manajemen karir sdm

Tips HR: Tips Membangun Manajemen Karir SDM

Manajemen karir adalah suatu upaya dalam mengelola dan merencanakan pengembangan karyawan dan divisi kerja demi arah karir yang lebih baik. Untuk mewujudkannya, perlu kesinambungan semua elemen dalam perusahaan. Manajemen karir SDM pun menjadi salah satu aspek penting dalam kinerja HRD. 

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aspek vital yang perlu dikelola secara optimal oleh perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan akan berlomba-lomba dalam membangun manajemen karir SDM. 

 

software hris

Inilah beberapa tips manajemen karir SDM yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda, simak baik-baik! 

 

Identifikasi Kebutuhan Peran Kerja di Perusahaan

Sebagai HRD, sebelum merekrut karyawan perlu mengidentifikasi secara rinci atas kebutuhan peran kerja di perusahaan. Perlu diingat, Anda tidak bisa serta merta melakukan rekrutmen tanpa instruksi kebutuhan yang jelas dari divisi yang membutuhkan karyawan baru.

Setelah itu, buatlah daftar prioritas mengenai divisi mana saja yang perlu segera diadakan pengembangan manajemen karir. Bila sudah ditentukan, Anda barulah Anda mencari kandidat karyawan baru dengan segenap perencanaan yang sebaik mungkin.

Dengan demikian, manajemen karir SDM di perusahaan Anda akan mulai tumbuh dari waktu ke waktu. Jika hal ini terus terjadi, target dan tujuan organisasi akan dapat segera terealisasi.

 

Lakukan Pemetaan Jenjang Karir

Guna memaksimalkan upaya pembangunan manajemen SDM yang optimal, Anda perlu memetakan jenjang karir setiap posisi dan peran karyawan. Bila langkah ini telah diterapkan, para pegawai di organisasi akan merasa yakin akan potensi perkembangan karir.

Dengan begitu, motivasi karyawan akan terpacu untuk bekerja dengan sebaik mungkin. Jadi, perusahaan Anda tak hanya memperoleh perkembangan manajemen karir SDM yang baik, Namun, juga mendapat peningkatan kinerja dan produktivitas di kalangan karyawan.

 

Baca Juga: Tips Menentukan Jenjang Karir Idaman untuk Karyawan

 

Ikut Sertakan Seluruh Elemen Karyawan

Manajemen karir SDM harus mengikutsertakan segenap elemen karyawan di perusahaan. Dengan demikian, perkembangan produktivitas dan kinerja dapat berjalan secara beriringan tanpa ada pihak yang merasa tertinggal.

Jika hal ini tidak dilakukan secara selaras, dikhawatirkan bisa menimbulkan rentetan permasalahan di kemudian hari. Salah satu masalah tersebut, adalah lingkungan kerja yang kurang kolaboratif.

Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa seluruh lini divisi kerja di perusahaan memperoleh perkembangan yang optimal. Alhasil, SDM pun dapat bergerak ke arah positif dari hari ke hari.

 

Buat Perencanaan Pengembangan

Segala upaya baik tidak akan berjalan mulus tanpa adanya perencanaan yang terstruktur. Begitu pula dengan manajemen karir SDM. Bila Anda mampu membuat rencana yang runtut dan tertata, akan lebih mudah untuk memenuhi pengembangan.

Namun, jika Anda tidak membuat suatu perencanaan dengan baik, tentu saja bakal sulit untuk melakukan manajemen karir. Pasalnya, pasti akan banyak ditemukan berbagai masalah dan hambatan yang menghadang ketika sedang mengembangan sdm.

Akibatnya, alur pengelolaan karir karyawan bisa menemukan titik buntu. Bila terjadi, tentu akan memperlambat proses pengembagan bukan? Maka dari itu, buatlah perencanaan peningkatan sumber daya dengan seideal mungkin.

 

Sesuaikan Perencanaan dan Tujuan Perusahaan

Setiap perusahaan punya tujuan dan visi misi tersendiri. Adapun tujuan tersebut tentu mengarah pada kesuksesan dengan segala sistem penunjangnya. Dalam aspek penunjang tersebut tentu ada gambaran atas beberapa kriteria usaha yang bisa dipenuhi.

Maka dari itu, ketika Anda membuat perencanaan pengembangan SDM perlu memperhatikan orientasi awal perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar sumber daya manusia dapat meningkat berdasarkan tujuan organisasi dan tidak melenceng ke arah lainnya.

 

Terapkan Skema Pelatihan Karyawan

Setelah perencanaan dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan program pelatihan. Dengan proses ini, Anda telah mengetahui apa-apa saja yang perlu dilakukan, mulai dari perencanaan, penyesuaian tujuan perusahaan, dan identifikasi karyawan yang perlu dikembangkan sesuai kebutuhan.

Jadi, Anda hanya perlu melakukan segala proses yang telah direncanakan ke dalam program pelatihan karyawan. Bila perlu, Anda bisa mengundang tokoh-tokoh ahli dari luar perusahaan untuk memberikan wawasan baru atas kompetensi yang dibutuhkan di masa mendatang.

 

Baca Juga: Strategi Pengembangan SDM untuk Kualitas Terbaik

 

Lakukan Evaluasi Manajemen Karir SDM Secara Berkala

Untuk memaksimalkan upaya manajemen karir, Anda perlu melakukan evaluasi secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Mengapa demikian? Karena tanpa adanya evaluasi akan sulit untuk mengetahui mana masalah yang perlu diperbaiki kembali dan tidak.

Selain itu, evaluasi pun akan membantu segala perencanaan dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien. Jadi, jangan ragu untuk selalu melakukan evaluasi atas segala upaya pengembangan SDM di perusahaan Anda.

 

Karyawan adalah kunci dari keberhasilan perusahaan. Bila perusahaan dapat memaksimalkan manajemen karir SDM, bukan hal yang tidak mungkin kinerja  karyawan pun juga ikut meningkat. Diharapkan uraian tips di atas dapat menjadi referensi terbaik untuk mengembangkan kompetensi para karyawan di lingkungan kerja.