peran hrd

8 Alasan Mengapa Peran HRD Penting dalam Perusahaan

Peran HRD bagi pengembangan dan pemberdayaan karyawan perusahaan merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Sebagai salah satu faktor untuk keberhasilan perusahaan, HRD memiliki tanggung jawab untuk mengelola SDM secara baik. Untuk itu, terdapat alasan mengapa peran divisi HRD sangat penting bagi perusahaan. Simaklah penjelasan di bawah ini!

 

Membantu Karyawan untuk Menyesuaikan Diri dengan Sistem Kerja yang Baru

Sejak tahun 2020 lalu sampai sekarang, adanya virus Corona membuat pembatasan untuk mengadakan kegiatan di luar rumah. Hal ini membuat manajemen perusahaan memutar otak agar kegiatan kerja bisa tetap berjalan lancar namun tetap menjaga kesehatan para karyawannya.

Dengan aturan tersebut, perusahaan pun menerapkan sistem kerja secara hybrid atau WFH (Work From Home) dan WFO (Work From Office). Namun sistem tersebut tidak selalu bisa diikuti dengan baik oleh seluruh karyawan. Dengan kondisi seperti ini, HRD memiliki peran yang sangat penting untuk membantu karyawan saat menyesuaikan diri pada sistem kerja yang baru.

 

Meningkatkan Keterlibatan dan Kepuasan Karyawan Terhadap Perusahaan

Divisi HRD memiliki peran penting untuk mendorong keterlibatan karyawan di tempat kerja. Saat keterlibatan karyawan kepada perusahaan tinggi, mereka akan lebih semangat dalam bekerja dan mengerahkan seluruh kemampuannya agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Hal ini bisa segera terjadi jika SDM mendukung dan memberikan mereka kesempatan untuk berkembang dan mempelajari hal tersebut. Dengan begitu, karyawan akan merasa dihargai dan diikuti sertakan pada proyek penting perusahaan.

 

Baca Juga : Tujuan Pembuatan Balanced Scorecard dalam Perusahaan

 

Mendapatkan Karyawan yang Berkualitas

Proses mencari, merekrut, hingga menempatkan karyawan pada posisi yang tepat merupakan peran dan tanggung jawab divisi HRD. Maka dari itu, HRD akan melakukan rekrutmen secara teliti dan tepat agar bisa mendapatkan karyawan yang berkualitas dan sesuai  dengan kebutuhan perusahaan. 

Terlebih pada saat kondisi pandemi seperti sekarang, divisi ini akan memiliki banyak cara agar bisa melakukan rekrutmen walau proses interview tidak dilakukan secara tatap muka.

 

Mengurangi Terjadinya Turnover

Tingkat turnover yang terus meningkat pada setiap pergantian periode menandakan bahwa pengelolaan karyawan perusahaan tidak bisa dilakukan dengan baik. Maka dari itu, perusahaan membutuhkan kinerja divisi HRD untuk menstabilkan tingkat turnover. Dengan ilmu dan keterampilan yang dimiliki mereka mampu untuk membuat karyawan agar bisa tetap loyal dan meningkatkan kinerjanya untuk perusahaan.

 

Baca Juga : Program HRD untuk Menurunkan Tingkat Turnover karyawan

 

Meningkatkan Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan salah satu faktor karyawan bisa tetap merasa aman dan nyaman dalam bekerja. Proses pembangunan budaya ini pastinya tidak luput dari peran HRD. Karena mereka mampu untuk mendorong keterlibatan hubungan antar karyawan, menciptakan perubahan untuk meningkatkan kontribusi karyawan, mengadakan umpan balik, dan membuat lingkungan dan budaya perusahaan yang sehat.

Selain itu, HRD juga mampu untuk mengidentifikasi karyawan yang berpotensi tinggi dan memberikan fasilitas karyawan untuk kelancaran proses kerja. Cara ini membuat karyawan merasa didukung untuk meraih karir yang lebih baik lagi.

 

Sebagai Pengawas Kedisiplinan Karyawan

Setiap karyawan yang melanggar aturan perusahaan haruslah menerima hukuman atau punishment. Agar hukuman yang diberikan sebanding dengan kesalahan yang mereka buat, departemen SDM lah yang akan melakukan pertimbangan pada setiap kesalahan yang karyawan perbuat. Selain itu, mereka juga melakukan pengawasan kepada seluruh karyawan agar tetap bertindak sewajarnya dan tidak melanggar aturan.

 

Dapat Membantu dalam Meningkatkan Kinerja

Pengawasan yang dilakukan secara berkala ini membuat HRD mengetahui grafik atau tingkatan kinerja karyawan. Jika terlihat bahwa grafik menurun atau tidak terjadi peningkatan atau penurunan, maka HRD bisa segera mencari tahu apakah karyawan sedang mengalami hambatan sehingga dapat membantu mencari solusi. Lalu jika grafik kinerja naik, maka karyawan bisa saja mendapatkan reward.

 

Membantu dalam Penyelesaian Konflik

Selama kegiatan kerja berlangsung, pastinya terdapat beberapa konflik yang muncul baik itu antar karyawan atau karyawan dengan manajer. Agar konflik yang terjadi tidak melebar, HRD akan menjadi pihak yang berperan sebagai penengah dan membantu dalam menyelesaikan konflik. Saat kondisi ini terjadi, pastinya HRD tidak bisa berpihak pada satu pihak jika belum ada penjelasan di antara keduanya dan juga mereka harus bisa bersikap adil agar penanganan masalah bisa cepat terselesaikan.

Beberapa alasan diatas dirasa cukup untuk menjelaskan betapa pentingnya peran HRD bagi perusahaan. Skill dan pengetahuan yang mereka miliki dalam menangani pengelolaan sumber daya manusia akan sangat dibutuhkan perusahaan. Untuk itu, keberadaan HRD pada perusahaan dapat membentuk SDM yang berkualitas sehingga melancarkan proses kerja perusahaan.