talent network

Memahami Talent Network yang Merupakan Daftar Kandidat Potensial

Talent network atau jaringan bakat merupakan sebuah metode perekrutan yang dapat memberikan banyak kemudahan kepada perusahaan dalam melakukan identifikasi terhadap calon kandidat terbaik guna mengisi posisi-posisi strategis dalam perusahaan.

Metode ini sendiri hadir sebagai sebuah respons terhadap perusahaan yang semakin sulit dalam melakukan perekrutan bakat-bakat terbaik di era digital.

Memahami metode ini akan sangat bermanfaat bagi HR yang sedang bertugas dalam mencari karyawan baru yang berpotensial. 

Maka dari itu, simak penjelasan artikel LinovHR dibawah ini untuk mengetahui secara mendalam mengenai apa itu talent network.

 

Pengertian Talent Network 

Talent network merupakan sebuah tools rekrutmen yang digunakan untuk mengumpulkan informasi kandidat potensial yang aktif dan pasif mencari kerja.

Nantinya HRD akan mengumpulkan informasi, seperti alamat email dari kandidat, kemudian akan menggunakannya untuk mengirim informasi terkait peluang kerja yang dibuka oleh perusahaan.

Bagi perusahaan sendiri, talent network merupakan sebuah strategi yang digunakan dalam mencari kandidat potensial untuk mengisi posisi-posisi strategis yang tersedia di dalam perusahaan. 

Jika dapat disimpulkan, talent network dapat digunakan sebagai sebuah jembatan komunikasi antara perusahaan dan para kandidat potensial yang tertarik dengan perusahaan Anda. 

Hal ini dapat terjadi, karena platform ini memungkinkan bagi para kandidat untuk menerima informasi dari perusahaan mengenai peluang kerja, acara, proyek, hingga informasi lainnya terkait karier tanpa harus melamar di perusahaan tersebut.

Melalui cara ini, memudahkan HR dalam membuat daftar kandidat potensial yang memenuhi syarat dan bersemangat untuk diwawancarai.

 

Cara Kerja Talent Network 

Dalam cara kerjanya sendiri, talent network bisa dibilang mudah. Hal ini bisa dimulai pada situs karier yang dimiliki oleh perusahaan, di mana perusahaan bisa langsung memberikan penawaran kepada kandidat yang berminat untuk bergabung dengan talent network perusahaan.

Nantinya, kandidat-kandidat ini dapat mengunggah nama, informasi kontak, riwayat pekerjaan, dan informasi lainnya ke dalam basis data perusahaan. Setelah seluruh informasi yang diunggah oleh para kandidat sudah berada di jaringan bakat perusahaan.

Setelah itu, perusahaan dapat mensegmentasi, mempersonalisasi dan bisa langsung melakukan kampanye melalui penargetan email dengan peluang kerja sesuai segmen yang ada.

Segmen-segmen tersebut nantinya dapat dibuat dan dikelola oleh perusahaan melalui perangkat lunak rekrutmen atau perangkat lunak Candidate Relationship Management (CRM).

 

Baca juga: Pahami Candidate Persona dan Contohnya

 

Manfaat Talent Network 

Penggunaan talent network dalam kegiatan perekrutan tentu menghadirkan banyak manfaat terhadap perusahaan itu sendiri. 

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam menggunakan jaringan bakat, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Menghemat Waktu

Penggunaan talent network dalam proses rekrutmen dinilai dapat menghemat banyak waktu seorang HR dalam melakukan kegiatan perekrutan karyawan potensial. 

Hal ini dapat terjadi melalui jaringan bakat, Anda akan langsung disuguhkan daftar-daftar calon kandidat pada posisi yang sedang dibuka.

Dalam hal ini, seorang HR tidak perlu lagi membuang-buang waktu dalam membuat dan memposting iklan lowongan pekerjaan hingga menunggu para kandidat untuk melamar, karena melalui talent network, para kandidat sudah bersedia untuk diambil dari kumpulan talenta berfokus yang Anda miliki.

 

2. Menghemat Biaya

Selain menghemat waktu, penggunaan jaringan bakat juga dapat menghemat biaya yang biasanya dikeluarkan oleh perusahaan dalam melakukan proses perekrutan.

Hal ini dapat memungkinkan bagi perusahaan untuk menggunakan anggaran rekrutmen tersebut untuk bisnis lainnya.

 

3. Menemukan Kandidat Berkualitas

Salah satu manfaat lainnya dari penggunaan talent network di dalam perusahaan adalah dapat memudahkan HR dalam menemukan kandidat yang berpotensial dan berkualitas.

Pada jaringan bakat, biasanya individu yang melamar sudah memiliki ketertarikan terlebih dahulu kepada perusahaan Anda.

Hal ini sendiri nantinya dapat membantu para HR untuk menghindari calon kandidat di luar jaringan bakat yang mungkin tidak menghargai perusahaan Anda.

 

Baca Juga: Pengertian Talent Pool dan Bagaimana Cara Membangunnya

 

Cara Membangun dan Menggunakan Talent Network

Dalam menggunakan talent network pada proses perekrutan sendiri, akan terdapat beberapa cara yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, di antaranya adalah sebagai berikut.

 

1. Memerhatikan Kandidat

Dengan menggunakan jaringan bakat, maka kemungkinan besar calon kandidat karyawan Anda akan masuk ke talent pool software dengan melamar pada posisi melalui situs web Anda. 

Melalui proses ini, Anda akan mengetahui mana kandidat yang tepat untuk mengisi peran pada posisi di perusahaan Anda.

Namun, tetap ada kemungkinan untuk menemui kandidat yang terampil dan berpotensi tetapi tidak cocok dengan posisi yang sedang terbuka.

Anda dapat menghubungi para kandidat berpotensial tersebut dan memberi informasi kepada mereka terkait belum ada posisi yang cocok untuk mereka. Perusahaan Anda akan mempertimbangkan mereka jika ada posisi yang lebih sesuai dengan keahlian mereka dikemudian hari.

2. Memastikan Bahwa Kandidat Dapat Menemukan Perusahaan Anda

Dalam melakukan proses rekrutmen, tentu akan terdapat beberapa kandidat yang sangat ingin bekerja di perusahaan Anda, namun mereka tidak melihat ada lowongan pekerjaan yang tercantum di halaman karier website perusahaan Anda.

Untuk menangani hal ini, Anda bisa menangkap minat para kandidat tersebut dengan menyertakan pendaftaran talent network di halaman karier website Anda.

Sehingga, para kandidat bisa langsung mengisi formulir yang akan langsung memasukkan mereka ke dalam jaringan talenta Anda. 

3. Tetap Berhubungan

Agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan talent network, Anda harus bisa tetap berhubungan dengan para kandidat dengan menguhubunginya sesering mungkin. 

Anda bisa meluangkan waktu yang Anda miliki untuk berkomunikasi dengan para kandidat, misalnya seminggu atau beberapa hari sekali. 

 

Manajemen Talent Network Karyawan Lebih Mudah dengan LinovHR 

Menerapkan talent network pada website karier yang dimiliki oleh perusahaan Anda dapat memungkinkan perusahaan Anda untuk merekrut para calon kandidat yang potensial dan berkualitas.

Agar lebih memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan perekrutan, Anda bisa menggunakan software perekrutan yang dapat mengelola talent network karyawan pada satu sistem yang terpusat.

Adapun salah satu software yang dapat memudahkan Anda dalam memanajemen jaringan bakat perusahaan Anda, yaitu Software Recruitment LinovHR.

 

Recruitment
Recruitment

Software Recruitment dari LinovHR adalah sebuah software berbasis cloud yang mendukung perusahaan untuk mengelompokkan kandidat-kandidat potensial dalam satu tempat. Software ini merupakan salah satu bagian dari Talent Management System LinovHR yang berguna sebagai sistem terpadu untuk memudahkan HR dalam melakukan manajemen sumber daya manusia.

Nantinya, Anda dapat menyimpan dan mengelola seluruh data kandidat yang ada. Data kandidat ini bisa Anda dapatkan dari halaman karier website atau juga melakukan input manual oleh admin.

Dari data-data kandidat yang ada, bisa Anda gunakan untuk keperluan rekrutmen atau juga membangun network dengan mereka.

Dengan menggunakan Software Recruitment LinovHR, memudahkan anda dalam proses rekrutmen dan menemukan kandidat berpotensial!

Segera gunakan Software Recruitment LinovHR sekarang juga dan dapatkan karyawan berpotensial untuk kemajuan perusahaan Anda. Ajukan demo gratisnya sekarang!