branding

Branding : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya untuk Perusahaan

Branding tampaknya menjadi istilah yang tak asing lagi bagi masyarakat, khususnya masyarakat ibukota yang sering mengakses internet. Namun, istilah tersebut akan cukup signifikan jika memasuki ranah perusahaan. Mari Kenali branding dalam perusahaan lebih dalam!

 

Apa itu Branding?

Sebelum mengenal pengertian dari branding, sebaiknya mari kenali terlebih dahulu arti dari suatu brand. Dikutip dari thebrandingjournal.com, brand dapat diartikan sebagai desain, simbol, fitur, istilah yang mengacu dan terkait dengan perusahaan atau organisasi tertentu.  Nah, berdasarkan pengertian terhadap brand tersebut,  branding adalah metode atau usaha perusahaan memberikan produk dan jasa kepada konsumen dengan kekuatan brand yang mereka miliki. 

Contohnya, jika kita melihat papan billboard perusahaan air mineral ternama, pasti mereka memiliki slogan atau desain simbol tertentu yang langsung mengingatkan konsumen tentang produk air minum yang dimaksud. Demikian pula dengan iklan obat batuk anak-anak yang menggunakan istilah tertentu untuk meningkatkan citra mereka di hadapan konsumen. Jadi, branding perusahaan berhubungan erat dengan citra perusahaan di mata publik. 

 

Jenis Branding

Jenis-jenis nya cukup luas dan tergantung bagaimana pihak yang melakukannya. Jika digolongkan dengan subjek yang melakukan, berikut jenis-jenis yang ada: 

 

Product Branding

Product branding merupakan pendorong konsumen untuk memilih produk miliknya di atas produk-produk pesaing lain. hal ini berhubungan erat dengan produk atau jasa suatu perusahaan. 

 

Personal Branding

Personal branding populer di kalangan publik figur misalnya politisi, selebriti, musisi, tokoh media dan lain sebagainya. ini sangat penting bagi publik figur agar mampu menarik perhatian masyarakat ketika publik figur tersebut sedang mengisi suatu acara atau sedang mengkampanyekan opini tertentu.

 

Baca Juga: Brand Ambassador dan Manfaat untuk Perusahaan

 

Geographic Branding

Geographic branding atau regional memiliki sasaran untuk menampilkan tinjauan dari produk atau jasa berdasarkan lokasi tertentu. Contohnya berdasarkan negara, kota, atau benua. 

 

Cultural Branding

Cultural branding adalah pengembangan kultur mengenai lingkungan dan orang-orang dari suatu wilayah dengan kekentalan kultur yang berbeda. 

 

Corporate Branding

Corporate branding perkembangannya sangat penting dalam reputasi perusahaan di tengah pasar. Cakupannya sendiri diawali dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada masyarakat.

 

Tujuan Branding Perusahaan

Sesuai penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa, branding terhadap perusahaan sangatlah penting dan berkaitan langsung dengan citra perusahaan. Adapun tujuan perusahaan melakukan nya adalah sebagai berikut: 

  1. Sebagai pembeda di antara kompetitor
  2. Sarana promosi
  3. Menarik konsumen
  4. Pengendalian pasar
  5. Jaminan kualitas produk

 

Elemen Branding Perusahaan

Dalam melakukan branding, perusahaan membutuhkan beberapa elemen khusus bila ingin branding perusahaannya berjalan efektif. 

  1. Nama produk perusahaan
  2. Desain logo
  3. Tampilan fisik produk
  4. Maskot, brand ambassador, atau co-founder dari perusahaan
  5. Theme song produk
  6. Slogan dan tagline produk 

 

Manfaat Branding untuk Perusahaan

Ketika perusahaan menerapkan branding yang tepat, maka perusahaan akan menikmati beberapa manfaat. Manfaat dari penerapan branding dalam perusahaan antara lain: 

 

Meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand 

Alasan yang paling penting dari branding untuk perusahaan adalah meningkatkan awareness atas hadirnya produk dari perusahaan di pasaran. Saat awareness masyarakat terhadap suatu produk atau jasa dari perusahaan meningkat, maka perusahaan tidak perlu khawatir dengan kemungkinan produk mereka akan tenggelam dari persaingan kompetitor. 

Salah satu elemen yang paling penting dari branding adalah logo. Logo adalah wajah pertama perusahaan yang dilihat masyarakat. Penting bagi perusahaan untuk membuat logo yang kuat dan mudah diingat sehingga dapat memberikan kesan pertama yang positif kepada masyarakat.

 

Baca Juga: Cara Mengatasi Miskomunikasi dari HR

 

Menambah nilai bisnis

Branding menjadi penting bagi perusahaan guna menambah dan memperluas  nilai bisnis di masa depan. Bagi perusahaan dengan produk yang sudah matang di pasar, branding dapat meningkatkan nilai komersial produk itu sendiri.  Hal ini akan mempermudah bagi perusahaan untuk dilirik oleh investor karena memiliki tempat yang baik di pasar.

 

Menarik konsumen baru

Ketika sebuah perusahaan memiliki branding yang kuat, berarti bahwa mereka akan memiliki kesan positif kepada konsumen dan lebih mudah diingat dibandingkan kompetitor. Daya tarik yang kuat ini akan membuat konsumen baru untuk mencoba produk perusahaan karena merasa nyaman dan aman untuk menggunakan produk perusahaan pertama kali.  

 

Mempertahankan konsumen setia

Jika konsumen telah membeli produk dan merasakan manfaat yang signifikan dari produk, konsumen akan bertahan menjadi konsumen setia produk yang lama mereka gunakan. Perusahaan pun sukses mempertahankan konsumen setia. Namun, jangan lupakan tandingan dari pihak kompetitor. Bisa saja konsumen akhirnya memilih kompetitor karena branding kompetitor yang lebih lihai. 

Di sini adalah peranan branding perusahaan dalam mempertahankan konsumen setia. Dengan branding yang kuat dan efektif, konsumen lama akan bertahan dengan produk yang telah mereka gunakan sejak lama.  

 

Membuat Kenyamanan Kerja Pegawai

Branding perusahaan secara tidak langsung akan membuat kenyamanan kerja pegawai semakin besar. Kok bisa? Bayangkan jika kita bekerja di sebuah perusahaan dengan branding yang luas sehingga membuat perusahaan semakin besar. Tentunya pegawai akan merasa bangga nyaman untuk melakukan pekerjaan  dalam perusahaan. Dengan demikian, ketika branding perusahaan kuat, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mempertahankan pegawai terbaik untuk betah bekerja dalam perusahaan.

 

Membentuk kepercayaan dalam industri

Dengan memiliki branding yang kuat, perusahaan akan terlihat profesional dan dengan strategi yang baik. Efek ini akan membantu perusahaan membangun kepercayaan dengan konsumen setia maupun konsumen baru. Perusahaan juga lebih mudah dilirik oleh client atau investor lain untuk mengadakan kerjasama. 

 

Membantu periklanan

Ketika branding sudah kuat, perusahaan akan lebih mudah mempromosikan produk yang mereka tawarkan karena kepercayaan masyarakat terhadapnya. Selain itu, pesan dan nilai yang ingin disampaikan perusahaan gampang terserap oleh masyarakat  sehingga lebih mudah bagi masyarakat untuk memutuskan produk yang ingin mereka gunakan. 

 

Nah, sudah mengerti bagaimana pengaruh branding terhadap perusahaan? Sudahkah perusahaan Anda melakukan branding yang efektif di mata publik? Semoga informasi ini dapat berguna bagi perusahaan Anda kedepannya!