pengertian kompetensi

Pengertian Kompetensi dan Cara Meningkatkannya di Lingkungan Kerja

Kompetensi  sering disamakan dengan kecakapan untuk melakukan sesuatu dan saling mempengaruhi semua aspek dalam organisasi tersebut. Tanpa memililki kompetensi yang baik, sebuah organisasi akan berjalan tidak lancar ketika hendak mencapai tujuannya. Berikut penjelesan mengenai pengertian kompetensi dan cara meningkatkan nya.

 

Pengertian Kompetensi

Ada banyak ahli, pendapat atau aturan tentang apa yang dimaksud mengenai kompetensi : 

 

Menurut KBBI

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kompetensi dapat diartikan sebagai kemampuan atau keterampilan.

 

Menurut UU No 13 Tahun 2003

pengertian kompetensi  adalah kemampuan seseorang mengenaI wawasan, keterampilan, sikap kerja yang sesuai dengan standar atau aturan yang tekah ditetapkan oleh perusahaan.

 

Robert A,Roe (2001)

Kompetensi merupakan sebuah gambaran kemampuan untuk melaksanakan setiap tugas atau peran nya, mulai dari kemampuan mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai pribadi, sampai kemampuan untuk membangun pengetahuan dan keterampilan yang didasarkan pada pengalaman dan pembelajaran yang dilakukan.

 

Echols dan Shadly

Secara etimlogy kompetensi berasal dari bahasa inggris “competency” yang memiliki arti kemampuan atau kecakapan.

 

Drs. Budiman Sanusi Mpsi

Menurut Drs Budiman pengertian kompetensi merupakan keseluruhan dari pengetahuan, keterampilan, perilaku, dan sikap yang diperlihatkan oleh orang-orang yang berhasil dalam mengerjakan tugas dengan hasil yang optimal.

Pada inti nya pengembangan kompetensi memerlukan peranan dari perusahaan dan karyawan. Oleh karena itu, karyawan dan dan perusahaan harus bersinergi untuk menciptakan kompetensi yang baik demi tercapainya tujuan perusahaan. 

 

Pengaruh Kompetensi di Lingkungan Kerja 

Kompetensi memiliki pengaruh yang penting dalam lingkungan kerja. Hal ini dikarenakan kompetensi berjalan beriringan dengan perkembangan suatu perusahaan. Semakin tinggi kompetensi di lingkungan kerja, semakin tinggi pula perkembangan perusahaan sehingga perusahaan lebih mudah mencapai tujuannya. Kompetensi juga membantu perusahaan untuk mengetahui sejauh apa karyawan dapat berkontribusi sesuai dengan visi misi perusahaan yang telah ditetapkan.  

 

Cara Meningkatkan Kompetensi Kerja 

Karena saling mempengaruhi satu sama lain, perusahaan harus turut serta membantu meningkatkan kompetensi karyawan di lingkungan kerja. Cara perusahaan meningkatkan kompetensi kerja karyawan di lingkungan kerja bisa dengan berbagai macam kegiatan.

Kegiatan meningkatkan kompetensi kerja oleh perusahaan harus dilakukan secara berkelanjutan agar dapat mempertahankan konsistensi kinerja, mengevaluasi kinerja yang dinilai masih kurang, dan mengembangkan kualitas kinerja jauh lebih baik, Berikut cara – cara meningkatkan kompetensi kerja karyawan

 

Pelatihan Skill Secara Professional

Program pelatihan karyawan merupakan salah satu agenda penting bagi perusahaan untuk mengembangkan dan meningkatkan kompetensi karyawan. Selain meningkatkan kompetensi masing-masing individu, program pelatihan yang dilakukan secara profesional juga dilakukan untuk meningkatkan dan mempertahankan produktivitas dan kinerja perusahaan. 

