Bagaimana Cara Mengerjakan Psikotes Gambar Orang? Inilah Cara

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

psikotes gambar orang
Isi Artikel

Secara sekilas, kita tidak bisa melihat karakter maupun kepribadian dari orang-orang yang kita temui. Namun, ada berbagai macam cara untuk menilai dan melihat kepribadian dari seseorang, salah satunya dengan tes psikologi atau psikotes.

Tujuan dari psikotes yaitu untuk menggali lebih dalam mengenai karakter dan kepribadian yang dimiliki oleh seseorang. Umumnya psikotes menggunakan beberapa metode dalam penerapannya, salah satunya psikotes gambar orang. Metode satu ini seringkali dijumpai ketika hendak melamar suatu pekerjaan.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan membedah lebih dalam cara mengerjakan tes psikotes gambar orang yang baik dan benar.

Mari, simak selengkapnya!

 

Apa Arti Gambar Orang dalam Soal Psikotes?

Dalam tes psikotes gambar orang memiliki tujuan untuk mengetahui komitmen, tingkat kepercayaan diri, konsistensi diri, dan juga kegigihan dari calon karyawan terhadap pekerjaannya.

Anda diharuskan untuk menggambar orang lalu mendeskripsikan orang yang sudah Anda gambar. Nantinya HR akan melihat dan memberikan penilaian berdasarkan dari gambar orang yang sudah Anda buat.

 

Bagaimana Cara Mengerjakan Soal Tes Gambar Orang?

Setelah mengetahui arti dan tujuan dari alat psikotes satu ini, selanjutnya yaitu langkah-langkah yang harus Anda lakukan dalam mengerjakan soal tersebut. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar kemungkinan Anda lulus semakin besar.

 

1. Gambar Orang dengan Jenis Kelamin yang Sama dengan Anda

Trik pertama yang bisa Anda ikuti yaitu membuat gambar orang yang sesuai dengan jenis kelamin yang sama dengan Anda. bila Anda adalah seorang laki-laki, maka gambar orang dengan jenis kelamin yang sama dengan Anda, dan begitu sebaliknya.

Menggambar orang yang berjenis kelamin sama dengan Anda, akan lebih merepresentasikan diri Anda lebih baik lagi, dibandingkan menggambar lawan jenis. Karena secara tidak langsung Anda mengetahui gambaran umum dari jenis kelamin yang Anda representasikan.

 

2. Buat Gambar yang Proposional

Selanjutnya yaitu usahakan orang yang Anda gambar berukuran proposional. Artinya yaitu ukuran dan juga letaknya pada kertas sudah sesuai dan simetris.

Tujuannya yaitu selain gambar menjadi lebih enak dipandang, ternyata ada hal yang bisa dinilai dari gambar tersebut.

Sebagai contoh, bila gambar yang Anda buat besar, maka HR akan menilai Anda sebagai pribadi yang kuat dan mendominasi. Sedangkan gambar yang kecil, HR akan menilai bahwa Anda memiliki kepercayaan diri yang rendah. 

Jadi pastikan gambar yang Anda buat proposional, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, agar bisa mendapatkan nilai yang maksimal dalam tes tersebut.

 

3. Buat Gambar Orang yang Memiliki Anggota Tubuh Lengkap

Buatlah gambar orang yang lengkap dengan segala detailnya. Mulai dari mata, hidung, mulut, tangan, kaki, hinga jari-jarinya. Menggambar dengan detail akan menambah penilaian diri Anda dihadapan HR.

Pastikan bahwa setiap bagian tubuh dari ujung kepala hingga kaki tidak ada yang terlewatkan. Pada tahap ini, HR ingin melihat apakah Anda merupakan orang yang teliti dan selalu memperhatikan hal-hal kecil yang notabene penting dan memiliki pengaruh, terutama dalam pekerjaan.

 

4. Gambar Orang Berserta Aktivitasnya

Setelah Anda membuat gambar yang detail, selanjutnya yaitu sertakan juga aktivitas dari orang yang Anda gambar tersebut. Sebagai contoh, Anda menggambar seorang petani, maka gambar juga paculnya atau alat pembajak sawah bersamanya, agar memperlihatkan HR bahwa orang tersebut seorang petani dan sedang melakukan tugasnya sebagai petani.

Disarankan juga untuk menggambar ekspresi dari orang yang Anda gambar, agar memperlihatkan bahwa orang yang Anda gambar itu merasa senang atau sedih. Tujuan dari penggambaran aktivitas yaitu untuk melihat apakah orang yang Anda seorang pekerja keras atau tidak.

 

Baca Juga: Pelajari Tes Spasial untuk Sukses Saat Psikotes

 

5. Gambar Orang yang Anda Ketahui Karakternya

Ingatlah bahwa gambar yang Anda buat akan merepresentasikan diri Anda sendiri di mata HR. Maka dari itu penting untuk menggambar seseorang yang sudah Anda kenali baik secara sifat maupun kepribadiannya.

Banyak orang-orang yang telah mengikuti tes ini untuk melakukan hal tersebut. Tujuannya agar Anda lebih mudah ketika HR menyuruh Anda untuk mendeskripsikan dan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan orang tersebut.

 

Baca Juga: Belajar Psikotes di 5 Situs ini

 

6. Perhatikan Detail Gambar

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu memperhatikan setiap detail dari gambar yang sudah Anda buat. Memperhatikan detail dalam gambar yang Anda buat akan menambah penilaian di mata HR. Detail yang dimaksud seperti menambahkan anting di telinga, bando di rambut, atau rambut yang panjang dan terurai untuk gambar wanita.

Sedangkan untuk gambar pria, bisa menambahkan detail seperti rambut yang pendek, adanya jakun di leher, kumis atau jenggot, maupun aksesoris yang sering dipakai oleh pria, seperti topi.

 

Baca juga: Tes Psikotes Menggambar Pohon

 

Itulah pembahasan lengkap mengenai arti gambar orang dalam psikotes, beserta dengan langkah-langkah jitu yang bisa Anda lakukan.

Pada dasarnya psikotes gambar orang merupakan salah satu tes yang cukup sederhana. Anda tidak memerlukan kemampuan khusus untuk menyelesaikannya. Selain itu penilaian juga bukan didasarkan pada bagus tidaknya gambar yang Anda buat. Melainkan dari kelengkapan dan juga ketelitian yang Anda tuangkan dalam gambar tersebut.

Mengingat tes ini sangat banyak dijumpai, terutama dalam melamar pekerjaan, jadi pastikan Anda mempelajari dan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar.

Semoga bermanfaat!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter