software database

Software Database Karyawan Perusahaan untuk Penggajian

Penggajian adalah tahapan yang pasti dilalui oleh semua perusahaan. Hal itu menyangkut kewajiban perusahaan sebagai pemberi kerja untuk membayarkan upah karyawan yang pantas. Proses penggajian melibatkan data karyawan. Jumlah karyawan yang sangat banyak akan menyulitkan perusahaan dalam mengelola data dan informasi untuk penggajian. Untuk itulah perusahaan membutuhkan software database karyawan perusahaan untuk mempermudah kelola data dan informasi karyawan dalam proses penggajian. 

 

Mengapa Database Penggajian Karyawan Penting? 

Komponen gaji setiap karyawan pasti berbeda-beda. Perbedaan tersebut terkadang membuat divisi Human Resource dan Finance dalam perusahaan merasa kesulitan untuk menyimpan dan mengelola komponen gaji serta informasi pribadi karyawan. Tak jarang ada saja human error yang dilakukan staff seperti salah memilih dan menginput komponen gaji, sehingga perhitungan dan gaji yang diterima karyawan menjadi tidak akurat. Karyawan yang menerima gaji tidak sesuai akan merasa kecewa dan merasa perusahaan tidak cakap dalam melakukan operasional dan mengelola karyawan. 

 

Baca Juga: Implementasi SOP Perusahaan Menggunakan HRIS

 

Komponen gaji bersifat konfidensial atau rahasia. Masalah keamanan data belakangan ini mulai merebak seiring penggunaan teknologi yang serba praktis. Manipulasi dan pencurian data karyawan adalah risiko lain yang harus dihadapi perusahan. HRD dan perusahaan wajib menjaga keamanan informasi dan data karyawan serta memastikan bahwa komponen gaji karyawan tersimpan dalam database yang dijamin aman dari tangan tak bertanggung jawab. 

Karena faktor keamanan dan kemudahan dalam mengintegrasikan data, itulah mengapa perusahaan harus menggunakan database penggajian karyawan yang mampu menyimpan data dan informasi karyawan termasuk komponen gaji dengan aman. Perusahaan yang menggunakan software database karyawan terbaik akan lebih mudah dalam mengelola informasi dan data karyawan, sehingga proses penggajian bulanan berjalan dengan lancar.

 

Komponen Gaji Karyawan

Gaji tidak akan lepas dari komponen gaji karyawan. Semua komponen gaji karyawan bersifat konfidensial dan disimpan pada software database karyawan perusahaan yang aman. Penentuan komponen gaji di Indonesia berdasarkan PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Setiap karyawan akan menerima gaji yang berbeda karena tanggung jawab, jabatan, dan komponen gajinya pun berbeda pula. Di bawah ini adalah komponen gaji karyawan: 

 

Gaji Pokok

Gaji pokok merupakan upah dasar yang diterima karyawan dan mengacu kepada peraturan Upah Minimum Regional (UMR). Penetapan gaji pokok disesuaikan dengan tanggung jawab dan posisi karyawan. Skill atau kemampuan dan pengalaman karyawan yang mumpuni akan membuat karyawan menerima gaji lebih besar daripada karyawan yang baru saja lulus dan belum memiliki pengalaman kerja atau biasa disebut fresh graduate. Tanggung jawab dan job desc juga bermain peran yang besar dalam gaji. Semakin banyak tanggung jawab dan job desc karyawan, besar pula gaji yang diperoleh karyawan. 

 

Tunjangan

Pelengkap gaji atau yang lebih familiar disebut tunjangan berfungsi sebagai intensif. Pemberian tunjangan bertujuan untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan. Umumnya ada 2 jenis tunjangan, antara lain: 

 

1. Tunjangan tetap 

Pemberian tunjangan tetap akan diberikan setiap bulan bersama dengan gaji. Contoh tunjangan tetap adalah tunjangan transport dan tunjangan makan. 

