haki

Apa itu HAKI? Cari Tahu Lebih dalam Tentang HAKI di Perusahaan!

Perusahaan yang menjalankan bisnis baik itu perusahaan manufaktur atau jasa harus memperhatikan hak kekayaan intelektual. Jangan sampai kamu dirugikan atau merugikan orang lain. Hak kekayaan intelektual atau yang biasa disingkat dengan HAKI merupakan hal yang sangat penting dan serius bahkan negara ikut melindungi HAKI. Segala urusan terkait hak cipta berada di bawah Ditjen HAKI, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan diatur dalam UU Hak Cipta Republik Indonesia yaitu pada UU Nomor 28 Tahun 2014.

Apa itu HAKI? 

Pengertian hak kekayaan intelektual yaitu hak yang berasal dari kegiatan intelektual manusia dimana kegiatan itu mempunyai nilai ekonomi. Hak kekayaan intelektual termasuk hak eksklusif karena hak ini hanya diberikan kepada orang atau sekelompok orang yang telah menciptakan karya. Hak kekayaan intelektual membuat orang lain tidak bisa memanfaatkan karya orang lain tanpa mendapat izin dari orang yang menciptakan karya. Dari pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa objek dari HAKI adalah karya yang merupakan hasil dari pikiran dan kemampuan intelektual manusia.

Fungsi Hak Kekayaan Intelektual

Pembuatan inovasi dalam penciptaan hak cipta tidaklah mudah. Butuh waktu yang lama, pemikiran, dan usaha keras agar terciptanya suatu produk atau gagasan yang unik. HAKI sangat dilindungi oleh negara karena memiliki banyak manfaat untuk perusahaan maupun individu. Berikut ini fungsi dari HAKI.

  1. Melindungi hasil karya dan pencipta serta nilai ekonomis yang ada dalam ciptaan
  2. Mencegah adanya pelanggaran HAKI orang lain
  3. Menciptakan pasar yang kompetitif sehingga segmentasi pasar semakin luas.

Prinsip Hak Kekayaan Intelektual

Dalam hak hak kekayaan intelektual terbagi menjadi 3 prinsip yang menjadi ciri khas dari penciptaan itu sendiri. Prinsip-prinsipnya antara lain: 

Prinsip Ekonomi

Hak kekayaan intelektual memiliki prinsip ekonomi yaitu hak yang diperoleh karena adanya kegiatan kreatif dari pikiran manusia yang memiliki manfaat dan nilai ekonomi. Oleh sebab itu HAKI memiliki dapat mendatangkan keuntungan.

 

Baca Juga: 10 Prinsip Ekonomi dalam Masyarakat yang wajib Diketahui

 

Prinsip Keadilan

HAKI memiliki prinsip keadilan karena mempunyai wewenang untuk melindungi hak pencipta atas karyanya sehingga memiliki kekuasaan terhadap penggunaan karyanya. Orang lain tidak akan bisa memanfaatkan karya secara ekonomi tanpa izin pencipta.

Prinsip Sosial

HAKI memiliki prinsip sosial karena mengatur kepentingan manusia dan hubungan antar manusia. HAKI mampu memberikan perlindungan untuk menciptakan keseimbangan antara individu dan masyarakat umum. 

Jenis Hak Kekayaan Intelektual

Ada beberapa jenis hak kekayaan intelektual yang biasa muncul di dunia bisnis, antara lain: 

Hak Cipta

Hak cipta adalah hak yang diberikan kepada pencipta untuk mengumumkan dan memperbanyak karya ciptaannya. Karya ciptaan yang dilindungi oleh HAKI adalah karya dalam bidang sastra, seni dan ilmu pengetahuan. 

Hak Kekayaan Industri

Hak kekayaan industri adalah hak yang mengatur segala sesuatu milik dalam lingkungan industri berikut perlindungannya. Perusahaan wajib mendaftarkan produk mereka untuk melindungi perusahaan dari plagiarisme. Dengan demikian kompetitor atau pihak tak bertanggung jawab lain tidak mudah untuk menipu atau mencuri desain produk perusahaan.  

Paten

Hak paten merupakan hak eksklusif yang diberikan negara kepada orang atau sekelompok orang yang telah menemukan suatu penemuan baru di dalam bidang teknologi. Penemuan yang dimaksud adalah suatu kegiatan untuk memecahkan masalah tertentu dengan sebuah teknologi. Contoh hak paten adalah penemuan mengenai hasil produksi. 

