7 Rekomendasi KPI Reporting Software Terbaik

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

kpi reporting software
Isi Artikel

Dalam dunia bisnis saat ini, penggunaan Key Performance Indicators (KPI) menjadi penting bagi perusahaan untuk memantau dan mengukur kinerja mereka.

Sistem KPI membantu dalam mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan dalam mencapai tujuan bisnis serta memberikan wawasan yang berharga bagi pengambilan keputusan yang efektif.

Namun, melacak dan melaporkan KPI secara manual dapat menjadi tugas yang rumit dan memakan waktu. Oleh karena itu, penggunaan KPI reporting software telah menjadi solusi yang populer bagi banyak perusahaan.

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan tujuh rekomendasi KPI reporting software terbaik yang dapat membantu perusahaan Anda dalam melacak, menganalisis, dan melaporkan KPI dengan lebih efisien.

 

 

Kriteria KPI Reporting Software yang Perlu Diperhatikan

Dalam memilih KPI reporting software terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi Anda ke depannya, di antaranya:

 

1. Mudah Digunakan

Aplikasi KPI haruslah mudah digunakan, sehingga Anda dapat dengan cepat menguasai fungsionalitasnya tanpa perlu melalui proses pelatihan yang rumit.

User interface yang intuitif dan navigasi yang sederhana akan memudahkan Anda dalam mengakses dan memahami data KPI.

 

2. Sistem Terintegrasi

KPI reporting software yang baik harus dapat terintegrasi dengan sistem-sistem yang ada dalam organisasi, seperti sistem manajemen pelanggan, sistem manajemen proyek, atau sistem kehadiran.

Integrasi yang baik memungkinkan data KPI untuk diambil secara otomatis dari berbagai sumber, mengurangi kerja manual dan memastikan konsistensi data.

 

3. Memiliki Dashboard dan Pelaporan yang Jelas

Perangkat lunak KPI report yang efektif harus didukung dengan dashboard yang jelas dan ringkas. Dashboard ini dapat menampilkan gambaran singkat tentang performa KPI yang sedang dipantau, dengan visualisasi data yang mudah dipahami, seperti grafik, diagram, atau tabel.

Selain itu, software juga sebaiknya menyediakan fitur pelaporan yang dapat menghasilkan laporan yang rinci dan terstruktur.

 

4. Mendukung Kolaborasi

Software juga harus mampu mendukung kolaborasi antara pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi informasi dan hasil analisis dengan anggota tim atau stakeholder lainnya.

Dengan mempertimbangkan kriteria-kriteria ini, organisasi Anda dapat memilih KPI reporting software yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan dapat mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan data KPI.

 

Rekomendasi KPI Reporting Software Terbaik

Dalam memilih KPI reporting software tentunya Anda dan perusahaan ingin mendapatkan software yang terbaik. Berikut adalah rekomendasi KPI reporting software:

 

1. LinovHR

Aplikasi Absensi Online - LinovESS
LinovESS

 

LinovHR adalah software HRIS berbasis cloud yang menyediakan modul khusus untuk mengelola dan monitoring KPI yaitu modul Performance Management. Modul Performance Management ini memiliki banyak fitur termasuk fitur khusus untuk KPI yaitu fitur Goals & KPI.

Fitur Goals & KPI ini memungkinkan HR untuk menyusun KPI dari tingkat perusahaan sampai dengan tiap individu karyawan.

Setelah Anda menyusun KPI, nantinya karyawan bisa melaporkan progres KPI mereka secara real-time menggunakan aplikasi ESS yang dapat di install di Android atau iOS.

Di dalam fitur ini juga tersedia dashboard khusus yang memungkinkan Anda untuk memonitoring secara real-time sejah apa pencapaian KPI. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengunduh laporan KPI sesuai dengan periode waktu yang Anda inginkan.

Selain didukung dengan berbagai fitur andal, modul Performance Management LinovHR juga dapat terintegrasi dengan sistem lainnya yang digunakan perusahaan, sehingga dapat menghasilkan data yang kaya dan memudahkan penggunaan.

 

Baca Juga: Apa Saja Keunggulan KPI System dari LinovHR?

 

2. Geckoboard

Geckoboard - kpi reporting software
Geckoboard

 

Geckoboard adalah platform pelaporan visual yang memungkinkan Anda untuk membuat dan menampilkan KPI dalam bentuk dashboard yang mudah dipahami.

Dengan Geckoboard, Anda dapat mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan menyajikannya secara real-time dalam tampilan grafik atau grafis lainnya. Ini membantu tim Anda memahami kinerja dengan cepat dan mengambil keputusan yang lebih baik.

 

3. Databox

databox - kpi reporting software
Databox

 

Databox adalah platform pelaporan yang memungkinkan Anda mengumpulkan, mengintegrasikan, dan menganalisis data KPI dari berbagai sumber dalam satu tempat.

Anda dapat membuat dashboard KPI yang disesuaikan dan mengaksesnya melalui web atau aplikasi mobile. Databox juga menyediakan fitur notifikasi realtime untuk memberitahu Anda tentang perubahan penting dalam data KPI.

 

4. Mixpanel

Mixpanel
Mixpanel

 

Mixpanel adalah alat analitik berbasis cloud yang fokus pada analisis pengguna dan kegiatan mereka. Selain itu, Mixpanel juga menyediakan fitur pelaporan KPI yang kuat.

Anda dapat melacak berbagai metrik kunci, menganalisis perilaku pengguna, dan membuat laporan yang mendalam untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan mencapai tujuan bisnis.

 

5. Arena Calibrate

arena calibrate - kpi reporting software
Arena Calibrate

 

Arena Calibrate adalah solusi manajemen kinerja yang membantu perusahaan mengukur dan melacak KPI. Software ini menyediakan fitur untuk membuat dan mengelola KPI, serta melacak kemajuan secara realtime.

Anda juga dapat membuat laporan KPI yang terperinci dan berbagi hasilnya dengan tim Anda.

 

6. Zoho Analytics

zoho analytics-kpi reporting software
Zoho Analytics

 

Zoho Analytics adalah platform analitik yang menyediakan berbagai fitur pelaporan KPI. Dengan Zoho Analytics, Anda dapat mengimpor data dari berbagai sumber, membuat laporan KPI yang interaktif, dan berbagi hasilnya dengan anggota tim.

Software ini juga menawarkan kemampuan untuk menjadwalkan pengiriman laporan secara otomatis.

 

7. InetSoft

inetsoft-kpi reporting software
InetSoft

 

InetSoft adalah platform pelaporan dan analitik bisnis yang menyediakan berbagai fitur untuk mengelola KPI.

Anda dapat mengimpor data dari berbagai sumber, membuat laporan yang disesuaikan, dan menganalisis kinerja secara mendalam.

InetSoft juga menawarkan fitur visualisasi data yang kuat, sehingga memudahkan pemahaman dan interpretasi KPI.

Harap diingat bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan yang berbeda, jadi penting untuk melakukan evaluasi dan percobaan sebelum memutuskan software mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

 

Baca Juga: Contoh KPI Perusahaan Jasa dan Cara Melacaknya

 

Kesimpulan

KPI reporting software terbaik haruslah memenuhi beberapa kriteria penting, seperti mudah digunakan, memiliki sistem terintegrasi, dan memiliki dashboard untuk membaca data.

Saat ini, sudah ada banyak sekali aplikasi KPI reporting yang dikembangkan oleh berbagai vendor. Tentunya masing-masing aplikasi tersebut memiliki keunggulan masing-masing.

Namun, saat memilih software KPI reporting, penting bagi Anda untuk memilih mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Untuk itu, pastikan software menyediakan fitur yang lengkap dan membantu Anda untuk melihat data KPI secara real-time.

LinovHR dengan Performance Management bisa menjadi pilihan terbaik perusahaan Anda.

 

performance review

 

Didukung dengan fitur khusus untuk mengatur dan memonitoring KPI dan Goals, perusahaan akan sangat terbantu memastikan pencapaian KPI baik di tingkat individu, tim, departemen, sampai perusahaan.

Karyawan pun akan dimudahkan dalam melaporkan pencapaiannya secara berkala dengan adanya aplikasi ESS yang bisa di-install di smartphone mereka.

Daftarkan demo gratis LinovHR sekarang dan lihat bagaimana software ini dapat memberikan manfaat nyata bagi bisnis Anda.

Tentang Penulis

Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Benedictus Adithia
Benedictus Adithia

Seorang penulis konten SEO dengan pengalaman luas dalam menulis artikel yang dioptimalkan untuk mesin pencari. Berfokus pada strategi konten yang menarik dan informatif untuk website.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter