top management

Siapa Itu Top Management? Yuk, Kenali Baik-Baik!

Pernahkah Anda mendengar istilah top management? Di dalam perusahaan terdapat 3 tingkatan manajemen yang memiliki peran dan tugasnya masing-masing dan tingkatan manajemen yang paling tinggi adalah top management.

Untuk mengetahui secara luas pengertian top management serta hal-hal apa saja yang berkaitan, langsung saja simaklah penjelasan artikel di bawah ini!

 

Apa itu Top Management?

Pengertian top management adalah tingkatan paling tinggi dalam level manajemen. Orang-orang yang memiliki jabatan pada tingkatan manajemen ini akan bertanggung jawab langsung kepada pemilik perusahaan atau pemilik saham.

Top management memiliki kewenangan yang lebih besar dari 2 tingkatan manajemen lainnya, karena mereka terfokus pada lingkup pekerjaan perusahaan yang cenderung bersifat konseptual serta menentukan arah strategi serta visi agar perkembangan perusahaan bisa lebih baik lagi.

Maka dari itu, manajemen ini memiliki hak untuk memberhentikan manajemen lain yang tingkatannya berada lebih rendah.

 

Siapa Saja yang Termasuk Top Management?

Top management sering juga disebut dengan executive officer yang memiliki otoritas tertinggi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab yang penuh kepada pemilik perusahaan.

Terdapat orang-orang yang termasuk ke dalam top management, antara lain:

 

  • CEO (Chief Executive Officer)

CEO adalah seseorang yang berperan sebagai mediator antara manajer dan direksi atau investor. Orang ini akan bertanggung jawab membayangkan rencana pasar yang bisa memungkinkan perusahaan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Baca Juga : Apa itu CEO? Kenali Serba-serbi CEO Berikut Ini!

 

  • CIO (Chief Information Officer)

CIO adalah eksekutif perusahaan yang memiliki tanggung jawab pada manajemen, implementasi, serta penggunaan alat teknologi dan informasi perangkat/komputer.

 

  • CFO (Chief Financial Officer)

CFO adalah orang yang bertanggung jawab untuk mengurusi segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan seperti perencanaan, pencatatan, dan administrasi keuangan.

 

  • Direktur Utama

Direktur utama atau Executive Director adalah jabatan tertinggi dalam perusahaan yang tanggung jawab untuk mengatur seluruh kegiatan organisasi/perusahaan.

Itu tadi adalah jabatan apa saja yang biasanya terdapat dalam top management. Bagi perusahaan dengan sistem desentralisasi atau memiliki banyak cabang di berbagai daerah, setiap kantor cabang nantinya akan memiliki top management.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Top Management

Top management memiliki peran yang cukup besar untuk perkembangan bisnis perusahaan. Dibawah ini terdapat tugas top management dalam perusahaan, antara lain:

  • Memimpin jalannya seluruh kegiatan dalam suatu perusahaan
  • Melakukan perencanaan secara keseluruhan dan perencanaan strategis organisasi
  • Membuat tujuan dan kebijaksanaan/aturan dalam perusahaan (basic policy)
  • Membuat strategi yang tepat untuk menjalankan kegiatan organisasi
  • Mengarahkan, mengatur, dan manajer yang tingkatannya berada di bawahnya
  • Memaksimalkan kinerja para karyawan dan seluruh sumber daya/aset yang dimiliki perusahaan
  • Membangun budaya atau lingkungan kerja yang nyaman

 

LinovHR : Memaksimalkan Karyawan Tingkat Lini

Setiap tingkatan lini atau tingkatan manajemen dalam perusahaan pastinya akan saling terintegrasi satu sama lain untuk melancarkan proses kerja. Untuk mensukseskan hal tersebut, perusahaan harus bisa memaksimalkan kinerja karyawan pada setiap tingkatan manajemen.

Agar perusahaan bisa memaksimalkan kinerja karyawan, LinovHR memiliki solusi melalui Modul Personnel Administration.

Modul Personnel Administration dari LinovHR adalah aplikasi database yang dapat membantu dalam mengelola seluruh informasi karyawan perusahaan secara detail mulai dari personal details, status kepegawaian, riwayat kerja, aset perusahaan, hingga komponen gaji yang akan diterima tiap karyawan.

Kegunaan dari Modul Personnel Administration ini antara lain:

  • Dapat menginput seluruh informasi karyawan secara rinci
  • Mengelola data karyawan
  • Melihat catatan kehadiran karyawan
  • Mengelola informasi payroll karyawan
  • Mengatur reimbursement karyawan secara cepat dan tepat
  • Menyimpan riwayat kerja hingga pendidikan karyawan
  • Memudahkan dalam melakukan pencatatan yang terkait dengan pemberian reward atau punishment.

 

Pengelolaan data karyawan yang dilakukan secara efektif dan efisien akan membantu perusahaan untuk menentukan langkah yang tepat untuk meningkatkan produktivitas kerja karyawan serta membantu dalam memajukan bisnis perusahaan.

Setiap tugas yang diberikan akan dikerjakan secara otomatis sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan cepat dan pastinya perusahaan Anda akan memiliki banyak waktu untuk berfokus pada perkembangan bisnis perusahaan.

 

Baca Juga : Cara Mengelola Manajemen Perusahaan yang Berkualitas

 

Demikianlah pembahasan mengenai top management dalam perusahaan beserta dengan jabatan yang terkait dan tugas-tugas yang dikerjakannya. Top management memiliki peran dan tanggung jawab yang besar kepada pemilik perusahaan, sehingga mereka akan mengerjakan tugas yang cukup banyak dan detail untuk kelancaran perkembangan perusahaan.