menu makan siang

10 Rekomendasi Menu Makan Siang Kantor Lezat!

Makan siang merupakan salah satu hal yang mungkin selalu dinanti karyawan. Pasalnya, waktu makan siang bisa mengembalikan tenaga setelah beraktivitas dari pagi hari sampai siang hari.

Cara makan siang karyawan di kantor cukup beragam. Ada karyawan yang membawa bekal dan ada juga yang membeli makan siang di rumah makan dekat kantor. Atau ada juga yang mendapat tunjangan makan karyawan dari kantor.

Apapun itu, hal yang menarik bagi seorang karyawan adalah menu makan siang. Sejak sebelum waktu istirahat, biasanya karyawan sudah tak sabar dengan menu makan siang nantinya.

Namun mengingat karyawan membutuhkan makan siang untuk mengembalikan tenaga, menu yang akan dikonsumsi juga perlu diperhatikan. Ada baiknya jika makan siang karyawan mengandung nutrisi yang sehat, namun tetap sesuai budget.

Berikut ini artikel dari LinovHR akan menjelaskan 10 rekomendasi menu makan siang kantor yang sehat dan enak. Simak ulasannya berikut ini ya!

 

 

Makan Siang yang Ideal

Waktu yang ideal untuk makan siang adalah memiliki jeda waktu empat jam dari makan pagi setiap harinya. Contohnya, apabila Anda sarapan pada pukul 7 pagi, maka makan siang yang ideal adalah minimal pada jam 11 siang.

Sementara itu, makan pagi atau sarapan tidak disarankan dilakukan melebihi dari pukul 10 siang. Sebaiknya, sarapan dilakukan sebelum pukul 10 pagi. Hal tersebut dilakukan agar makan siang tidak lebih dari pukul dua siang.

Berikut adalah beberapa cara makan siang yang ideal, antara lain:

 

1. Menjaga Porsi Makan Tidak Berlebihan

Porsi makan siang yang dikonsumsi terlalu banyak tentunya bisa membuat perut jadi begah dan terasa berat.

Hal ini akan membuat Anda mudah mengantuk dan tidak fokus ketika bekerja setelah makan siang. Jadi, pastikan porsi makan tidak berlebihan saat istirahat di kantor.

 

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Tak hanya makan dengan porsi yang tidak berlebihan, Anda juga perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Makanan yang dimaksud mengandung nutrisi dari sayuran, buah, dan protein. Makanan mengandung lemak juga diperbolehkan, asalkan lemak yang dikandung merupakan lemak tak jenuh dalam porsi yang kecil, seperti pada alpukat.

Makanan bergizi seimbang perlu dikonsumsi oleh karyawan karena bisa menyehatkan tubuh dan memberikan energi yang tepat untuk bekerja tanpa mengantuk.

 

Baca Juga: Pentingnya Makanan Tinggi Serat untuk Karyawan di Kantor

 

3. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Hormon Bahagia

Beberapa jenis makanan dapat memicu produksi hormon serotonin atau hormon bahagia. Zat ini berperan dalam mengelola suasana hati dan membuat seseorang menjadi tampak lebih bahagia.

Zat serotonin ada pada makanan seperti buah nanas, pisang, kiwi, kacang-kacangan, tempe, dan lain sebagainya. Anda bisa memasukkan makanan tersebut dalam menu makan siang.

 

Rekomendasi Menu Makan Siang Kantoran

Berikut ini adalah rekomendasi menu makan siang kantoran yang bisa Anda nikmati, antara lain:

 

1. Nasi Uduk

nasi uduk untuk menu makan siang
Nasi Uduk Khas Jakarta

Rekomendasi makan siang yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi warga Jakarta. Nasi uduk sangat cocok untuk menemani makan siang Anda di kantor karena bisa dipadukan dengan beberapa jenis lauk, seperti tempe orek, ayam goreng, telur, tahu goreng, dan lain sebagainya.

Selain itu, nasi uduk tersaji bersamaan dengan bihun, telur dadar, dan kerupuk yang membuat cita rasanya semakin beragam.

Umumnya, Anda bisa mendapatkan nasi uduk di pinggir jalan dekat area perkantoran dengan harga sekitar Rp5 ribu-Rp35 ribu tergantung dari lauk yang dibeli. 

 

2. Gado-gado

 

menu makan siang gado-gado
gado-gado jakarta sumber gambar: wikipedia

Rekomendasi menu makan siang selanjutnya adalah gado-gado. Menu makan siang ini sangat sehat karena mengandung aneka sayur yang menyehatkan tubuh.

Namun, gado-gado bukan hanya sehat. Bumbu kacang yang menyiram sayur pada gado-gado membuat makanan ini lebih lezat. Untuk mendapatkan gado-gado, Anda bisa membelinya di harga mulai dari Rp10.000.

