pemimpin yang baik

Cara Menjadi Pemimpin yang Baik di Lingkungan Kantor

Pemimpin yang baik adalah pimpinan yang bisa memberikan contoh dengan melakukan aksi nyata. Mereka juga adalah orang yang bisa berbaur dan tidak kaku terhadap para anggota atau karyawannya. Dengan kehadiran pemimpin, maka operasional perusahaan dapat berjalan sesuai rencana. 

Tetapi untuk menjadi pemimpin yang baik tentu saja tidak bisa diwujudkan secara instan dan membutuhkan tekad dan kerja keras yang tinggi.

Apa saja yang Anda bisa lakukan untuk menjadi pemimpin yang baik? 

 

Mengenal Gaya Kepemimpinan Diri Sendiri

Sebelum menjadi pemimpin bagi para karyawan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengenal gaya kepemimpinan Anda sendiri. 

Cobalah untuk mengetahui kelebihan dan juga kelemahan dari diri Anda. Dari situ akan terlihat hal apa yang harus dilakukan perbaikan dan juga peningkatan. Untuk mengetahui hal tersebut Anda bisa menemukannya dengan mengikuti latihan dasar kepemimpinan.

Latihan dasar kepemimpinan akan membantu dalam menemukan gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan di diri Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui gaya dominan atau gaya yang biasa dilakukan oleh seorang pemimpin. Selain mengikuti latihan dasar kepemimpinan, Anda juga bisa menganalisis dari gaya yang diterapkan oleh pemimpin Anda sebelumnya.

 

Jujur dan Terbuka

Jika ingin menjadi pemimpin yang mulailah dengan selalu berkomunikasi secara jujur dan terbuka. Karena hal tersebut adalah awal seseorang akan dipercaya dan diterima di lingkungannya.

Selain jujur, Anda juga harus terbuka kepada karyawan terhadap kondisi perusahaan saat ini, kelemahan diri, dan juga masalah yang sedang dihadapi. Komunikasi yang transparan akan membangun kepercayaan di antara tim dan juga meningkatkan semangat kerja secara keseluruhan. 

Agar komunikasi antara sesama tim bisa lebih efektif, sesuaikanlah gaya komunikasi Anda dengan anggota lain agar interaksi bisa tetap berjalan dengan lancar di setiap situasi.

 

Selalu Terhubung dengan Anggota Tim

Seseorang bisa dikatakan sebagai pemimpin jika memiliki sebuah anggota. Untuk menjadi pemimpin yang baik, Anda harus selalu terhubung dengan anggota tim.

Bagaimana cara Anda agar selalu terhubung dengan anggota tim? Untuk membangun koneksi dengan setiap anggota tim, fokuslah untuk mengetahui kepribadian, minat, kekuatan, kelemahan, hobi, dan prioritas setiap anggota. Hal ini akan memberikan wawasan tentang tujuan dan motivasi mereka.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang bisa mengatur proses kerja secara efektif sesuai dengan kemampuan dan mengetahui kelemahan kelemahan masing-masing anggota.

 

Jadilah Contoh atau Role Model untuk Bawahan Anda!

Setiap bawahan pastinya akan mencontohkan perilaku yang dilakukan oleh para atasannya. Agar mereka bisa menunjukan perilaku yang baik, jadilah contoh atau role model untuk bawahan Anda sendiri!

Jika seorang pemimpin terbiasa untuk selalu datang tepat waktu, disiplin dalam bekerja, dan tidak pernah melanggar peraturan maka anggota tim pun akan melakukan hal-hal baik yang biasa dilakukan oleh atasannya. Maka dari itu, jadilah contoh yang baik untuk anggota Anda!

 

Menjadi Seorang Pembicara yang Hebat

Seorang pemimpin harus bisa menjadi komunikator atau penyampai pesan yang baik. Karena dari gaya berbicara tersebut bisa menjadi penilaian terhadap kepribadian seseorang.

Mulai sekarang, cobalah belajar untuk berbicara secara kharismatik, berwibawa dan penuh percaya diri untuk membuat lawan bicara terkesan dengan kepribadian Anda. Terdapat berbagai contoh video gaya berbicara seorang pimpinan di platform Youtube sebagai bahan untuk berlatih.

 

Baca Juga : Cara Menguasai Komunikasi Asertif Agar Komunikasi Selalu Lancar

 

Ajari Karyawan, bukan Mengaturnya

Pemimpin yang baik tentu saja bukanlah mereka yang selalu memerintahkan bawahannya. Tetapi seorang pemimpin seharusnya adalah mereka yang bisa mengajari karyawan hingga karyawan tersebut berhasil.

Dari pada selalu memberi aturan yang tidak jelas, lebih baik mendorong pertumbuhan karyawan dengan cara mengajarinya. Karena seorang pemimpin bisa dikatakan sukses apabila karyawannya bisa lebih berhasil dari dirinya.

 

Jangan Meminta untuk Dihormati

Jika Anda memiliki kepribadian yang baik dan bisa menjadi teladan bagi para karyawan, tanpa memintanya mereka akan langsung menghormati Anda.

Pemimpin yang terlalu banyak menuntut untuk selalu dihormati atau meminta diperakukan secara baik justeru adalah ciri-ciri pemimpin yang dihindari oleh para karyawan. 

Karena rasa hormat tidak bisa diminta dan diperintahkan, melainkan akan didapatkan sendiri setelah melakukan usaha dan kerja keras.

 

Selalu Berikan Motivasi Kepada Karyawan

Cara agar menjadi pemimpin yang baik adalah dengan selalu memberikan semangat dan motivasi kepada para karyawannya. Karena dengan memberikan motivasi kepada karyawan akan membantu mereka dalam meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Beberapa cara untuk memberikan motivasi kepada karyawan bisa dalam bentuk penghargaan, pengakuan, atau apresiasi terhadap pencapaian yang berhasil dilakukan karyawan.

 

Baca Juga : Cara Jitu Meningkatkan Motivasi Karyawan di Era Pandemi

 

Atur Emosi

Emosi yang Anda keluarkan akan berpengaruh kepada kinerja karyawan. Untuk itu, Anda harus bisa mengatur atau menstabilkan emosi di hadapan para karyawan. Sebaiknya, aturlah emosi Anda agar tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Emosi yang terlalu rendah bisa membuat Anda tidak fokus kepada pekerjaan, sedangkan emosi yang terlalu tinggi justru akan membuat suasana kerja menjadi kaku dan berpengaruh kepada keefektifan karyawan dalam bekerja.

 

Akui Jika Melakukan Kesalahan

Seorang pemimpin adalah manusia pada umumnya, dan mungkin saja pada kesempatan lain Anda melakukan sebuah kesalahan. Tenang saja, hal tersebut adalah hal yang sangat wajar terjadi. 

Tetapi akan lebih baik jika Anda mengakui kesalahan dan selalu terbuka terhadap saran yang diberikan dari orang lain. Saran bisa didapatkan dari para atasan lain atau bahkan dari karyawan Anda sendiri. Karena dengan mengakui kesalahan akan membuat Anda dinilai sebagai orang yang rendah diri dan sangat terbuka.

 

Baca Juga: People Development: Pengertian, Tujuan dan Cara Menerapkannya

 

Demikianlah beberapa cara menjadi pemimpin yang baik untuk diterapkan dalam keseharian Anda bekerja. Jika dalam sebuah anggota dipimpin oleh pemimpin yang baik, tentu saja akan menciptakan karyawan yang produktif serta dapat mengerjakan tugas secara maksimal. Apakah Anda siap untuk menjadi pemimpin?