Mempelajari Kepemimpinan Visioner untuk Kesuksesan Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

visioner
Isi Artikel

Membangun sebuah perusahaan bukanlah perkara mudah, dibutuhkan kesiapan yang baik, visi dan misi yang sejalan juga perencanaan yang matang. Kepemimpinan visioner  pun dianggap penting untuk mensukseskan rencana-rencana yang ada.  

Apa itu kepemimpinan visioner? Apakah penting untuk perusahaan? Berikut kami rangkum informasinya untuk Anda. 

 

Mengenal Arti Kepemimpinan Visioner

Sebagai seorang pimpinan perusahaan, Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang baik jika Anda tidak visioner. Theodore Hesburgh, President dari University of Notre Dame menyebutkan bahwa “The very essence of leadership is that you have to have a vision. It’s got to be a vision you articulate clearly and forcefully on every occasion.” 

Oleh karena itu, penting untuk seorang pemimpin memiliki visi yang baik dan menjadi pemimpin visioner.

Apa sebenarnya arti visioner itu sendiri? Visioner adalah orang yang memiliki pandangan atau wawasan ke masa depan. Istilah ini juga kadang diartikan sebagai orang yang dapat melihat dan memanfaatkan peluang.

Tidak begitu jauh berbeda dengan visioner, menurut Diana Kartanegara (2003) kepemimpinan visioner adalah pola kepemimpinan yang ditujukan untuk memberi arti pada kerja dan usaha yang perlu dilakukan bersama-sama oleh para anggota perusahaan dengan cara memberi arahan dan makna pada kerja dan usaha yang dilakukan berdasarkan visi yang jelas. 

Pemimpin visioner adalah orang yang menyatukan keduanya -kemampuan untuk melihat peluang dan pandangan kedepan, serta orang yang mampu memimpin dengan baik. Visionary leader atau pemimpin visioner akan melihat peluang, lalu menjadikannya nyata dengan memimpin tim.

 

Baca Juga: Siapa Itu Top Management? Yuk, Kenali Baik-Baik!

 

Ciri-Ciri Pemimpin Visioner

Bagaimana ciri gaya kepemimpinan visioner? Berikut beberapa ciri yang perlu Anda ketahui:

 

Berani Mengambil Resiko 

Seorang pemimpin harus berani mengambil resiko atas keputusannya. Peluang yang ada untuk kesuksesan suatu perusahaan tentu datang dengan resiko yang bisa saja hadir di kondisi-kondisi tertentu. Setiap perubahan yang ingin dilakukan pasti akan ada resiko yang menyertainya. 

 

Mendengar serta Menerima Ide dan Masukan

Bukan berarti saat menjadi leader Anda tidak mendengarkan ide atau masukan untuk rencana Anda. Pemimpin yang memiliki visi tentu akan mempertimbangkan masukan dari timnya agar rencana yang ada tidak menjadi bumerang kedepannya. 

 

Bertanggung Jawab

Selain berani menerima resiko, pemimpin haruslah bertanggung jawab. Baik bertanggung jawab untuk visi yang ia akan jalankan dan tindakan yang diambil namun juga bertanggung jawab pada timnya. 

 

Optimis dan Percaya Diri

Jika Anda memimpin suatu perusahaan namun Anda tidak optimis, tentu akan berdampak sampai ke karyawan Anda. Pemimpin akan optimis dan percaya diri dengan apa yang akan ia lakukan. 

 

Apakah Visioner adalah Bakat atau Dapat Dikembangkan?

Orang yang memiliki ide cemerlang misalnya atau disebut the idea guy juga bisa disebut sebagai orang yang visioner. Bagaimana kita mengembangkan sifat tersebut tentunya kembali ke individu masing-masing. 

Jika Anda bertanya-tanya apakah hanya orang-orang tertentu yang memiliki sifat visioner, jawabannya adalah tidak. 

Sifat ini bisa saja ada dalam diri kita namun kita tidak menyadarinya. Tidak semua orang yang visioner adalah pemimpin, tetapi Anda tetap bisa menjadi seorang visioner tanpa harus duduk di kursi kepemimpinan. 

Sifat visioner bisa saja Anda miliki sedari dulu namun Anda belum mengembangkannya dengan baik. 

 

Baca Juga:  Mana yang Lebih Efektif Antara Rekrutmen Internal dan Eksternal?

 

Tips Meningkatkan Kemampuan Pemimpin yang Visioner

Ada beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan Anda sebagai pemimpin yang visioner, diantaranya:

 

Komunikasikan Ide 

Belajar untuk mengkomunikasikan ide dan rencana Anda kepada tim, dengan begitu tim Anda juga akan lebih memahami peran mereka nantinya saat ide ini dijalankan.

 

Konsisten 

Jika sudah mengeluarkan dan mengeksekusi sebuah ide, maka sebagai pemimpin Anda harus konsisten menjalankannya untuk melihat hasil dari ide tersebut. 

 

Mengkoneksikan Ide dan Peluang

Pemimpin yang visioner bukan hanya melihat peluang namun juga memanfaatkannya. Menghubungkan ide dan peluang akan mewujudkan visi Anda dengan lebih baik.

 

Membangun Relasi

Bukan hanya memberikan ide dan memanfaatkan peluang, membangun relasi penting bagi seorang pemimpin. Relasi yang baik akan membantu perusahaan Anda berkembang dan maju. 

 

Uji Coba Visi

Bukan hanya menyampaikan ide, Anda juga harus mengujinya. Coba Anda terapkan ide Anda kepada tim terlebih dahulu, atau coba diskusikan dengan orang lain, dengan begitu Anda akan mendapatkan feedback yang bermanfaat. 

 

Sukseskan Suksesi Kepemimpinan yang Visioner dengan LinovHR

software hris

 

Perencanaan suksesi suatu perusahaan sangat penting untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan. Untuk memastikan perencanaan suksesi perusahaan Anda berjalan dengan baik, HR Software LinovHR mempunya modul Succession Management sebagai solusinya!

Salah satu aset penting dalam perusahaan adalah karyawan. Melalui modul ini pengelolaan hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi suatu perusahaan akan dilakukan dengan lebih mudah.  Succession Management dari LinovHR akan membantu HRD untuk memastikan posisi-posisi penting dalam perusahaan tidak akan kosong dan langsung terisi.

Karyawan akan dibantu dikelompokkan ke dalam beberapa pool atau kelompok yang menggambarkan kesiapan mereka dalam menduduki jabatan penting. Ada No Successors, Ready in the Future dan Ready Now.  Kemudian, HRD barulah dapat mengelompokkan karyawan mana yang siap menjadi pimpinan masa depan. 

Dilihat dari pentingnya peran seorang pemimpin dalam suatu perusahaan, maka perencanaan suksesi ini haruslah dilakukan. Dengan menemukan karyawan yang visioner dan siap untuk menduduki posisi penting perusahaan diharapkan akan membantu perkembangan perusahaan agar tercapai visi misi perusahaan. Semoga ulasan di atas dapat membantu! 

Tentang Penulis

Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter