succession planning strategy

Apa Itu Succession Planning Strategy untuk Kesuksesan Perusahaan

Kesuksesan perusahaan jangka panjang suatu perusahaan tidak terlepas dari upaya dan perencanaan yang cermat.

Dalam hal ini, penerapan succession planning strategy atau perencanaan suksesi yang tepat dapat memberikan fondasi yang kuat untuk kelangsungan perusahaan.

Lantas, bagaimana perusahaan menerapkan perencanaan suksesi yang tepat demi kesuksesan jangka panjang perusahaan? Mari simak artikel LinovHR berikut!

 

 

Pengertian Succession Planning Strategy

Succession planning strategy adalah upaya untuk menemukan dan mengembangkan karyawan yang memiliki potensi untuk mengambil alih posisi kepemimpinan penting dalam sebuah perusahaan.

Tujuan dari hal ini adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki sekelompok karyawan kompeten yang siap menduduki peran penting ketika diperlukan.

Perencanaan suksesi harus melibatkan riset kandidat yang tepat. Terutama, untuk posisi manajemen senior, yaitu dengan mempertimbangkan pengalaman, kualifikasi, dan ambisi mereka. 

Melalui perencanaan suksesi, perusahaan berupaya mengurangi risiko kosongnya posisi pemimpin penting dalam waktu lama dengan memastikan bahwa ada karyawan yang siap mengambil alih posisi tersebut.

 

Mengapa Succession Planning Strategy Penting?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa succession planning strategy di perusahaan sangat penting untuk diterapkan:

 

1. Membantu Mengurangi Risiko Kerugian

Succession planning strategy yang tepat bertujuan untuk mengurangi risiko kehilangan karyawan terbaik.

Tanpa rencana promosi yang efektif, individu yang berpotensi menjadi pemimpin di masa depan mungkin akan meninggalkan perusahaan.

Hal itu terjadi jika mereka merasa bahwa pengembangan karier mereka terhambat.

Perencanaan promosi karyawan membantu perusahaan mengidentifikasi, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan potensial, sehingga mengurangi kerugian akibat kehilangan individu berharga.

 

2. Membantu Mengatasi Situasi Kebuntuan

Jika manajemen baru mencari kandidat untuk menggantikan posisi tertentu tepat sebelum pemimpin akan pensiun atau meninggalkan perusahaan secara mendadak, maka akan sulit untuk menemukan penggantinya sesegera mungkin.

Proses perencanaan suksesi harus dilakukan secara berkala, tak peduli apakah suatu posisi kepemimpinan membutuhkan pengganti dalam waktu dekat atau tidak.

Jika organisasi merencanakan suksesi dengan holistik, mereka akan tahu siapa yang akan menggantikan seorang pemimpin krusial saat terjadi krisis. Sehingga, proses bisnis tetap berjalan dengan efektif.

 

3. Membantu Mengembangkan Pemimpin Berkualitas

Perencanaan suksesi adalah cara untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki pemimpin kompeten dan berkualitas tinggi di masa depan. 

Perusahaan dapat mengidentifikasi karyawan berpotensi sejak dini dan memberikan mereka pelatihan serta pengalaman yang diperlukan.

Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka memiliki pemimpin yang siap mengambil peran penting saat dibutuhkan.

Pemilihan ini juga akan membantu perusahaan tetap bertumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.

 

4. Membantu Mengidentifikasi Performance Gap

Metode succession planning strategy yang efektif juga membantu perusahaan menemukan performance gap pada karyawan.

Untuk mencapai efektivitas dan performa yang baik, perusahaan harus menetapkan benchmark.

Ini akan diterjemahkan menjadi key performance indicator (KPI) atau objective key result (OKR), di mana setiap karyawan yang bekerja diharapkan dapat memenuhi standar tersebut.

Dengan membandingkan kinerja individu dengan standar yang ditetapkan perusahaan, perusahaan dapat melihat siapa yang berhasil memenuhi target dan siapa yang tidak.

Hal ini nantinya akan membantu manajemen untuk menyusun strategi yang tepat, apakah seorang karyawan bisa mendapatkan promosi atau membutuhkan pengembangan skill lebih lanjut.

 

Baca Juga: 5 Succession Planning Metrics yang Penting untuk Diukur, Apa Saja?

 

Keuntungan Menerapkan Succession Planning Strategy

keuntungan succession planning strategy
Keuntungan Succession Planning Strategy

 

Di sebuah studi terbaru, 90 persen koresponden yang menjalankan perusahaan setuju bahwa metode perencanaan suksesi yang efektif sangat penting untuk kesuksesan. 

