Manajemen Kompetensi

8 Alasan Mengapa Sistem Manajemen Kompetensi Penting untuk Perusahaan

Sumber Daya Manusia (SDM) pada sebuah perusahaan adalah elemen penting sebagai penggerak operasional perusahaan. Visi dan misi perusahaan mustahil bisa tercapai jika SDM alias karyawan yang dimiliki tidak memiliki kompetensi yang memadai dan sesuai dengan strategi perusahaan tersebut.

Namun, kompetensi saja tidak cukup karena kompetensi tidak selalu sama dengan hasil kerja. Kompetensi hanyalah faktor dasar seseorang bisa menghasilkan kinerja yang baik, tetapi tidak mencerminkan hasil kinerjanya sendiri. Kompetensi ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti lingkungan kerja, kepemimpinan, insentif, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah, perusahaan memerlukan sebuah upaya untuk mendorong maksimalnya kompetensi yang dimiliki setiap karyawannya. Salah satu caranya adalah dengan melakukan sebuah manajemen kompetensi.

 

A.     Manajemen Kompetensi

Manajemen kompetensi merupakan proses membuat, mengelola, dan mengembangkan serangkaian keterampilan karyawan untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki sumber daya manusia yang memadai untuk menjalankan strategi bisnisnya.

Hal serupa diungkapkan dalam KMWorld Magazine yang menyatakan bahwa manajemen kompetensi adalah praktik lama yang digunakan perusahaan dengan semua pendekatan formal dan terorganisir untuk memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya manusia yang berbakat sesuai keperluan untuk memenuhi tujuan bisnis.

 

B.     Sistem Manajemen Kompetensi

Seiring perkembangan teknologi, proses manajemen kompetensi juga kini bisa dilakukan dengan lebih efektif melalui aplikasi yang dikenal dengan Sistem Manajemen Kompetensi. Fungsi Sistem Manajemen Kompetensi tentu sama sebagaimana manajemen kompetensi secara manual yaitu untuk mengevaluasi dan mengelola sumber daya manusia. Hanya saja karena menggunakan aplikasi atau software, maka peran ini menjadi lebih efektif dan akurat.

Banyak fitur yang disediakan oleh software sistem manajemen kompetensi. Beberapa yang paling umum adalah database kompetensi masa sebelumnya, database karyawan lengkap dengan keterampilannya, pencarian berdasarkan keterampilan, ulasan kinerja atau perilaku karyawan, dan laporan hasil kerja karyawan berdasar proyek yang mereka pegang. Fitur-fitur ini tentu akan mengalami pengembangan karena teknologi ini masih relatif baru.

 

A.Mengapa Sistem Manajemen Kompetensi Penting untuk Perusahaan?

Sebagaimana yang sudah diungkap sebelumnya, sistem manajamen kompetensi digunakan oleh perusahaan untuk membantu mempermudah tugas pengevaluasian dan pengelolaan kompetensi dari sumber daya manusia yang mereka miliki. Secara umum, ada 8 alasan mengapa Sistem Manajemen Kompetensi penting untuk perusahaan, yaitu :

 

  1. Efisiensi Pelatihan

Penggunaan sistem manajemen kompetensi akan berdampak kepada penghematan anggaran untuk pelatihan yang tidak perlu. Hal ini karena data keahlian karyawan tercatat dengan baik sehingga pelatihan yang dirasa tidak diperlukan lagi tak perlu diberikan kepada karyawan tersebut. Evaluasi dan manajemen yang dihasilkan juga akan membantu memastikan apakah pelatihan yang dilakukan efektif atau tidak.

 

  1. Memudahkan Identifikasi Kinerja

Dalam menempatkan karyawan, tentu perusahaan harus mengidentifikasi keunggulan dan kompetensi tiap karyawan. Sistem manajemen kompetensi bisa memberikan gambaran akan kompetensi karyawan tersebut untuk mengisi posisi tertentu. Selain itu, perusahaan juga bisa terbantu untuk melacak kemajuan komptensi karyawannya.

 

  1. Memberi Citra Terhadap Klien

Pencitraan tentu penting dalam dunia bisnis dan usaha. Penggunaan sistem manajemen kompetensi akan menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki keunggulan dalam upaya melakukan kinerja terbaiknya dihadapan klien.

 

  1. Keunggulan Kompetetif

Standar kompetensi yang lebih tinggi membuat daya kompetitif perusahaan lebih baik dibanding pesaingnya. Penerapan sistem manajemen kompetensi menunjukkan respon yang lebih baik terhadap permintaan pelanggan. Artinya, standar daya tawar perusahaan juga akan semakin tinggi.

 

  1. Kinerja Individual dan Organisasi yang Lebih Baik

Penerapan teknologi dalam bentuk apapun selayaknya membuat produktivitas perusahaan menjadi lebih baik karena kinerja secara individu maupun keseluruhan juga lebih baik. Begitupun dalam penggunaan sistem manajemen kompetensi, evaluasi kinerja yang dilakukan secara berkelanjutan akan menimbulkan budaya kerja yang unggul, efektif, dan efisien.

 

  1. Mempertahankan Karyawan Berkinerja Tinggi

Sistem manajemen kompetensi yang dikelola dengan baik dapat menjadi alat untuk mendata dan mempertahankan karyawan yang memiliki kinerja baik. Mereka yang berkompeten biasanya akan lebih mampu mengembangkan kemampuan diri mereka sendiri sehingga akan menguntungkan perusahaan itu sendiri.

 

Baca Juga : Manfaat Assesment Kompetensi Bagi Divisi HR

 

  1. Dukungan Perkembangan Karir Bagi Karyawan

Melalui pendataan secara spesifik bagi tiap karyawan, sistem manajamen kompetensi akan membuat karyawan memiliki arahan yang lebih jelas akan pengembangan kinerjanya. Perusahaan juga artinya memberi dukungan bagi perkembangan karir karyawannya sehingga memicu komitmen karyawan yang lebih baik.

 

  1. Meminimalisir Kesalahan Rekrutmen

Dikarenakan pembagian sumber daya manusia sudah baik, artinya perusahaan bisa melakukan proses rekrutmen dengan lebih baik juga. Penerimaan karyawan akan lebih akurat berdasarkan kebutuhan saat itu dan masa mendatang.

 

LinovHR merupakan salah satu Software Human Resource Information System (HRIS) berbasis Online yang dapat membantu perusahaan anda menerapkan siste manajemen kompetensi menjadi lebih efektif dan efisien. Dapatkan informasi lengkap mengenai Competency Management Software LinovHR di website kami.