pengembangan sdm

Tips HR: Strategi Pengembangan SDM untuk Kualitas Terbaik

Para HRD tentu tidak asing lagi dengan pengembangan SDM. Keberadaan strategi pengembangan SDM akan membantu karyawan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, serta kemampuan pribadi dan organisasi.

Tujuan pengembangan SDM sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas para karyawan melalui program pengembangan dan pelatihan untuk menciptakan sebuah produk yang berkualitas dan mampu memajukan suatu perusahaan.

Fokus dalam pengembangan ini adalah wawasan dan juga skill yang dimiliki setiap karyawan. Para karyawan diwajibkan mahir dan terampil agar pekerjaan bisa dilakukan secara maksimal.

Untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan, sebagai divisi HR harus menyusun strategi-strategi yang tepat untuk diterapkan kepada karyawannya. LinovHR akan membahas tips strategi pengembangan SDM untuk menghasilkan kualitas terbaik. 

 

1. Memiliki SOP yang Jelas Pada Setiap Pekerjaan Karyawan

Pastikan bahwa setiap karyawan Anda memiliki Standard Operating Procedures atau SOP terbaru terkait pekerjaan dan status karyawan di perusahaan. Misalnya ketika karyawan ingin mengajukan resign, mereka harus mengajukan one month notice agar perusahaan bisa mencari pengganti dari karyawan tersebut. Contoh lainnya, karyawan juga harus paham benar bagaimana alur pengajuan cuti. 

 

2. Sesuaikan Program Pelatihan Karyawan

Program pelatihan harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan juga karyawan. Karena salah satu elemen terpenting dalam kemajuan suatu perusahaan adalah karyawan. HRD bisa mengadakan pelatihan ini dengan melihat skill apa yang masih harus ditingkatkan pada setiap karyawan.

 

3. Manfaatkan Teknologi

Pemanfaatan alat teknologi dalam perusahaan akan merampingkan tugas-tugas karyawan sehingga waktu pengerjaan tugas akan dilakukan secara cepat dan meminimalisir kesalahan yang mungkin akan terjadi. 

Contohnya, divisi HR dapat menggunakan Software HRD untuk memaksimalkan pengelolaan SDM. Salah satu vendor penyedia Software HRD yang banyak digunakan perusahaan adalah dari LinovHR. 

 

LinovHR adalah vendor penyedia Software HRD yang sudah banyak dipercaya berbagai macam client dari industri yang berbeda. Dengan menggunakan LinovHR, pengelolaan karyawan dapat dilakukan lebih mudah dan komprehensif dalam satu sistem. Hubungi tim layanan LinovHR untuk keterangan lebih lanjut! 

LinovHR.COM/Contact-us

 

4. Memiliki Seluruh Materi Pelatihan Pada Satu Tempat

Memiliki tempat yang dapat diandalkan di mana karyawan dapat menemukan pelatihan dan jawaban atas pertanyaan mereka di satu tempat sangatlah penting. Anda bisa meningkatkan kualitas teknologi dan internet perusahaan Anda agar para karyawan bisa mengakses seluruh materi pelatihan dengan mudah.

 

Baca Juga: Alasan Perusahaan Anda Membutuhkan Software Training

 

5. Berikan Mentor Kepada Karyawan Baru

Karyawan baru pastinya belum memiliki gambaran besar tentang perusahaan dan juga pekerjaan yang akan mereka lakukan. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan mentor dari salah satu karyawan untuk membimbing karyawan baru. 

Mentor inilah yang akan mengenalkan karyawan baru dengan rutinitas atau kebiasaan yang biasa dilakukan di lingkungan kantor, menjelaskan hal apa saja yang harus dikerjakan dan sebagainya.

 

6. Berikan Kesempatan Karyawan untuk Menyalurkan Ide

Berikanlah karyawan Anda kesempatan untuk menyalurkan ide atau gagasan mereka. Dari situ, Anda mungkin saja akan menemukan ide yang cocok untuk diterapkan untuk kemajuan perusahaan. Selain itu, karyawan juga merasa dilibatkan pada setiap progres perusahaan.

 

7. Jangan Lupa untuk Berikan Reward!

Pemberian reward bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap hasil kerja keras yang telah dilakukan karyawan. Selain itu, reward juga bisa menjadi bentuk dorongan untuk memotivasi karyawan lain agar bisa berusaha lebih maksimal. Dengan begitu, setiap karyawan akan mencoba untuk meningkatkan kualitas kerjanya dengan skill yang mereka punya.

 

Baca Juga: 5 Macam Bonus untuk Karyawan Selain Uang

 

8. Lakukan Survei Karyawan untuk Mendapatkan Feedback

Setelah melakukan tips yang sudah disebutkan di atas, terakhir adalah mengadakan survei karyawan untuk mendapatkan feedback mereka terhadap perusahaan. Dari survei ini, Anda bisa memberikan pertanyaan tentang kepuasan kerja mereka selama bekerja di perusahaan, atau mencari tahu hal apa yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas perusahaan.

Feedback ini tidak hanya didapatkan dari karyawan kepada perusahaan, namun perusahaan juga bisa memberikan feedback kepada karyawan. Cara ini akan membuat karyawan mengetahui kesalah atau hal apa saja yang harus mereka lakukan untuk meningkatkan kinerja mereka.

 

Penerapan strategi pengembangan SDM yang tepat akan menghasilkan kualitas karyawan unggulan. Karyawan yang memiliki kualitas baik tentu akan membantu perusahaan dalam mencapai target serta memajukan perusahaan ke arah yang lebih baik. Maka dari itu, divisi HR harus menentukan strategi yang tepat dan relevan agar kualitas karyawan bisa lebih ditingkatkan. Semoga ulasan di atas dapat membantu!