 

Job Enrichment

Job enrichment adalah memberikan job desk dan tanggung jawab yang lebih besar kepada karyawan. Penambahan job desk dan tanggung jawab bisa berupa kompleksitas system mau pun kuantitas job desk itu sendiri. Misalkan seorang seorang teknisi biasanya menangani mesin. Kemudian pihak HRD perusahaan memberikan tugas baru berupa pengelolaan mesin baru yang lebih canggih. Karyawan akan tertantang untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab baru dan tingkat kompetensi mereka pun akan meningkat.  

 

Baca Juga : 7 Jenis Pelatihan dan Pengembangan SDM Untuk Perusahaan

 

Studi Banding

Studi banding adalah kegiatan yang dilakukan untuk menambah knowledge untuk penerapan di perusahaan, dengan harapan penerapan tersebut dapat membuat kompetensi karyawan jauh lebih baik. Studi banding biasa dilakukan ke perusahaan yang bergerak dibidang sejenis atau pun kompetitor. Studi banding juga mendorong karyawan lebih inovatif dan mendapatkan ide yang jauh lebih kreatif. Dorongan pada karyawan tersebut akan meningkatkan motivasi untuk jauh lebih berkembang sejalan dengan meningkatnya kompetensi. 

 

Promosi 

Promosi Jabatan adalah pemindahan tugas karyawan  dari suatu posisi atau jabatan, ke posisi atau jabatan lain yang lebih tinggi dengan pendapatan, tunjangan. job desk, tanggung jawab, dan kesempatan lebih besar untuk mengembangkan karir. Kumpulan tugas baru secara tidak langsung membuat karyawan terdorong bekerja jauh lebih rajin. 

 

Rotasi Kerja 

Rutinitas kerja yang monoton akan membuat karyawan bosan dan menurunkan tingkat produktivitas. Penurunan tingkat produktivitas dapat menimbulkan penurunan tingkat kompetensi. Maka dari itu rotasi kerja dilakukan. Definisi rotasi kerja adalah penempatan karyawan cabang atau tempat lain dengan scope job desk dan divisi yang masih serupa dengan sebelumnya. Karyawan pun akan mempunyai rutinitas baru yang tak membosankan serta merangsang mereka bekerja efektif dan efisien. 

 

Membangun Team Work

Sebuah perusahaan terdiri dari bermacam individu dengan latar belakang yang berbeda. Walau berbeda, membangun team work akan mempermudah dan mempercepat realisasi tujuan perusahaan. SIngergi antar individu dengan masing-masing job desk dalam team work yang baik turut melahirkan solui yang lebih tepat dan cermat untuk memecahkan tantangan yang dihadapi perusahaan. 

 

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan 

Lingkungan kerja yang menyenangkan bisa melalui penataan fasilitas yang cukup dan dibutuhkan karyawan serta membangun suasana yang harmonis antar karyawan. Fasilitas yang memadahi menjadikan karyawan lebih fokus dalam bekerja. Sementara suasana yang harmonis antar karyawan dapat membuat karyawan merasa betah dan memiliki sense of belonging dalam suatu perusaan. Dua kombinasi  cara tersebut akan membuat lingkungan kerja lebih menyenangkan bagi karyawan. 

 

Lakukan Kegiatan di Luar Rutinitas

Kegiatan di luar rutinitas ini dapat berupa rekreasi maupun sekadar makan bersama. Meskipun tidak sering, kegiatan ini merupakan cara yang menarik bagi karyawan untuk merasa senang dan betah di lingkungan kerja.Ketika karyawan merasa betah dan senang bekerja di suatu perusahaan, mereka akan temotivasi untuk meningkatkan kompetensi. 

 

Baca Juga : 8 Langkah dalam Menerapkan Sistem Manajemen Kompetensi

 

Pesonal Development 

Kepribadian Personal merupakan hal yang tak dapat terpisahkan dari seorang individu. Oleh karena itu, HRD suatu perusahaan dapat membuat suatu kegiatan yang membangun kepribadian personal yang baik. Kepribadian personal yang baik menjadikan relasi antar karyawan lebih kompak. 

 

Itulah pengertian mengenai apa itu kompetensi dari berbagai pendapat yang ada dan cara – cara dalam mengembangkan kompetensi, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat mengingkatkan kompetensi anda.