Kenali Succession Planning, Manfaat, dan Penerapannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Kenali Succession Planning, Manfaat, dan Penerapannya
Isi Artikel

Succession planning merupakan strategi yang tidak bisa sembarangan dalam penerapannya. Dalam menghadapi perubahan kepemimpinan atau kekosongan posisi kunci, keberadaan rencana suksesi menjadi krusial.

Hal ini karena memimpin sebuah tim bukanlah hal yang mudah, ada tanggung jawab besar, tekad, keberanian, dan kepercayaan diri yang harus dimiliki oleh setiap pemimpinnya.

Yuk, pahami lebih dalam tentang succession planning, manfaat, hingga bagaimana menerapkannya dalam perusahaan di artikel berikut ini.

Apa itu Succession Planning?

Jika perubahan atau pergantian yang diinginkan dalam suksesi perusahaan tersebut melibatkan pemilihan calon pemimpin perusahaan, maka tim internal perusahaan dalam hal ini Human Capital Management haruslah membuat sebuah strategi dan perencanaan yang matang.

Karena kesalahan dalam memilih pemimpin adalah hal yang fatal yang akan membuat perusahaan mengalami kerugian. Di sinilah dibutuhkan Succession Planning yang benar-benar matang.

Succession Planning adalah strategi-strategi dan rencana-rencana yang dibuat oleh pemilik perusahaan untuk mengembangkan segala potensi, talenta, dan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan-karyawannya untuk mendapatkan calon-calon pemimpin perusahaan yang terbaik.

Succession Planning sangat cocok diberlakukan baik bagi perusahaan kecil, sedang, besar ataupun yang sedang berkembang untuk membentuk calon-calon pemimpin terbaik yang sesuai dengan harapan perusahaan.

Pada Succession Planning, perusahaan akan menentukan kemampuan, keterampilan, keahlian, dan segala kompetensi apa saja yang harus dimiliki calon pemimpin atau petinggi-petinggi perusahaan di masa depan.

Baca Juga: Succession Planning Software, Manfaat dan Cara Menerapkannnya di Perusahaan

Apa Manfaat Penerapan Succession Planning di Perusahaan?

Dalam membangun rencana suksesi yang baik harus dimulai dari perubahan pola pikir bahwa perencanaan suksesi bukanlah sebuah proses untuk mencari pengganti pemimpin yang hilang semata.

Suksesor juga harus mampu mempersiapkan perusahaan menjadi lebih baik, berkesinambungan, dan tetap berorientasi ke depan agar dapat menghadapi tantangan bisnis saat ini maupun di masa yang akan datang.

Terdapat berbagai manfaat dari penerapan Succession Planning bagi perusahaan, sebagai berikut:

1. Sebagai Strategi Jangka Panjang Perusahaan

Karena banyaknya kegiatan operasional perusahaan tersebut, perusahaan lupa menjadikan perencanaan suksesi sebagai salah satu prioritas.

Dengan menerapkan perencanaan suksesi yang baik, perusahaan dapat merencanakan apa yang harus dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diinginkan. Selain itu, anda juga perlu menerapkan succession planning metrics yang tepat agar suksesor memiliki kualitas yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Suksesi adalah salah satu bagian dari keseluruhan rencana pertumbuhan perusahaan dan menciptakan jalur bagi karyawan yang telah pensiun untuk menyerahkan tahun-tahun pengetahuan yang telah diperoleh dengan susah payah dan transisi hubungan kerja yang penting sebelum mereka pergi.

2. Mengidentifikasi Pemimpin Masa Depan Anda yang Paling Memenuhi Syarat

Proses perencanaan suksesi secara formal mengharuskan perusahaan Anda untuk:

  • Mengidentifikasi posisi-posisi yang paling penting bagi keberhasilan perusahaan di masa depan.
  • Mengidentifikasi kandidat internal dengan nilai-nilai, keterampilan, dan keinginan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan penting. Bicaralah dengan calon suksesor potensial tentang minat dan rencana karir mereka.

3. Membuat Struktur untuk Pelatihan dan Pengembangan

Pengembangan karyawan profesional dapat diwujudkan dalam bentuk pembinaan, bimbingan, bayangan pekerjaan atau peningkatan bertahap dalam tanggung jawab yang lebih besar.

Posisi lainnya pun bahkan mengharuskan seorang kandidat untuk melanjutkan studinya ke tingkatan yang lebih tinggi demi mendapatkan pendidikan tambahan ataupun sertifikasi profesional.

4. Mempertahankan Identitas Brand

Anda sering mendengar berita tentang CEO yang datang ke sebuah perusahaan di luar janji hanya gagal dalam waktu singkat. Ironisnya, perekrutan yang merusak seperti itu dapat merusak reputasi perusahaan dan pertumbuhan jangka panjang bersama.

Perencanaan suksesi dapat membantu perusahaan Anda menghindari hal tersebut.

Dengan mengidentifikasi dan merawat seorang penerus internal, dapat dipastikan perusahaan tersebut akan dipimpin oleh seseorang yang mempunyai nilai-nilai dan sangat memahami janji merek perusahaan, pelanggan dan karyawannya karena mereka telah menjalaninya sendiri.

Baca Juga: 8 Langkah Melakukan Succession Planning Strategy

Bagaimana Menerapkan Succession Planning di Perusahaan?

sucession planning

Lalu, bagaimana cara menerapkan Succession Planning dalam sebuah perusahaan?

Anda bisa mulai dengan identifikasi kemampuan, skill, dan kompetensi yang dimiliki oleh karyawan di unit kerja masing-masing. Carilah calon pemimpin yang sesuai kriteria perusahaan untuk menggantikannya. Kemudian tentukan calon pemimpin yang terbaik dari pilihan yang sudah ada.

Perusahaan dapat memilih calon-calon pemimpin yang sudah ada dalam perusahaan ataupun dari luar perusahaan. Jika kandidat atau calon pemimpin yang dipilih berasal dari dalam perusahaan, maka tim Human Capital yang akan bertanggung jawab.

Human capital bertugas untuk membantu mengembangkan kemampuan calon pemimpin dengan cara melatih kompetensi dan pengetahuan sesuai kebutuhan.

Penerapan Succession Planning yang perlu perusahaan lakukan adalah:

1. Mempersiapkan Calon-Calon Pemimpin

Persiapan calon pemimpin atau petinggi perusahaan bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti:

  1. Mentransfer ilmu kebijaksanaan, kekuasaan, dan tanggung jawab seorang pemimpin
  2. Mengembangkan skill, potensi, dan pengalaman yang harus dimiiliki oleh pemimpin
  3. Jika memang calon pemimpin tidak sesuai dengan kriteria sehingga tidak terpilih, maka tim Human Capital dapat mempertahankannya dengan cara memberikan posisi yang lebih penting di bidang pekerjaan yang mereka sukai.

Baca Juga: Indikator Kepemimpinan Untuk Calon Pemimpin Perusahaan

2. Pergantian Kepemimpinan

Proses pergantian kepemimpinan dalam perusahaan dilakukan setelah terpilih calon-calon pemimpin baru.

Selanjutnya, dilakukan pergantian kepemimpinan dimana pemimpin lama mundur dari perusahaan dan menyerahkan tanggung jawab dan wewenang kepemimpinan kepada calon pemimpin baru.

3. Jika Diperlukan, Rekrut Tenaga Profesional

Jika pada praktiknya, pemimpin atau petinggi perusahaan yang baru masih belum memiliki kompetensi yang diinginkan perusahaan, sebagai pemilik perusahaan, Anda dapat merekrut tenaga profesional untuk membimbing, mengarahkan, dan melakukan pelatihan-pelatihan kepemimpinan sampai pemimpin baru mampu dan siap menjalankan perusahaan.

Ini dilakukan jika Succession Planning dilakukan secara mendesak dan tidak terduga sehingga waktu yang dimiliki perusahaan untuk memilih calon pemimpin baru terlalu singkat.

4. Mengimplementasikan Training Kepemimpinan

Training atau pelatihan-pelatihan kepemimpinan tidak hanya berupa pembekalan pendidikan dan training dalam pekerjaan (on the job training) saja.

Penting bagi calon-calon pemimpin perusahaan untuk bergabung dalam sebuah kelompok bisnis ataupun organisasi dimana para pemimpin bisnis bertemu dan berdiskusi seputar bisnis mereka masing-masing dan bagaimana cara mengembangkan bisnis mereka.

Calon-calon pemimpin tersebut memerlukan sebuah pendidikan berupa praktik dari pengalaman langsung para pemimpin bisnis sehingga diharapkan calon pemimpin tersebut merasakan, mengerti, dan memahami bagaimana cara mengelola sebuah bisnis dan langkah apa saja yang perlu ditempuh jika perusahaan mengalami kerugian untuk menstabilkan kembali kondisi perusahaan.

Baca juga: 7 Succession Planning Template yang bisa HR gunakan

Penerapan Succession Management Software LinovHR untuk Succession Planning

SUCCESSION MANAGEMENT

Selain mengutamakan konsep suksesi yang baik, perusahaan juga harus membuat sistem yang menunjang implementasi succession planning secara keseluruhan.

Melalui Succession Management Software LinovHR, anda dapat dengan mudah membantu proses analisa karyawan potensial, sehingga mempermudah proses manajemen suksesi di perusahaan anda

Bagaimana, sudah siap menjalankan Succession Planning di perusahaan Anda?

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter