annual report

Annual Report: Laporan Anti Repot untuk Perusahaan dan Masyarakat

Annual report dikenal sebagai laporan yang biasa dibuat oleh perusahaan setiap tahun. Seperti yang diketahui, setiap perusahaan umumnya membuat suatu laporan atau report untuk kepentingan tertentu. 

Setiap tahun harus dibuat, apakah laporan ini justru akan membuat perusahaan repot? Tidak begitu, laporan ini berperan penuh dalam memperlancar proses bisnis perusahaan kedepannya. Penasaran dengan apa itu annual report dan kenapa ini menjadi begitu penting?

 

Pengertian Annual Report

Annual report adalah sebuah laporan yang menjelaskan perkembangan dan pencapaian sebuah perusahaan atau organisasi dalam satu tahun. Setiap tahunnya, perusahaan akan membuat annual report dan menerbitkan nya untuk dibaca masyarakat umum maupun stakeholder untuk mengabarkan perkembangan dan pencapaian perusahaan dalam satu tahun. Dalam laporan tersebut terdapat data dan informasi valid mengenai perkembangan dan perusahaan dalam bentuk infografis dan visualisasi yang menarik sehingga mudah dibaca dan dipahami oleh orang lain. 

 

Sebelum internet marak di Indonesia, perusahaan umumnya memuat annual report dalam kertas. Namun, seiring perkembangan teknologi, perusahaan kini memuat report mereka dalam masing-masing website perusahaan agar lebih mudah diakses dan diunduh oleh masyarakat umum. Salah satu contoh perusahaan yang mengunggah annual report dalam website perusahaan mereka adalah PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk yang mengelola bank ternama di Indonesia, yaitu BRI

 

Baca Juga: Branding Efektif dan Manfaatnya untuk Perusahaan

 

Komponen Annual Report

Pembuatan annual report yang rutin setiap bulannya memerlukan komponen penting guna memberikan gambaran atau proyeksi tentang kondisi keuangan, keunggulan, hingga rencana di periode perusahaan yang akan datang. Inilah komponen wajib yang perlu dimuat:

  1. Surat kepada stakeholder atau pemegang saham.
  2. Perkembangan keuangan dan kondisi keuangan perusahaan dari tahun ke tahun
  3. Analisis dan pembahasan manajemen
  4. Catatan manajemen dan laporan keuangan
  5. Catatan kontrol internal perusahaan
  6. Pernyataan auditor mengenai keuangan perusahaan
  7. Laporan keuangan

Laporan keuangan yang terkandung dalam report juga mempunyai berbagai komponen wajib yang harus diperhatikan lebih saat penyusunannya. Apa saja komponen lainnya? 

  1. Neraca 
  2. Laporan laba rugi
  3. Ekuitas pemegang saham
  4. Arus kas perusahaan
  5. Catatan tentang laporan keuangan
  6. List nama direktur dan komisaris perusahaan

 

Tujuan Annual Report

Pembuatan laporan ini oleh perusahaan setiap tahun nya bukan tanpa tujuan. Selain bertujuan untuk memberitahu mengenai pencapaian dan perkembangan perusahaan dalam setahun, terdapat beberapa tujuan lain dari pembuatan laporan ini. Berikut tujuan utama mengapa perusahaan perlu membuat laporan/report ini: 

  1. Mengabarkan pencapaian dan perkembangan perusahaan dalam setahun
  2. Wadah pemasaran kreatif melalui pernyataan bahwa perusahaan berkembang dalam kondisi ‘sehat’
  3. Menciptakan daya tarik perusahaan di depan publik
  4. Sarana menjelaskan keuangan perusahaan dengan terperinci
  5. Mengundang investor untuk berinvestasi

 

Tahapan Penyusunan

Membuat annual report bukanlah hal yang mudah bagi perusahaan .Diperlukan konsentrasi dan kejelian yang penuh dalam mengolah dan memasukkan data dan informasi dalam laporan. Untuk menyusun annual report yang baik dan benar, diperlukan beberapa tahapan runtun yang harus dilalui perusahaan. 

