Rahasia HRD menilai CV

7 Rahasia Besar HRD Profesional dalam Menilai CV Calon Karyawan

Tahukah Anda bahwa HRD memiliki rahasia besar dalam menilai curriculum vitae dari calon karyawan? Anda yang akan melamar pekerjaan tentu ingin tahu rahasia ini agar bisa lolos dalam proses perekrutan karyawan. Sebelum tes wawancara, HRD tentu akan menilai dulu bagaimana diri Anda melalui syrat lamaran dan CV.

 

Baca Juga: Jangan Buat CV Seperti Ini, Kalau Tidak Mau Dicuekin HRD!

 

Lantas, apa saja rahasia-rahasia HRD tersebut? Simak informasinya berikut.

 

Curriculum Vitae yang Singkat

Hal pertama yang akan dinilai oleh HRD dari CV yang diberikan adalah singkat tidaknya CV yang dibuat. CV yang dibuat terlalu bertele-tele akan membuat HRD malas untuk membacanya. Ingatlah bahwa pekerjaan HRD sangatlah banyak. Mereka tidak mungkin akan memiliki waktu yang cukup untuk membaca CV yang panjang dan berbelit-belit. Jadi, susunlah CV yang cukup singkat namun bisa mendeskripsikan siapa Anda bagaimana karakter Anda, kemampuan anda, hingga pengalaman kerja yang Anda miliki.

 

Kerapian CV

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah kerapian CV. CV yang ditulis secara tari dan tersusun dengan baik tentu akan membuat HRD merasa nyaman saat membacanya. Coba bayangkan jika Anda menjadi staf HRD dan harus membaca ratusan CV yang panjang dan tidak rapi. Hal ini tentu akan menyulitkan HRD terutama jika CV ditulis tangan.

 

Menggunakan Alamat Email yang Baku

Hal lain yang juga sering dinilai oleh HRD adalah nama alamat email. Nama pada alamat email atau akun media sosial tentu akan menentukan bagaimana karakter orang tersebut. Mereka yang memiliki alamat email yang norak atau alay akan dinilai sebagai sosok yang juga alay. Selain itu, hal ini juga akan menyulitkan HRD dalam menuliskannya. Sebagai saran buatlah akun email yang khusus untuk kepentingan profesional, gunakan nama asli untuk alamat email agar terlihat lebih profesional.

 

Hati-hati dengan Nama Akun Medsos Anda

Hal ini juga berlaku dengan nama akun media sosial Anda. Ketika HRD meminta nama akun media sosial Anda, misalnya di facebook atau twitter mereka akan melihat-lihat bagaimana postingan-postingan Anda. Dari postingan-postingan ini bisa terlihat bagimana karakter Anda sebenarnya. Apakah Anda orang yang care, hangat, rajin, atau mungkin juga kekanak-kanakan, pendendam, dan sebagainya. Jika karakter Anda ternyata tidak sesuai dengan yang mereka inginkan, mereka bisa saja langsung menolak Anda. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

 

Pengalaman Organisasi

HRD juga akan menilai pengalaman organisasi Anda yang dicantumkan dalam CV. Pengalaman organisasi ini akan menunjukkan apakah sudah mengenal keorganisasian atau belum, apakah Anda aktif dalam berorganisasi atau tidak. Mereka yang berorganisasi memang dipercaya cenderung memiliki kematangan emosi, kreativitas, rasa loyalitas, manajemen, dan empati yang lebih tinggi dibanding mereka tidak mengikuti organisasi. Namun, seperti artikel yang di ulas pada website ITB Carrer Centre, Apabila anda terlalu aktif mengikuti banyak organisasi, sebaiknya anda tidak memasukkan semuanya, agarl lebih simpel.

 

Keterampilan atau Skill

Keterampilan atau skill yang Anda sertakan dalam CV juga akan dinilai oleh HRD. Dengan mengetahui keterampilan atau skill dari calon karyawannya, HRD bisa menilai apakah ia cocok untuk menempati posisi yang dilamar atau tidak.

 

Desain CV yang Maksimal

Terakhir, HRD akan menilai desain dari CV yang dibuat. Memang, hal ini terlihat sepele. Namun, sebagian HRD menilai bahwa mereka yang kreatif akan mendesain CV-nya secara maksimal. Tentu saja hal ini menjadi nilai plus bagi calon karyawan.

 

HRD selalu mempunyai cara untuk melihat calon karyawan yang ia ingin rekrut, salah satunya dengan melihat CV para calon karyawan. Apabila kamu sudah mengetahui rahasianya, kini giliran anda untuk membuat CV yangOutstandinghingga mereka merekrut anda!