3. Perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja dengan kuota yang cukup banyak merupakan peserta dari walk in interview, yang ditempatkan dalam booth–booth tertata sehingga Anda bisa dengan mudah memasukkan lamaran dan melakukan wawancara dengan perusahaan tersebut.

4. Para jobseeker memberikan resume dan CV yang baik dan lengkap dan mempersiapkan diri untuk datang langsung dan melakukan wawancara ketika telah memilih perusahaan yang sudah ditargetkan.

5. Pihak perusahaan peserta walk in interview akan menyeleksi resume, CV, dan portfolio jika dibutuhkan, untuk segera melakukan wawancara kerja terkait dengan posisi yang diperlukan saat itu juga.

6. Interview akan berlangsung lama atau cepat, semua tergantung dari keputusan dan kebutuhan perekrut di perusahaan tersebut. Perusahaan peserta juga akan memberikan informasi tambahan seputar bisnis mereka, agar kandidat yang sedang diwawancara memiliki gambaran tentang perusahaan tersebut.

7. Jika kandidat ternyata sesuai, perusahaan akan memberi tahu proses selanjutnya, dan jika pun kandidat belum sesuai, perusahaan peserta walk in interview juga tetap akan memberikan kejelasan sesegera mungkin tentang status lamaran kandidat.

 

Pertanyaan yang Sering Diajukan Saat Walk in Interview

Beberapa pertanyaan ini terkadang dianggap oleh sebagian job seekers sebagai formalitas saja, namun para sebaiknya jawablah tetap dengan antusias yang tinggi agar perekrut menjadi tertarik.

 

1.Ceritakan Tentang Diri Anda

Meski terdengar mudah karena menceritakan tentang diri sendiri, tetapi ketika akan dijawab oleh kandidat biasanya akan terasa sulit. 

Karena itu, jawaban ini tetap membutuhkan persiapan, terlebih lagi harus dijawab dengan mengaitkan pengalaman dan skill dari diri sendiri untuk kebutuhan dan kecocokan posisi pada lowongan yang terbuka.

Mulailah dengan mengucapkan salam, perkenalan, kemudian jawab secara singkat, lengkap, dan tegas mengenai pengalaman bekerja sebelumnya atau pengalaman organisasi dan kepanitian di kampus yang pernah diikuti. 

Fokuslah menjawab pertanyaan dengan teliti dan tidak grogi, agar perekrut yakin dengan kemampuan yang Anda miliki.

 

2. Apa yang Anda Ketahui Mengenai Perusahaan?

Pastikan Anda sudah mencari tahu tentang perusahaan yang akan dilamar dengan valid dari website resmi perusahaan sebelum melakukan interview kerja, melalui pencatatan poin-poin penting dari perusahaan tersebut.

Biasanya, hal yang perlu Anda ketahui itu tak jauh dan tak lain dari bisnis serta produk perusahaan. 

Pastikan Anda menjawabnya secara alami agar tidak kelihatan sedang menghafal jawaban, guna memastikan bahwa Anda benar-benar mengetahui isi dari perusahaan yang dilamar.

 

3. Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda?

Jangan mengada-ada saat menjawab pertanyaan kelebihan dan kekurangan. dan pastikan Anda menjawab kelebihan yang menjadi kekuatan yang berhubungan pada jabatan atau posisi yang tersedia dengan memilih jawaban yang relevan, spesifik dan jangan generic. 

Saat menjawab kekurangan Anda, perekrut sebenarnya ingin mengetahui seberapa Anda mengenali diri Anda sendiri. 

Jawablah kekurangan Anda dengan jujur dan ditambahi dengan penjelasan bahwa Anda akan membiasakan diri untuk selalu belajar mengatasi kekurangan diri.

 

4. Mengapa Anda Tertarik ke Perusahaan Ini?

Pertanyaan mengapa anda tertarik ke perusahaan ini atau mengapa ingin bekerja diperusahaan kami, ditujukan agar perekrut mengetahui motivasi pelamar kerja. 

Hindari jawaban yang berkaitan dengan skala perusahaan yang besar, gaji yang diberikan perusahaan, atau bahkan menceritakan kekurangan perusahaan di tempat Anda bekerja sebelumnya karena hal ini akan dinilai buruk dan tidak loyal oleh perekrut HRD.

Jawablah pertanyaan ini yang berkaitan dengan bisnis perusahaan yang dilamar, seperti kecocok dengan visi misi perusahaan, kecocokan dengan jenis bisnis perusahaan, latar belakang pendidikan yang sesuai, hingga pengalaman kerja sebelumnya yang sesuai dengan posisi yang dilamar saat ini.

 

5. Mengapa Anda Tertarik dengan Posisi ini?

Tentu saja hal ini tidak menjadi hal yang serius atau memusingkan apabila pengalaman kerja Anda sebelumnya berada di posisi yang sama. 

Tetapi, apabila memiliki pengalaman yang sama sekali berbeda di bidang tersebut, sebaiknya Anda harus melakukan riset terlebih dahulu dengan memahami tentang job description, lalu mencari hubungan dengan latar belakang pendidikan atau keterampilan yang Anda miliki. 

 

Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Ikut Walk in Interview

Tak hanya mempersiapkan jawaban dari pertanyaan perekrut, mempersiapkan diri saat walk in interview juga perlu dilakukan. Adapun beberapa persiapan lainnya yang tak kalah penting.

 

1. Buatlah resume, CV, dan portfolio yang baik dan lengkap, serta persiapkan diri untuk datang langsung wawancara dengan memilih busana yang sesuai dan sopan. 

2. Bawalah alat tulis dan notebook jika diperlukan saat wawancara. Selain itu, usahakan sarapan atau makan terlebih dahulu sebelum berangkat agar perut tidak lapar dan tidak membuat Anda sulit konsentrasi. Konsumsi makanan yang bergizi secukupnya, jangan terlalu kenyang agar tidak menjadi mengantuk.

3. Jangan sampai terlambat, karena lebih baik datang lebih awal sedikit daripada terlambat kan. Dengan datang lebih cepat, Anda jadi memiliki lebih banyak waktu untuk menenangkan diri dan mempersiapkan segala sesuatunya.

4. Tampilkan wajah yang cerah, ceria, dan optimis saat tiba waktunya untuk wawancara. Jangan sekalipun menampakkan wajah kusam dan sendu karena tidak ada satu perusahaan pun yang mau mempekerjakan orang yang kelihatannya gampang putus asa.

5. Pastikan Anda memahami semua pertanyaan yang diajukan saat wawancara berlangsung dengan menjawab setiap pertanyaan dengan percaya diri, optimis, jujur dan bersahabat tapi tidak berlebihan. Selain itu, jangan takut pulal untuk menanyakan kapan hasil interview akan dikabarkan, dan mengucapkan terima kasih saat selesai wawancara untuk memberikan kesan positif saat meninggalkan tempat WII.

 

Baca Juga: Menciptakan Sistem Rekrutmen Pegawai yang Menarik Kandidat Unggul

 

Untuk HR: Atur Interview Karyawan dengan Modul Rekrutmen LinovHR

software hris

Harus diakui, merekrut tenaga kerja baru tidaklah mudah dan melalui proses yang panjang, meski telah dimudahkan dengan metode pencarian kerja walk in interview. Banyaknya peminat pada posisi yang dibuka dan proses menyeleksi tersebut harus dilakukan dengan teliti dan hati-hati demi kenyamanan dan keuntungan perusahaan maupun kandidat pelamar.

Untuk membantu perekrut di perusahaan, melalui Modul Recruitment LinovHR dapat membantu HRD dalam mengelola Manpower Planning, Recruitment Request, Talent Management, Career Announcement melalui website dan proses rekrutmen lainnya. Adapun beberapa keunggulannya.

 

  1. Membantu HRD di perusahaan klien untuk merencanakan proses rekrutmen karyawan.
  2. HRD lebih mudah mengajukan request untuk melakukan proses rekrutmen pada unit atau posisi terkait di perusahaan.
  3. Pengelolaan proses rekrutmen mulai dari penyerahan lamaran assessment hingga proses interview dapat dimudahkan.
  4. Membantu HRD dalam pembuatan deskripsi lowongan pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk mendapatkan kandidat terbaik.
  5. Membantu perusahaan meringankan beban HRD sehingga HRD bisa fokus dengan pekerjaan lainnya.

 

Baca Juga: Bagaimana Proses Rekrutmen Ideal dalam Perusahaan? 

 

Modul Recruitment LinovHR membuat proses rekrutmen pegawai secara otomatis. Penggunaan dokumen manual dapat diminimalisir sehingga proses rekrutmen karyawan jadi lebih efektif dan terencana dengan baik. Tunggu apa lagi?

Segera hubungi layanan service LinovHR dan konsultasikan kebutuhan rekrutmen karyawan terbaik di perusahaan Anda!