 

2. Tunjangan tidak tetap.  

Perusahaan memberikan tunjangan tidak tetap dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kehadiran dan keuntungan perusahaan. Contoh tunjangan tidak tetap adalah tunjangan kehadiran, dimana jika karyawan tidak hadir beberapa kali di kantor, maka perusahaan tidak akan memberikan tunjangan kehadiran full.  

 

3. Lembur

Pekerjaan karyawan untuk mendukung operasional perusahaan diluar 8 jam sehari atau 40 jam seminggu serta bekerja di hari libur nasional termasuk dalam lembur. Perusahaan wajib memberikan upah lembur diluar gaji pokok. Pemberian upah lembur diberikan bersamaan dengan penggajian bulanan.  

 

Baca Juga: Cara Membuat Surat Perintah Lembur Beserta Contohnya

 

4. Potongan 

Seorang karyawan adalah Wajib Pajak yang wajib menyetorkan pajak penghasilan berupa PPh21 kepada negara tiap bulannya. Pajak tersebut dipotong dari gaji bulanan.  Pemberlakukan PPh21 dipengaruhi status pernikahan karyawan dan jumlah tanggungan yang dimiliki karyawan. status pernikahan jumlah tanggungan yang dimiliki karyawan.

Potongan lain dari gaji adalah iuran BPJS Ketenagakerjaan. Fungsi BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai pelindung dan jaminan untuk karyawan. Perusahaan wajib mendaftarkan semua karyawan dalam perusahaannya dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Iuran untuk BPJS Ketenagakerjaan 5,7% per bulan dari gaji karyawan, dengan komposisi 2% dari karyawan dan 3,7% dari perusahaan. 

 

Baca Juga : Manfaat Sistem Absensi Online untuk Perusahaan

 

Memilih Software Database Karyawan Perusahaan

Ada banyak vendor penyedia software database karyawan perusahaan di luar sana. Namun, mana yang paling bagus untuk perusahaan? Memilih software database karyawan terbaik yang paling cocok dengan perusahaan tidaklah mudah. Perusahaan harus selektif dan memilahnya dengan seksama. Pastikan terlebih dahulu bagaimana kebutuhan internal kemudian bandingkan dengan fitur yang ditawarkan software database karyawan. Tahapan ini berguna agar perusahaan mendapatkan software database karyawan perusahaan yang paling sesuai dengan proses bisnis dan kondisi internal. 

Software database karyawan terbaik adalah software yang memiliki integrasi sistem yang baik untuk proses penggajian. Data dan informasi yang tersimpan dilindungi melalui keamanan dengan verifikasi berlapis, sehingga hanya orang berkepentingan dalam perusahaan yang dapat mengaksesnya. Pelayanan vendor pun tidak bisa diabaikan begitu saja. Perusahaan sebaiknya memilih vendor dengan layanan yang siap dan sigap dalam membantu perusahaan saat perusahaan butuh bantuan dalam penggunaan software

 

LinovHR: Software Database Karyawan Terbaik untuk Perusahaan

Karyawan adalah sumber daya yang berharga dalam perusahaan. Tanpa karyawan, perusahaan tidak dapat menjalankan operasionalnya dengan maksimal dan menghasilkan produk berkualitas. Maka perusahaan harus mengelola karyawan dengan baik dan benar.  LinovHR adalah vendor yang terpercaya dan berpengalaman dalam membantu berbagai perusahaan dalam menyediakan software database penggajian untuk penggajian.  

Berbagai fitur tersedia dalam dari software database karyawan perusahaan LinovHR yang akan mempermudah pengelolaan sumber daya manusia khususnya penggajian. Sistem bekerja dengan sistematis dalam menjamin keamanan data tersebut. Jika data dan informasi dibutuhkan, software dapat langsung menampilkan data dan informasi tanpa perlu menunggu lama. Jadi perusahaan dapat fokus kepada langkah strategis lain yang perlu dilakukan tanpa perlu khawatir mengenai masalah administratif dan risiko pencurian data. Segera hubungi LinovHR untuk keterangan lebih lanjut dan coba gratis software LinovHR sekarang juga!