  1. Menetapkan sasaran dari report, apakah report tersebut akan ditujukan kepada masyarakat luas berupa calon investor, analisis keuangan, internal perusahaan, bahkan media massa 
  2. Menentukan tema report dalam periode yang bersangkutan
  3. Menentukan dan memasukkan data dan informasi yang penting dan relevan dalam periode bisnis perusahaan sesuai sasaran
  4. Merancang report dengan menarik dan mudah dipahami melalui narasi yang baik dan infografis untuk menyajikan data 
  5. Menyusun surat kepada pemegang saham, perkembangan manajemen dan operasional perusahaan, keuangan perusahaan, serta  informasi seputar karyawan
  6. Menuliskan komentar pemimpin perusahaan untuk menunjukkan pertanggungjawaban dan komitmen besar perusahaan dalam membina bisnis perusahaan

 

Syarat Annual Report

Nah, setelah mengetahui pengertian dari annual report, selanjutnya mari mencari tahu syarat pembuatan laporan atau report yang baik. Secara umum, report/laporan dapat dikatakan baik jika memenuhi beberapa persyaratan, antara lain: 

1. Dapat dipahami

Sebuah report harus dapat dipahami dengan mudah baik dari penyajian data dan informasinya. Untuk lebih mudah dipahami, sebaiknya perusahaan menggunakan penyajian data dan informasi menggunakan infografis dan visualisasi penuh warna yang menarik

 

2. Relevan

Informasi dan data perusahaan yang dimuat dalam laporan wajib sesuai dengan waktu atau periode pembuatan annual report serta bisa digunakan sebagai sarana pengambilan keputusan. 

 

3. Keandalan

Kesalahan penulisan informasi dan data perusahaan dalam report adalah hal yang wajib dihindari. Oleh karena itu, pembuatan report membutuhkan crosscheck yang mendalam mengenai informasi dan data-data yang dimasukkan ke dalamnya. 

 

4. Dapat dibandingkan

Selain harus disajikan dengan tampilan yang mudah dipahami, annual report dapat dijadikan tolak ukur perbandingan dengan report dari periode sebelumnya. 

 

Manfaat Annual Report bagi Perusahaan

  1. Sebagai dokumen yang berisi informasi mengenai kinerja perusahaan dan laba rugi dalam satu tahun.
  2. Memberikan informasi terkait pencapaian dan perkembangan perusahaan
  3. Meningkatkan daya tarik perusahaan di depan konsumen
  4. Sarana pemasaran dalam bentuk tertulis
  5. Acuan dalam memutuskan keputusan strategis perusahaan
  6. Bahan evaluasi perusahaan untuk mengembangkan bisnis perusahaan lebih baik di periode berikutnya

 

Baca Juga: Kepentingan Segmentasi Pasar dalam Perusahaan?

 

Manfaat Annual Report bagi Masyarakat Luar Perusahaan

Dalam praktiknya, publikasi laporan tidak hanya dilakukan dalam perusahaan. Perusahaan juga akan melempar laporan mereka kepada masyarakat agar masyarakat sebagai bukti bahwa perusahaan berjalan sehat dan terkontrol dengan baik. Karena kepentingannya bukan hanya untuk internal perusahaan, report juga memiliki manfaat bagi masyarakat luar perusahaan. 

  1. Sebagai informasi penting bagi investor atau stakeholder yang memiliki kepentingan dengan perusahaan 
  2. Alat pengambilan keputusan untuk masyarakat yang ingin membeli saham perusahaan 
  3. Bahan acuan investor baru yang akan berinvestasi pada perusahaan tersebut untuk dapat mengetahui keadaan perusahaan
  4. Masyarakat yang membutuhkan informasi mampu memahami dan mempelajari tata kelola, manajemen risiko, dan etika bisnis perusahaan 

 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa annual report berperan ganda dalam mengkomunikasikan kondisi perusahaan baik dari sisi internal dan eksternal perusahaan.  Report dapat menjadi acuan yang tepat bagi perusahaan dalam menjalankan keputusan bisnis di periode bisnis yang akan datang maupun meyakinkan masyarakat luar perusahaan untuk mengenali dan berinvestasi dalam perusahaan demi keuntungan yang menjanjikan.  

Sekian penjelasan LinovHR mengenai annual report. Semoga dapat berguna dan menambah wawasan bagi masyarakat umum maupun masyarakat yang berencana berinvestasi dalam suatu perusahaan!