manajemen kepegawaian

4 Masalah dalam Manajemen Kepegawaian Perusahaan

Manajemen kepegawaian adalah proses pengelolaan karyawan perusahaan mulai dari proses rekrutmen hingga melakukan hubungan kerja yang profesional. Tujuan dari kegiatan manajemen kepegawaian yaitu untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya dengan memberdayakan sumber daya manusia.

Namun terkadang, perusahaan masih belum bisa mencapai tujuan atau targetnya karena belum memaksimalkan manajemen kepegawaian.

Maka dari itu, terdapat beberapa masalah yang terjadi dalam melakukan manajemen kepegawaian perusahaan. Apa saja masalahnya?

 

1. Human Error

Salah satu masalah yang terjadi saat melakukan manajemen kepegawaian perusahaan adalah human error.

Human error bisa dikatakan sebagai kesalahan yang terjadi akibat kelalaian yang disebabkan oleh manusia. Penyebab terjadinya human error biasanya adalah kurang fokusnya dalam menyelesaikan pekerjaan. Kemampuan seorang manusia tentu saja tidak bisa disamakan dengan mesin. Pastinya manusia akan mengalami peningkatan dan penurunan kinerja.

Maka dari itu, masalah dalam mengurus manajemen kepegawaian adalah human error akibat masih menggunakan cara manual dan tidak menggunakan sistem teknologi.

performance review

 

2. Masih Melakukan Penilaian Secara Subjektif

Karena perusahaan masih menggunakan cara manual dan belum memanfaatkan Software aplikasi canggih seperti dari LinovHR, proses penilaian karyawan masih dilakukan secara subjektif atau dilakukan hanya berdasarkan pengamatan seseorang.

Padahal, penilaian karyawan akan membantu dalam meningkatkan kualitas dan juga kinerja karyawan. Maka dari itu, selain dilakukan secara subjektif, proses penilaian harus dilakukan secara objektif agar hasil lebih terukur dengan memasukkan beberapa komponen pendukung penilaian.

 

3. Kebijakan Pemerintah yang Berubah-Ubah

Terkadang saat memasuki periode baru, pemerintah akan membuat regulasi baru terkait dengan ketenagakerjaan. Seperti contoh, pemerintah melakukan perubahan di beberapa pasal dalam UU Ketenagakerjaan. Perubahan tersebut meliputi cuti karyawan, jam kerja, lembur, penggajian dan sebagainya.

Tentu saja sebagai pemilik perusahaan, Anda harus mengikuti aturan pemerintah yang berlaku.

Akibatnya, perusahaan harus merubah beberapa sistem yang berlaku untuk mentaati aturan pemerintah. Penyesuaian yang dilakukan perusahaan terkadang akan memakan waktu yang cukup lama sehingga menghambat proses kerja.

 

4. Pemberian Job Description Tidak Jelas

Job descriptions merupakan hal penting yang harus dijelaskan secara rinci dan detail kepada karyawan. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan kinerja dan produktivitas karyawan. Baik pihak karyawan dan perusahaan harus saling memahami apa saja job desc yang dimiliki untuk tiap-tiap karyawan. Namun, sayangnya tidak selalu pemberian job desc untuk setiap posisi cukup rinci dan jelas. 

Ada kalanya penetapan job desc dalam perusahaan tidak jelas bahkan terkesan memuat beban kerja yang berlebih. 

 

Baca Juga: Panduan Cara Membuat Program Kerja Karyawan

 

Mudahkan Manajemen Kepegawaian Perusahaan dengan LinovHR

Dari beberapa masalah yang telah disebutkan di atas apakah pernah atau sedang terjadi pada perusahaan Anda?

Jika iya, solusi yang tepat adalah dengan memanfaatkan Software HR dari LinovHR!

Software HR LinovHR memiliki beberapa modul yang akan mensukseskan perusahaan Anda pada saat melakukan manajemen kepegawaian. Karena karyawan merupakan salah satu aset penting dalam perusahaan, harus dilakukan pengelolaan dan manajemen yang baik.

Modul-modul yang tersedia di Software HR LinovHR memiliki keunggulan yang akan siap membantu dalam melancarkan urusan sumber daya manusia perusahaan Anda, di antaranya:

 

Menyimpan Data Karyawan dengan Aman

Perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak pastinya harus pintar dalam menyimpan seluruh data karyawan. Agar hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah, Modul Personnel Administration akan menyimpan seluruh data informasi karyawan dengan aman. 

Melalui modul ini seluruh data terkait dengan informasi karyawan akan disimpan dengan baik tanpa takut data akan hilang, bocor, atau dicuri. Selain itu, LinovHR akan menjamin bahwa seluruh data karyawan perusahaan yang disimpan tidak akan diperjual-belikan kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

Membuat Jadwal Kerja yang Efektif

Proses pembuatan jadwal kerja harus disesuaikan dengan beban dari tugas dan tanggung jawab masing-masing karyawan. Dengan begitu, untuk mempermudah dalam mengatur jadwal kerja Anda bisa memanfaatkan Modul Time Management.

 

Penilaian Karyawan yang Akurat dan Terukur

Melalui modul Performance Management, Anda akan dimudahkan saat melakukan penilaian baik untuk karyawan individu maupun penilaian divisi. Penilaian yang terukur akan berdampak pada peningkatan produktivitas, kualitas, dan kinerja karyawan. Selain itu, hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan.

 

Mengadakan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Selain penilaian, setiap karyawan juga harus ditingkatkan skill serta pengetahuan mereka. Untuk membantu dalam mengadakan pelatihan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan, gunakan modul Learning and Development dari Software HRD LinovHR. 

 

Baca Juga: Cara Membangun Positive Thinking di Lingkungan Perusahaan

 

Menghitung Gaji yang Akurat

Gaji merupakan hak seorang karyawan. Tetapi perusahaan terkadang masih melakukan kesalahan perhitungan gaji sehingga jumlah gaji yang didapatkan tidak sesuai. 

Untuk menghindari hal tersebut, Modul Payroll dari LinovHR akan menghitung jumlah gaji yang akurat sesuai dengan jam kerja serta kehadiran karyawan. Selain menghitung gaji, modul ini juga bisa untuk melakukan perhitungan pajak, BPJS, atau asuransi yang diberikan perusahaan.

Melalui beberapa modul yang disebutkan di atas, pastinya proses manajemen kepegawaian perusahaan Anda bisa dilakukan dengan mudah dan akan meningkatkan kualitas kinerja karyawan.

Setiap modul yang dimiliki oleh LinovHR sudah pasti disesuaikan dengan aturan pemerintah yang sedang berlaku. Jadi, perusahaan tidak perlu ambil repot untuk penyesuaian aturan dengan sistem perusahaan.

Itu tadi adalah beberapa masalah yang kerap kali dirasakan oleh perusahaan saat melakukan manajemen kepegawaian. Agar proses tersebut bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan efektif, segera hubungi tim LinovHR!

LinovHR.COM/Contact-us/