Peraturan Tunjangan Shift Malam

Apakah Karyawan Mendapatkan Tunjangan Shift Malam? Mari Simak Uraiannya!

Sistem shift khususnya untuk shift malam diperlukan bagi perusahaan yang beroperasi 24 jam untuk mengoptimalkan layanan mereka pada pelanggan. Namun, perusahaan juga wajib memberikan tunjangan shift malam kepada karyawannya yang melakukan shift malam.

Lalu, bagaimana regulasi dan apa saja tunjangan atau kompensasi yang didapatkan oleh pekerja yang melakukan shift malam? Sebab itu, simak terus artikel berikut ini agar Anda dapat lebih memahami mengenai tunjangan shift malam.

 

Regulasi Shift Malam di Indonesia

Regulasi atau aturan mengenai pekerja yang melakukan shift malam memang sangat diperlukan. Hal ini berarti perusahaan wajib menjamin para pekerja yang melakukan shift malam dalam suatu waktu.

Namun, regulasi di Indonesia belum ada aturan yang mengatur secara eksplisit mengenai waktu kerja dengan sistem shift sebagaimana yang kita ketahui. Meskipun demikian, terdapat beberapa aturan atau regulasi yang mengatur tentang ketentuan waktu kerja bagi suatu perusahaan.

Mengenai ketentuan waktu kerja diatur pada Pasal 81 angka 21 UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) yang mengubah aturan sebelumnya pada Pasal 77 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan), isinya adalah “Setiap pengusaha wajib melaksanakan ketentuan waktu kerja seperti disebutkan di bawah”.

  • 7 jam 1 hari dan 40 jam 1 minggu untuk 6 hari kerja dalam 1 minggu; atau
  • 8 jam 1 hari dan 40 jam 1 minggu untuk 5 hari kerja dalam 1 minggu.

 

Ketentuan tersebut tidak berlaku bagi beberapa perusahaan yang memberlakukan ketentuan jam kerja kurang atau lebih dari aturan tersebut.

Peraturan tunjangan shift malam lainnya yang paling relevan adalah mengacu pada UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 pada Pasal 76. 

Pasal 76 ayat 1 mengatur mengenai pekerja perempuan di bawah umur 18 tahun dilarang bekerja pada pukul 23.00 – 07.00.

Kemudian, pengusaha yang mempekerjakan pekerja perempuan antara pukul 23.00 sampai dengan pukul 07.00 wajib memberikan makanan dan minuman serta menjaga kesusilaan dan keamanan pekerja sebagaimana diatur pada Pasal 76 ayat 3 UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003.

Meskipun demikian, perusahaan dapat mengatur jumlah waktu kerja karyawannya melalui peraturan perusahaan dengan perjanjian oleh para pekerja terkait. Selain itu, perusahaan juga wajib menyesuaikan waktu kerja shift mereka dengan aturan-aturan terkait yang telah disebutkan di atas.

 

Baca Juga: Ketentuan Long Shift Dalam Suatu Perusahaan

 

Apakah Karyawan Shift Malam Mendapatkan Tunjangan? 

Istilah shift dalam dunia kerja pada umumnya merujuk pada pergeseran jadwal kerja dari waktu normal yang dilakukan oleh beberapa karyawan lainnya. Perusahaan yang menggunakan sistem seperti ini biasanya membagi satu hari dengan tiga jenis shift (pagi, siang, malam).

Salah satu shift yang paling banyak dilakukan adalah shift malam. Artinya, seorang karyawan akan melakukan pekerjaannya yang umumnya dimulai pada jam 20.00 hingga 03.00 atau 23.00 hingga 07.00.

Tidak semua perusahaan memiliki atau mengharuskan karyawannya bekerja dalam shift malam. Hanya perusahaan atau industri tertentu yang membutuhkan pelayanan 24 jam seperti rumah sakit, customer service, petugas SPBU, dan sebagainya.

 

Contoh Tunjangan Shift Malam untuk Karyawan

Bekerja dengan shift malam pastinya memiliki risiko tersendiri. Dimulai dari masalah kesehatan hingga keamanan para pekerja. Oleh karena itu penting adanya aturan tunjangan shift malam yang dapat menjamin hak-hak karyawan yang dipekerjakan.

Peraturan tunjangan shift malam yang dapat Anda ketahui adalah dengan merujuk pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kepmenakertrans) No. 224 Tahun 2003 tentang kewajiban perusahaan yang mempekerjakan karyawan perempuan di shift malam antara pukul 23.00 – 07.00.

Terdapat beberapa pasal yang mengatur kompensasi yang harus diberikan oleh pihak perusahaan kepada para pekerjanya jika mereka melakukan shift malam sesuai dengan peraturan yang berlaku.

 

Tunjangan Makanan dan Minuman Bergizi

Terdapat beberapa poin aturan tunjangan shift malam yang mengatur tentang pemberian makanan dan minuman yang bergizi dalam Kepmenakertrans No. 224/2003 yang dapat dilihat pada Pasal 2 hingga Pasal 8.

Pekerja yang melakukan shift malam harus diberikan makanan dan minuman yang bergizi dengan peralatan yang higienis. Makanan dan minuman ini juga tidak dapat digantikan dengan uang.

Makanan dan minuman yang dapat dikatakan bergizi paling tidak harus terdapat 1.400 kalori di dalamnya dan diberikan pada waktu istirahat.

 

Tunjangan Keamanan

Selain memberikan tunjangan makanan dan minuman yang bergizi, aturan tunjangan shift malam yang ditentukan dalam Kepmenakertrans No. 224/2003 yaitu pengusaha wajib memberikan tunjangan keamanan bagi para pekerja yang melakukan shift malam.

Pengusaha wajib menyediakan petugas keamanan di tempat kerja. Selain itu pengusaha juga harus menyediakan kamar mandi yang pantas dengan penerangan yang layak serta terpisah antara pekerja laki-laki dan perempuan.

 

Baca Juga: Mengatur Shift Dengan Mudah Dengan Aplikasi Jadwal Shift

 

Tunjangan Angkutan Antar Jemput

Tunjangan angkutan antar jemput ini juga merupakan hal yang penting bagi pekerja yang melakukan kerja shift malam.

Pengusaha wajib menyediakan angkutan antar jemput bagi pekerja perempuan yang bekerja antara pukul 23.00 hingga 05.00. Pengusaha wajib menyediakan antar jemput yang dimulai dari tempat kerja ke tempat penjemputan serta sebaliknya.

Kendaraan yang digunakan tentunya harus dalam keadaan yang kayak serta terdaftar dalam perusahaan tersebut.

Dengan begitu maka pekerja yang  melakukan shift malam akan lebih terjamin keamanan serta kenyamanannya ketika memiliki aturan tunjangan shift malam.

 

payroll

 

Mengelola jadwal dan data payroll karyawan perusahaan Anda tentunya hal yang merepotkan. Oleh karena itu, LinovHR hadir untuk membantu Anda dalam mengelola data payroll termasuk penghitungan tunjangan-tunjangan karyawan Anda melalui jasa payroll outsourcing.

Jasa payroll LinovHR dikelola oleh konsultan berpengalaman yang handal di bidang penggajian. Oleh sebab itu, LinovHR juga menyediakan konsultasi bagi perusahaan seputar perpajakan, penggajian, hingga tunjangan shift malam! Yuk, ketuk tautan ini untuk informasi selengkapnya mengenai payroll services LinovHR!