dikejar deadline

10 Jurus Jitu yang Dapat Digunakan Saat Dikejar Deadline

Bagi anda yang sedang ada tuntutan pekerjaan deadline, pasti akan merasakan stress dengan segala tumpukan pekerjaan yang ada, sedangkan  waktu tersedia hanya sedikit untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap kerjakan dengan rasa tenang dan jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya. Berikut tips atau jurus jitu agar pekerjaan yang dikejar deadline dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu:

 

1. Menyusun Urutan Pekerjaan

Anda bisa melakukan penyusunan pekerjaan secara runtun menjadi beberapa bagian, gunakan jangka waktu yang cukup dalam melakukan pembagian pekerjaan. Jika anda telah mengorganisir pekerjaan secara teratur, maka anda akan lebih fokus dan lebih ringan dalam mengerjakan semuanya.

Untuk meringankan anda dalam mengorganisir pekerjaan anda saat deadline, gunakanlah 7 aplikasi manajemen waktu yang sudah kami ulas pada artikel sebelumnya.

 

2. Jangan Menunda

Jika anda memiliki kebiasaan menunda pekerjaan karena terasa berat atau susah, coba kerjakan pekerjaan yang dirasa susah di awal. Kalau ini berhasil, maka yang lain akan terasa mudah dan cepat selesai. Gunakan manajemen waktu dan kedisiplinan diri secara baik adalah kunci.

 

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup memungkinkan anda memanfaatkan waktu lebih produktif, istirahat juga membuat kestabilan untuk berpikir dapat terjaga dan semakin baik. Setelah kita istirahat pikiran akan menjadi lebih tenang dan santai. Sisipkan waktu cukup 30 menit saja disela kesibukan anda, maka rasa gelisah dan cemas yang timbul akan berkurang dengan sendirinya.

 

4. Fokus Pada Pekerjaan Sekarang

Sebisa mungkin, fokuslah pada pekerjaan anda saat ini. Jangan lakukan pekerjaan lain sebelum anda menyelesaikan pekerjaan yang anda hadapi saat ini. Hindari juga mengerjakan pekerjaan lebih dari satu dalam satu waktu (multitasking), karena hal tersebut malah akan memperlambat kinerja anda

 

Baca Juga: 8 Fakta Mengerikan dari Multitasking

 

5. Cari Tempat yang Tenang

Bekerja dengan tenang merupakan hal yang efektif untuk membantu pekerjaan cepat selesai dengan baik. Anda perlu untuk menjauhkan diri dari berbagai gangguan agar lebih fokus saat bekerja.

 

6. Minta Bantuan

Karena setiap orang memiliki keterbatasan dalam melakukan segala hal, ada baiknya jika anda meminta bantuan kepada orang lain yang mampu agar pekerjaan deadline anda cepat terselesaikan. Meminta bantuan bukan berarti anda lepas tangan, beri juga arahan dan saran bila diperlukan.

 

7. Berusaha Tenang

Seperti yang dikutip pada artikel kami yang lainnya yang berjudul Buat Harimu Selalu Menyenangkan di Tempat Kerja, Hasil penelitian menyimpulkan bahwa saat kita stres, kita tidak mampu berpikir dan menghasilkan yang terbaik. Saat itu, Otak kita mengalihkan energi mental merespon stres, yang berarti aktivitas di korteks prefrontal otak kita jatuh ke titik terendah ketika kita sedang stres.

Kendalikan perasaan panik anda terhadap pekerjaan yang sedang deadline. Hentikan pekerjaan anda yang masih menumpuk banyak sejenak, lakukan peregangan badan dan tarik nafas dalam-dalam, kemudian hembuskan perlahan. Ulangi tindakan secara berkala hingga anda merasa tenang, lalu kembalikan pikiran secara dingin.

 

8. Perkecil Bagian Detail Pekerjaan

Melihat pekerjaan yang besar membuat anda sangat mengeluh. Lakukan pekerjaan yang besar ini dengan satu demi satu, jangan melihat secara keseluruhan, tetapi lihat secara bertahap. Maka, hal itu akan mengurangi beban anda.

 

9. Asupan Makanan Bergizi

Agar tubuh tidak menjadi mudah lelah dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, makan yang bergizi sangat penting. Hindari makanan yang kurang sehat seperti junkfood.

 

10. Merencanakan Liburan Setelah Deadline Selesai

Agar menjaga tetap semangat dalam bekerja, membuat suatu rencana untuk liburan adalah hal yang menarik. Liburan merupakan alasan tepat untuk membuat tubuh menjadi segar kembali dari tubuh yang lelah. Anda dapat merencanakan liburan singkat dengan jalan-jalan di wisata terdekat, belanja di mall, melakukan piknik, dan lainnya. Tidak perlu mengeluarkan budget yang banyak hanya cukup untuk membuat anda hilang lelah.

 

Baca Juga: Banyak Cuti Meningkatkan Produktivitas

 

Jadi, bagi anda yang sedang mengalami stress deadline, anda dapat melakukan beberapa hal diatas. Lakukan dengan cara yang tepat agar anda terbebas dari tekanan dan agar pekerjaan anda terasa ringan serta dapat terselesaikan dengan baik.