Merek 

Merek adalah sebuah tanda berupa gambar dan nama yang terdiri dari kata, huruf dan angka yang disusun dalam sebuah kombinasi untuk menjadikan suatu pembeda yang akan digunakan dalam kegiatan perdagangan produk atau jasa. Ada beberapa klasifikasi merek dalam dunia bisnis yaitu merek dagang, merek jasa, merek kolektif dan hak atas merek.

  1. Merek dagang merupakan merek yang digunakan oleh suatu perusahaan atau perorangan pada barang yang dijual untuk menjadi pembeda dari barang-barang sejenis yang ada di pasaran. 
  2. Merek jasa adalah merek yang digunakan oleh orang, sekelompok orang atau perusahaan untuk menjual jasa atau layanannya. Sama seperti merek dagang, merek jasa juga menjadi pembeda antara jasa lainnya yang sejenis di pasaran.
  3. Merek kolektif merupakan merek yang digunakan pada produk atau jasa yang memiliki karakteristik yang sama dan diperdagangkan oleh badan hukum atau orang secara bersama-sama. 
  4. Hak atas merek merupakan yang diberikan negara secara eksklusif kepada pemilik merek yang terdaftar dalam kurun waktu tertentu untuk menggunakan sendiri merek tersebut. Selain itu, pada hak atas merek, pemilik merek boleh memberikan izin kepada orang lain atau sekelompok orang untuk menggunakan merek tersebut secara bersama-sama. 

Desain Industri

Desain industri merupakan suatu karya mengenai bentuk, komposisi warna dan garis yang dipadukan menjadi satu untuk memberikan kesan estetis pada suatu barang. Dengan kata lain, desain industri merupakan desain produk dan kemasan produk.

Rahasia Dagang

Sesuai namanya, rahasia dagang berarti bersifat rahasia atau tidak untuk konsumsi publik. Rahasia dagang merupakan informasi terkait teknologi atau bisnis yang memiliki nilai ekonomi dan tidak perlu diketahui oleh masyarakat umum. Oleh sebab itu rahasia dagang selalu dijaga kerahasiaannya oleh pemilik.

Design Tata Letak Sirkuit Terpadu

Sirkuit terpadu merupakan suatu produk jadi atau setengah jadi yang di dalamnya tersusun oleh berbagai elemen. Elemen-elemen pembentuk tersebut saling terintegrasi, berkaitan dan dibentuk secara terpadu ke dalam sebuah bahan semikonduktor sehingga menghasilkan fungsi elektronik. Desain tata letak sirkuit terpadu biasanya digunakan pada alat-alat elektronik seperti TV, Remote AC dan sebagainya.

 

Baca Juga: Manfaat Desain Produk untuk Peningkatan Bisnis

 

Indikasi Geografis

Indikasi geografis merupakan HAKI untuk melindungi suatu produk atau jasa yang menunjukkan daerah asal suatu barang atau jasa. Kombinasi alam, manusia dan kebiasaan manusia akan menghasilkan produk tertentu. Contoh dari indikasi geografis adalah makanan khas suatu negara.

Ruang Lingkup Hak Kekayaan Intelektual

Perlindungan terhadap hak cipta mencakup ruang lingkup tertentu. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai ruang lingkup dalam hak kekayaan. 

Hak Ekonomi

Hak ekonomi berhubungan dengan dampak ekonomis untuk perusahaan, yaitu: 

  1. Hak pengadaan
  2. Hak adaptasi seperti terjemahan, aransemen, musik, judul lagu, judul film dan sebagainya
  3. Hak distribusi seperti penjualan dan penyewaan
  4. Hak pertunjukan seperti musikus, dan dramawan
  5. Hak penyiaran
  6. Hak pinjam masyarakat misalnya hak pinjam di perpustakaan

Hak Cipta Atas Ciptaan

Selain hak ekonomi, ruang lingkup lainnya adalah hak atas ciptaan yang merujuk kepada subjek dari ciptaan itu sendiri. Ciptaan yang dimaksud adalah: 

  1. Program komputer atau software
  2. Sinematografi, database, fotografi dan karya hasil dari alih wujud
  3. Buku, karya tulis yang diterbitkan
  4. Pidato dan ceramah
  5. Alat peraga yang dibuat untuk pendidikan

 

Bagi perusahaan, HAKI amatlah penting. Dengan perlindungan dan hak yang kuat terhadap produk ciptaan dari perusahaan tersebut, kemungkinan kecurangan dari pihak kompetitor untuk memanipulasi produk semakin kecil. Maka, menjadi suatu kewajiban bagi perusahaan untuk mendaftarkan produk mereka ke Ditjen HAKI sebelum diklaim oleh pihak tak bertanggung jawab.