Mengenal Mock Location: Cara Terbaru untuk Kelabui Lokasi

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Mock location
Isi Artikel

Ada banyak aplikasi yang tidak dapat diakses jika Anda tidak berada di lokasi tertentu. Aplikasi berbasis lokasi tersebut hanya bisa diakses pada lokasi-lokasi spesifik saja.

Ternyata, ada rahasia agar aplikasi berbasis lokasi bisa diakses meskipun kita tidak berada di lokasi yang diminta. Rahasia tersebut adalah mock location atau lokasi tiruan yang merupakan fitur bawaan dari Android. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah lokasinya secara manual ke tempat mana saja.

Jika Anda tertarik dengan mock location, berikut ulasan dari LinovHR mengenai pengertian, fungsi, dan cara menggunakannya. Mari kita simak bersama!

 

Apa Itu Mock Location?

Mock location atau lokasi tiruan adalah suatu fitur pada Android yang memungkinkan pengguna untuk mengubah lokasinya. Lewat fitur ini, pengguna bisa mengganti lokasi secara manual dari satu tempat ke tempat lainnya.

Fitur lokasi tiruan pada awalnya digunakan untuk melakukan tes aplikasi. Namun, pada akhirnya manipulasi lokasi ini digunakan untuk berbagai kepentingan lainnya. Berbagai fungsi mock location dapat Anda baca di bagian selanjutnya.

 

Apa Fungsi Mock Location?

Mock location bisa digunakan untuk banyak hal. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang paling sering digunakan:

 

1. Untuk Mengetes Aplikasi

Fitur mock location sebenarnya pertama kali dikembangkan untuk mengetes aplikasi. Itulah mengapa fitur ini berada dalam menu Developer di Android.

Mock location digunakan untuk mengetes apakah fungsi deteksi lokasi pada suatu aplikasi dapat berjalan dengan baik. Jika lokasi yang telah diubah tercatat dalam sistem aplikasi, maka tandanya aplikasi berhasil dalam mendeteksi lokasi.

 

2. Menjaga Keamanan Privasi

Fungsi selanjutnya adalah untuk menjaga keamanan privasi. Mengingat ada banyak aplikasi yang meminta lokasi pengguna, tidak ada salahnya untuk sesekali memanipulasi lokasi demi keamanan diri. Hal ini wajar sekali dilakukan, terutama jika ingin menghalau hacker dalam mendeteksi lokasi pengguna.

 

3. Menggunakan Aplikasi Berbasis Lokasi

Ada banyak aplikasi yang mengharuskan pengguna memasukkan lokasi agar bisa digunakan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah pengguna berada di lokasi yang tepat untuk mengakses aplikasi atau tidak. Sebab, tak semua aplikasi bisa digunakan di seluruh tempat. Ada pula aplikasi yang hanya bisa diakses di lokasi-lokasi spesifik.

 

Contoh aplikasi tersebut adalah Reddit dan Vimeo.

Kedua aplikasi ini telah diblokir oleh Kominfo sehingga tidak bisa lagi diakses di Indonesia. Namun jika menggunakan mock location, pengguna bisa mengubah lokasi untuk mengakses aplikasi tersebut.

Selain itu, lokasi tiruan juga bisa membuka fitur-fitur pada aplikasi yang berbasis lokasi. Contohnya yaitu aplikasi games seperti Pokémon GO atau layanan streaming seperti Netflix.

Mengubah lokasi pada Pokemon GO akan membuka banyak karakter Pokemon baru, sementara memanipulasi lokasi pada Netflix bisa membuka banyak film dan serial asing yang tidak ditemui di Indonesia.

 

Keuntungan tersebut tentu akan menyenangkan pengguna. Sehingga, tidak heran ada banyak orang yang menggunakan mock location.

 

Cara Menggunakan Mock Location

Fitur mock location biasanya merupakan fitur bawaan pada Android, terutama Android dengan seri baru. Namun, untuk mengakses fitur ini, Anda perlu masuk ke dalam menu Developer Options.

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan mock location yang dapat Anda ikuti:

 

1. Mengaktifkan Mock Location di Android

Untuk mengaktifkan mock location, Anda harus aktif sebagai Developer terlebih dahulu. Caranya yaitu sebagai berikut:

 

  • Masuk ke dalam menu Settings pada smartphone.
  • Klik menu About Phone/Device atau Software Information.
  • Klik pilihan Build Number sebanyak 7 kali secara berurutan, maka Anda telah aktif sebagai Developer.
  • Setelah aktif sebagai Developer, menu Developer Options akan terbuka. Menu ini biasanya ada pada menu Settings atau System.
  • Klik menu Developer Options.
  • Lalu, pilih Allow Mock Location.

 

Setelah ini, Anda belum bisa mengubah lokasi. Anda tetap perlu mengunduh aplikasi fake GPS Android dari Google Play Store.

 

2. Mengunduh Aplikasi Fake GPS

Selanjutnya, Anda harus mengunduh aplikasi fake GPS untuk bisa mengubah lokasi. Pilihlah aplikasi yang Anda inginkan.

Setelah itu, lakukanlah hal-hal di bawah ini:

  • Klik menu Developer Options pada menu Settings atau System.
  • Klik Mock Location App.
  • Pilih aplikasi fake GPS yang terdapat pada smartphone Anda. Lalu, Anda pun bisa langsung mengubah lokasi menggunakan aplikasi tersebut.

 

Baca Juga: Aplikasi Absen dengan Kecanggihan Anti Fake GPS 

 

Hindari Kecurangan Absen dengan Aplikasi Absen Online LinovHR

 

mobile ess

 

Meski pada awalnya mock location digunakan untuk kepentingan yang bersifat positif, tidak dapat dipungkiri bahwa fitur ini bisa juga digunakan untuk tujuan negatif. Salah satunya adalah manipulasi lokasi kerja yang mungkin dilakukan oleh karyawan.

Hal ini tentu menyulitkan HR dalam mengetahui kehadiran karyawan dan membuat laporannya. Sebab, hasil absensi yang HR terima menjadi tidak akurat karena adanya lokasi tiruan.

Kehadiran mock location tentu suatu hal yang harus dapat diantisipasi perusahaan ketika ingin menggunakan aplikasi absen online.

Absensi Online
Absensi Online LinovHR

 

Namun, Anda tidak perlu khawatiri masalah tersebut jika menggunakan Aplikasi Absensi LinovHR. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan fitur anti fake GPS, anti root, dan anti jailbreak sehingga lokasi palsu karyawan bisa terdeteksi. Kecurangan pun dapat dihindari.

 

Ingin memiliki aplikasi yang menjamin keamanan dan keakuratan data absensi karyawan? Gunakanlah Aplikasi Absensi LinovHR! Saat ini, ada promo menarik untuk perusahaan Anda, lho!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter