karyawan berprestasi

Jangan Abaikan Karyawan Berprestasi, Berikan 6 Penghargaan Berikut!

Karyawan berprestasi yang berhasil mencapai tingkat tertentu sangat membantu keberhasilan perusahaan. Tanpa karyawan berprestasi, rasanya hampir tidak mungkin perusahaan bisa meningkatkan kualitas dan mencapai tujuan. Tentu saja karyawan yang berprestasi berhak untuk mendapatkan apresiasi atau penghargaan dari perusahaan. 

 

Siapa itu karyawan berprestasi? 

Karyawan dapat dikatakan berprestasi apabila telah mencapai atau melebihi target kinerja yang diterapkan perusahaan. Hal ini menandakan bahwa karyawan mempunyai kemampuan yang cukup baik dan kemauan yang tinggi dalam berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan. 

Karyawan berprestasi dapat menjadi teladan dan pengaruh positif bagi rekannya di kantor. Rekan lain yang memiliki performa baik akan tergugah untuk bekerja sebaik karyawan yang unggul. Itulah sebabnya mengapa perusahan selalu cenderung mempertahankan karyawan yang berprestasi baik. Karyawan yang memiliki prestasi juga dapat diposisikan menjadi calon kuat untuk mengisi posisi penting dalam perusahaan di masa yang akan datang.

Selain itu, karyawan yang berprestasi dapat meningkatkan pamor perusahaan di mata masyarakat. Sebab, kinerja dari karyawan unggulan akan jauh berbeda dengan karyawan biasa. Hasilnya dapat berupa kualitas produk perusahaan yang meningkat atau pelayanan yang lebih berkesan bagi konsumen. Ketika konsumen sudah puas dengan produk dan pelayanan perusahaan, secara otomatis pamor perusahaan pun akan meningkat.

 

Baca juga: 7 Strategi Efektif HRD Dalam Penyusunan Sistem Reward dan Punishment

 

Penghargaan Kepada Karyawan Berprestasi

Tak dapat dipungkiri jika keberadaan karyawan berprestasi dapat membantu perusahaan mewujudkan visi misi dengan nyata. Maka dari situlah tidak ada salahnya memberikan penghargaan di luar gaji kepada karyawan prestasi tersebut, bukan? Pemberian penghargaan kepada karyawan unggulan membuat karyawan merasa kerja kerasnya selama ini dihargai, sehingga akan menumbuhkan sense of belonging yang kuat. Apa saja penghargaan yang dapat diberikan perusahaan untuk karyawan? 

 

performance review

Perayaan Sederhana

Memberikan kejutan kepada karyawan berupa perayaan sederhana dapat memberikan efek baik bagi karyawan. Hal ini memotivasi karyawan untuk bekerja lebih giat dan rajin. Perayaan sederhana ini akan membuat karyawan merasa diakui valid keberadaannya. Dengan demikian, rasa percaya diri dari karyawan tersebut pun juga semakin tinggi. 

 

Hari Libur Ekstra

Umumnya hari libur diberikan pada hari Sabtu dan Minggu. Namun, karyawan pasti akan senang jika hari liburnya ditambah. Karyawan yang menerima waktu libur ekstra dapat berhenti sejenak memikirkan pekerjaannya, agar dia memulihkan tenaga dan pikirannya. Sehingga karyawan dapat kembali bekerja dengan maksimal.

 

Ucapan Terima Kasih Personal

Penghargaan yang satu ini memang paling mudah dilakukan tanpa banyak persiapan. Manager atau HRD dapat mengucapkannya langsung kepada karyawan secara personal. Karyawan akan merasa sangat dihargai dan diakui. Memberi penghargaan kecil semacam ini juga dapat menjaga tingkat turnover dalam perusahaan

 

Fasilitas Gym

Memberikan fasilitas berupa membership pusat kebugaran atau gym dapat meningkatkan kesehatan karyawan. Kesehatan karyawan dapat mendukung hasil kinerja. Sebab, karyawan yang sehat mampu bekerja lebih optimal dibandingkan karyawan yang sering jatuh sakit. 

 

Jenjang Karir

Karyawan yang berprestasi berhak untuk mengisi posisi tertentu yang lebih tinggi di kemudian hari. Perusahaan tidak harus langsung memberikan jabatan tertentu. Pelatihan dan pengembangan karyawan bisa menjadi langkah efektif guna meningkatkan potensi karyawan berprestasi jauh lebih baik. Saat posisi tersebut siap diisi, karyawan yang bersangkutan tinggal menduduki posisi dan mengimplementasikan hasil dari pembelajaran di program pelatihan dan pengembangan.

 

Baca juga: Pentingnya Program Pengembangan Karir untuk Karyawan

 

Tunjangan dan Bonus

Yang terakhir adalah penghargaan dalam bentuk uang, yaitu tunjangan dan bonus. Kedua jenis penghargaan ini biasa diberikan bersamaan ketika gajian tiba. Dengan menerima uang tunai langsung, karyawan dapat menentukan sendiri mau dipakai apa uang yang mereka terima. Hal ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan dari segi ekonomis.

Itulah enam bentuk penghargaan untuk karyawan yang memiliki prestasi yang layak untuk perusahaan pertimbangkan. Untuk dapat mengetahui karyawan mana yang sudah mencapai kinerja unggulan, Anda dapat memanfaatkan modul performance dari Software HDR LinovHR. 

Sebagai vendor Software HRD terbaik, LinovHR sudah dipercaya banyak client untuk mengelola karyawan berprestasi secara otomatis dan sistematis. Penasaran info lebih lanjut? Hubungi LinovHR sekarang juga!