 

3. Bakso

bakso untuk menu makan siang di kantor
Bakso

 

Menu makan siang kantoran selanjutnya adalah bakso. Makanan ini tentunya sangat familiar dan mudah ditemukan di area perkantoran.

Makanan ini bisa menjadi rekomendasi untuk dimakan pada siang hari karena lezat dan terjangkau.

 

4. Soto

menu makan siang soto
soto sumber gambar: wikipedia

Menu makan siang karyawan kantor selanjutnya adalah soto. Makanan ini memiliki keunikannya sendiri, karena makanan ini bisa berasal dari beberapa daerah yang berbeda. Banyak daerah di Indonesia memiliki jenis sotonya tersendiri.

Contohnya soto betawi dari kota Jakarta, soto lamongan dari kota Lamongan, soto babat dari Banyuwangi, dan lain sebagainya. Soto bisa Anda dapatkan dengan harga mulai dari Rp10 ribu.

 

5. Rawon

 

menu makan siang di kantor
rawon. sumber gambar detikfood

Rekomendasi makan siang selanjutnya adalah rawon. Rawon adalah masakan asal Jawa Timur yang berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek.

Harga rata-rata dari rawon mulai dari Rp10 ribu.

 

Baca Juga: Wajibkah Perusahaan Memberikan Tunjangan Makan Kepada Karyawan?

 

Ide Bekal Makan Siang yang Sehat untuk Dibawa ke Kantor

Selain membeli makan di rumah makan sekitar kantor, Anda juga bisa membawa bekal makan siang dari rumah. Di bawah ini adalah ide bekal makan siang yang sehat dan praktis untuk dibawa ke kantor, antara lain:

 

1. Tumis Brokoli Jamur

Menu makan siang kantor Tumis Brokoli Jamur
Tumis Brokoli Jamur

Ide bekal makan siang yang pertama adalah tumis brokoli jamur. Menu makan siang ini pembuatannya sangat mudah dan tentunya menyehatkan karena berisi sayur-sayuran.

Selain itu, menu makan siang ini juga sangat cocok bagi Anda yang sedang ingin diet dengan memakan banyak sayur. Supaya mengenyangkan, Anda juga bisa mengombinasikan tumis brokoli jamur dengan nasi. 

 

2. Salad Ayam

Menu makan siang kantor salad ayam
Salad Ayam

 

Ide bekal makan siang selanjutnya adalah salad ayam. Makanan ini bisa dibuat dengan cepat dan cocok bagi Anda yang harus menyiapkan makan siang sebelum pergi ke kantor

Menu makanan ini juga cocok bagi Anda yang sedang melakukan program diet, karena makanan ini minim karbohidrat.

Selain itu, menu ini juga bisa Anda kombinasikan dengan jenis sayuran lainnya, seperti tomat, wortel, timun, dan lain sebagainya. 

 

3. Sandwich Daging

 sandwich untuk menu makan siang
Sandwich Daging

 

Menu makan siang ini sangat cocok untuk Anda yang tidak mau repot-repot untuk memasak. Hanya dengan bahan yang sederhana seperti roti lapis, daging, sayur, tomat, dan timun, Anda sudah bisa membuat sandwich daging. 

Selain itu, makanan ini sangat cocok untuk Anda yang menghindari makanan-makanan yang mengandung minyak dan lemak.

 

4. Mie Goreng Kampung

Menu makan siang kantor mie goreng kampung
Mie Goreng Kampung

Ide bekal makan siang selanjutnya adalah mie goreng kampung. Menu makan siang ini cukup sederhana dan dapat menjadi menu alternatif apabila Anda tidak memiliki waktu yang cukup lama untuk memasak.

Menu makan siang ini bisa dibuat pada pagi hari dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja. Oleh karena itu, menu makan siang ini sangat cocok bagi Anda para pekerja.

 

5. Orak-arik Tempe

 

Menu makan siang kantor orak arik tempe
Orak-arik Tempe. Sumber Gambar Cookpad

Menu yang terakhir adalah orak-arik tempe. Makanan ini sangat simpel untuk dibawa ke kantor karena pembuatannya mudah dan bisa dikombinasikan dengan lauk-pauk lainnya.

Bahkan jika tanpa lauk lain, kombinasi antara nasi dengan orak-arik tempe saja sudah bisa membuat makan siang Anda nikmat dan enak.

 

Demikianlah artikel tentang 10 rekomendasi menu makan siang kantor yang sehat dan enak. Semoga artikel dari LinovHR ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan Anda.

Terima kasih telah membaca sampai akhir!