hr manager

Baru Menjabat Sebagai HR Manager? Inilah Tips Khusus HR Manager Pemula!

Divisi HR memiliki peranan yang cukup krusial untuk mengelola Sumber Daya Manusia dalam perusahaan. Tentu saja, divisi ini pun juga dikepalai oleh seorang manager. Seorang HR manager akan mengerahkan, menentukan, serta memantau segala strategi pengelolaan karyawan yang baik dan benar. 

Apakah Anda tertarik menjadi HR manager? Mari kita simak ulasannya berikut ini!

 

Apa Perbedaan HR Manager dan Staff HR?

Dalam sebuah departemen HR, terbagi menjadi beberapa bagian yang mempunyai peran masing-masing. Staff HR lebih berfokus pada operasional perusahaan, seperti mengelola administrasi karyawan, memfilter lamaran kerja yang masuk, dan membuat lowongan pekerjaan atas utusan dari HR Manager.

Sedangkan, HR Manager memiliki tanggung jawab yang lebih besar seperti mengelola staff HR dan jadwal kerjanya. Selain itu, HR Manager juga memiliki tanggung jawab untuk menentukan strategi rekrutmen, mengatasi permasalahan karyawan, dan memastikan peraturan perusahaan selaras dengan Undang Undang Ketenagakerjaan yang berlaku.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk menjadi HRD Manager, sebaiknya Anda mengetahui dan memahami terlebih dulu tugas serta tanggung jawab dari seorang HRD Manager seperti dibawah ini.

 

Syarat Menjadi HR Manager

Untuk menjadi seorang HR Manager yang profesional, terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuh. Apa saja syaratnya? Simak ulasan dibawah ini.

 

Memiliki Latar Belakang Pendidikan Pascasarjana

Menurut Gradireland, apabila Anda ingin menjadi seorang HRD Manager yang profesional, syarat pertama yang harus Anda penuhi adalah memiliki latar belakang pendidikan pascasarjana di bidang tertentu seperti ekonomi, psikologi, bisnis, administrasi publik, hukum, dan ilmu sosial. Latar belakang pendidikan ini akan membantu Anda dalam menyusun strategi dan menganalisis berbagai masalah atau indikasi kendala yang terjadi di perusahaan. 

 

Mendapatkan Promosi Jabatan dan Telah Lulus Tes

Masih menurut Gradireland, syarat untuk menjadi seorang HRD manager yang kedua adalah Anda mendapatkan promosi jabatan dan telah lulus tes. Jalan yang harus Anda tempuh menjadi HRD Manager tentu tidak mudah, Anda harus bisa membuktikannya dengan memberikan hasil kerja yang memuaskan agar mendapat promosi jabatan. Selain itu, Anda juga harus menempuh serangkaian tes terlebih dahulu untuk mendapatkan peran menjadi HR Manager yang profesional.

 

Memiliki Pengalaman 7-10 Tahun Menjadi HR Staff

Seperti yang diketahui, pengalaman kerja dapat  menentukan posisi pekerjaan yang akan Anda jalani. Untuk menjadi seorang HR Manager, setidaknya Anda harus memiliki pengalaman sebagai staff HR dalam kurun waktu 7-10 tahun. Pengalaman tersebut membentuk diri Anda dengan baik dan handal dalam bidang ini. Dengan pengalaman kerja yang dimiliki dapat membuktikan bahwa Anda mampu bekerja secara profesional dibidang yang sama secara terus-menerus. 

 

Memiliki Pengalaman Mengawasi dan Mengelola Staf Profesional

Selanjutnya, syarat untuk menjadi HRD Manager yang harus Anda penuhi adalah memiliki pengalaman yang baik dalam mengawasi dan mengelola staf profesional. Sebagai seorang HRD Manager, Anda dituntut untuk dapat mengawasi dan mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan kinerja karyawan dan perusahaan. 

 

Baca Juga : Berbagai Alasan Mengapa Peran HRD Dibutuhkan Dalam Perusahaan

 

Tips Bagi HR Manager Baru

Mengemban posisi yang lebih tinggi pastinya memiliki tantangan tersendiri. Namun, jangan khawatir! Inilah beberapa tips bagi HR manager yang baru saja menjabat. Apa saja tipsnya? 

 

Mengetahui Tujuan Utama HR

Seorang Manager HRD baru harus bisa mengetahui dan memahami tujuan HR didalam sebuah perusahaan. Terdapat 4 Objective yang harus dipahami oleh HRD Manager baru, yaitu Personal Objective, Organizational Objective, Functional, dan Societal Objective.

 

Mengetahui seluk beluk perusahaan

Tips kedua bagi HRD Manager baru adalah mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan. Sebagai HRD Manager harus mampu melakukan SWOT analysis terhadap perusahaan. Tujuannya adalah agar HR dapat memperkirakan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mewujudkan target-target yang diberikan oleh pimpinan. Sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan.

 

Berkompeten dan Memiliki Standar

Meski masih menjadi HRD Manager baru, Anda tetap harus memiliki standar dan kompetensi diri dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan manajemen perusahaan. Seperti bidang HR Perencanaan & seleksi rekrutmen, sistem manajemen kinerja, bidang kompensasi & keuntungan,  bidang training & development, dan bidang hubungan industri.

 

Memiliki Kemampuan Manajemen dan Networking

Untuk Anda yang baru menjadi HRD Manager, alangkah baiknya mempersiapkan diri dengan memiliki kemampuan self, task, & people management. Serta, harus memiliki networking yang baik dan luas. Tak hanya itu, seorang HRD Manager juga dituntut untuk selalu belajar hal baru dan update informasi terkait HR dan ketenagakerjaan.

 

Menguasai Tentang Hukum Ketenagakerjaan

Sosok HRD Manager yang baru dituntun untuk selalu profesional dan paham betul soal hukum ketanagakerjaan, baik pasal-pasal dari UU Ketenagakerjaan, peraturan-peraturan yang sehubungan dengan ketenagakerjaan, dan lain sebagainya. hal tersebut dikarenakan HRD Manager akan sering menghadapi keputusan-keputusan yang mempunyai konsekuensi hukum.

 

Itulah sederet tips untuk Anda yang baru menjabat menjadi HRD Manager. Selain tips diatas, seorang HRD Manager di perusahaan menengah ke atas harus dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini. Dengan adanya teknologi baru, HRD Manager dapat mentransformasi pola kerja menjadi lebih baik sehingga mampu mendorong perkembangan bisnis.