value

Ketahui Apa Itu Value Diri, Jenis dan Cara Meningkatkannya

Setiap orang memiliki nilai-nilai yang sangat penting bagi dirinya. Nilai-nilai tersebut dianut, dijunjung tinggi, dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat sebutan untuk nilai-nilai itu, yaitu valueValue adalah hal penting yang harus dipahami setiap orang agar bisa meningkatkan kualitas dirinya menjadi lebih baik lagi.

Mengingat pentingnya value, Anda perlu tahu cara meningkatkannya. Caranya tak sulit, Anda dapat mengetahuinya dengan membaca artikel LinovHR di bawah ini. Selamat membaca! 

 

Apa Itu Value Diri

Apa itu value? Value adalah nilai atau kepercayaan yang dianggap penting. Sehingga, bisa dibilang bahwa value diri adalah hal-hal yang dianggap penting oleh diri seseorang, bisa berupa karakteristik atau perilaku.

Value atau nilai digunakan untuk memotivasi diri sendiri dan memandu keputusan individu. Baik itu keputusan yang dilakukan sehari-hari maupun keputusan besar dalam hidup. Jika memutuskan sesuatu berdasarkan nilai diri, maka hasil akhir yang didapat akan memuaskan karena nilai diri membuat seseorang bahagia.

Saking pentingnya nilai diri, ketika Anda terpaksa melakukan hal-hal yang berlainan dengan nilai yang ada, Anda akan merasa tidak nyaman.

Sebagai contoh, nilai diri Anda adalah kejujuran. Maka, tatkala Anda terpaksa berbohong, Anda akan merasa gelisah karena hati terus menolak.

 

Jenis-jenis Value Diri

Value diri memiliki beberapa jenis yang bisa dijelaskan sebagai berikut:

 

1. Personal Value

Personal value adalah jenis nilai yang membantu Anda lebih bahagia dengan menemukan apa yang diinginkan dalam hidup.

Selain itu, personal value juga dapat dikatakan sebagai nilai-nilai yang khusus, bersifat spesifik untuk setiap manusia. Nilai personal milik setiap orang berbeda-beda.

Contoh personal value adalah kedisiplinan, empati, pemahaman terhadap orang lain, kesabaran, dan konsistensi.

 

2. Spiritual Value

Spiritual value ada berdasarkan kepercayaan yang dianut oleh setiap individu. Nilai spiritual ini bertindak sebagai pedoman yang mengatur kehidupan manusia.

Contoh dari spiritual value adalah keimanan kepada Tuhan.

 

3. Moral Value

Moral value merupakan realisasi sifat-sifat baik yang dipercaya bisa membawa kebahagiaan. Nilai ini sebenarnya tidak perlu dipenuhi, tetapi akan menjadi nilai tambah apabila dipenuhi karena masyarakat mempercayainya.

 

Cara Meningkatkan Value Diri

Value diri yang positif perlu ditingkatkan. Bagaimana cara meningkatkannya? Ini dia ulasannya.

 

1. Berhenti Membandingkan Diri

Sebagai manusia yang tak pernah puas, membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang biasa dilakukan. Namun, membandingkan diri tidak akan membawa manfaat pada peningkatan value, sehingga lebih baik dihentikan.

Anda harus paham bahwa setiap orang memiliki value yang berbeda-beda. Dengan demikian, Anda tak perlu menengok kanan kiri kepada orang lain dan mengikutinya.

 

2. Melepas Hal yang Tidak Bisa Dikontrol

Realita yang terjadi sering kali bertentangan dengan ekspektasi. Memang, tak semua hal-hal yang Anda lakukan akan berjalan dengan baik.

Daripada membatasi diri dengan berkeluh kesah, lebih baik belajar cara mengendalikan emosi agar positif  value Anda tetap meningkat. Tidak perlu fokus pada hal-hal yang di luar jangkauan Anda, fokus saja pada hal-hal yang bisa Anda kontrol.

 

3. Melakukan Refleksi Diri

Memahami diri sendiri melalui refleksi merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan value. Lewat refleksi diri, Anda bisa memahami perasaan dan keinginan serta mengerti kekurangan diri.

Dengan demikian, Anda jadi tahu value diri apa yang perlu ditingkatkan dari diri Anda.

 

4. Memaafkan Diri Sendiri

Ketika berbuat salah, sering kali Anda merasa menyesal dan tidak memaafkan diri sendiri karenanya. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi karena setiap orang pasti pernah berbuat kesalahan.

Alih-alih melihat kesalahan sebagai sesuatu yang buruk, Anda bisa memaafkan diri sendiri dan menggunakan kesalahan sebagai bahan pembelajaran. Tentunya, ini dilakukan agar Anda bisa menjadi pribadi dengan value yang lebih baik lagi.

 

5. Melibatkan Value Dalam Keseharian

Sebisa mungkin, selalu libatkan value dalam keseharian Anda. Salah satu caranya adalah dengan membuat keputusan berdasarkan nilai diri. Selain itu, Anda juga dapat membuat goal yang didasarkan pada value.

 

Baca Juga: Pengaruh Self Acceptance dalam Karier Kita

 

Contoh Value yang Harus Kita Miliki

Betul sekali bahwa setiap orang memiliki value yang berbeda. Akan tetapi, ada nilai-nilai positif yang tentu dapat menjadi poin plus jika Anda memilikinya.

Value apa saja itu? Berikut daftarnya.

 

  • Kejujuran
  • Kedisiplinan
  • Empati
  • Rendah hati
  • Kebaikan hati
  • Apresiasi
  • Toleransi
  • Keberanian
  • Integritas
  • Kasih sayang
  • Ketulusan
  • Kedamaian
  • Tanggung jawab

 

Value adalah hal penting dalam diri yang harus disadari dan ditingkatkan agar kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Setelah membaca ulasan tentang value di atas, semoga Anda bisa memahaminya dan menjadikannya sebagai pelajaran.