Namun, hanya 50 persen dari mereka yang benar-benar menerapkan strategi perencanaan suksesi di perusahaan.

 

Padahal, ada sejumlah keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan jika mengaplikasikan succession planning strategy yang efektif.

  • Perencanaan suksesi membantu mempertahankan karyawan yang memiliki performa unggul dan melepaskan mereka yang tak layak dipertahankan.
  • Perencanaan suksesi ini akan mengembangkan pemimpin yang sesuai untuk perusahaan di masa yang akan datang.
  • Perencanaan suksesi adalah strategi komprehensif yang melindungi perusahaan dari berbagai kemungkinan yang bisa muncul di masa depan.
  • Perencanaan ini menghubungkan seluruh perusahaan menjadi satu kesatuan untuk menjaga kelangsungan perusahaan.
  • Perencanaan suksesi mendorong perusahaan untuk berinvestasi besar dalam pelatihan dan pengembangan. 
  • Tujuannya untuk meningkatkan tingkat pengembalian investasi (Return on Investment/ROI) dan mengurangi employee turnover rate.
  • Selain itu, perencanaan suksesi juga berkontribusi dalam membentuk strategi Sumber Daya Manusia perusahaan secara keseluruhan.

 

Tahap-tahap Succession Planning Strategy di Perusahaan

Berikut adalah tahap-tahap succession planning strategy yang dapat diimplementasikan di perusahaan:

 

1. Identifikasi Posisi Kunci

Langkah pertama dalam perencanaan suksesi adalah mengidentifikasi berbagai posisi kunci yang memiliki dampak signifikan pada kesuksesan perusahaan. 

Proses ini dilakukan dengan mengevaluasi setiap posisi untuk menentukan pengaruhnya dalam jangka waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan. 

Semua posisi yang memiliki dampak paling besar akan dianggap sebagai posisi kunci.

 

2. Tinjau Persyaratan

Setelah mengidentifikasi posisi kunci, langkah selanjutnya adalah meninjau persyaratan dan kriteria yang diperlukan untuk menduduki posisi tersebut. 

Proses ini juga harus mengidentifikasi tindakan dan tanggung jawab penting yang mungkin tidak tertera dalam job description.

Ini akan menjadi dasar untuk memenuhi persyaratan program perencanaan suksesi.

 

3. Analisis Gap Skill Karyawan

Perencanaan suksesi memerlukan analisis untuk mengidentifikasi dan mengatasi gap antara kinerja saat ini dan ekspektasi di masa depan yang dihadapi perusahaan. 

Manajemen SDM perlu memahami posisi kunci mana yang berpotensi menciptakan kesenjangan dalam kinerja dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

 

4. Mengembangkan Rencana Succession Planning Strategy

Berdasarkan analisis yang dilakukan, langkah selanjutnya adalah mengembangkan rencana succession planning strategy

Penting untuk mendokumentasikan rencana ini secara rinci dan memastikan bahwa tujuan yang ditetapkan sesuai dengan strategi perusahaan secara keseluruhan. 

Rencana ini harus menguraikan visi dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya.

 

5. Menerapkan Strategi Suksesi

Setelah rencana suksesi tersusun dengan baik, saatnya untuk mengimplementasikannya.

Jika suksesi diperlukan dalam waktu dekat, beritahu para pemimpin sebelumnya agar mereka memiliki waktu untuk mempersiapkan diri.

Setelah mendapatkan rekomendasi kandidat yang potensial, perusahaan dapat memberikan pelatihan ekstensif dan menganalisis bagaimana perkembangan mereka.

Perencanaan dan implementasi suksesi merupakan bagian dari perencanaan strategis yang membantu mendukung kesuksesan perusahaan.

 

6. Memantau dan Mengendalikan

Tahap terakhir dan tak kalah penting adalah melakukan analisis menyeluruh terkait strategi perencanaan suksesi yang dilakukan perusahaan. 

Penting untuk memastikan bahwa segala tindakan dilaksanakan sesuai rencana.

Jika ada ketidaksesuaian atau kendala, perusahaan harus siap untuk melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

 

Terapkan Perencanaan Suksesi dengan Software Succession Management LinovHR

Menerapkan succession planning strategy adalah langkah penting yang membantu memastikan keberlangsungan dan kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Sayangnya, ini bukanlah suatu proses sederhana karena menemukan karyawan potensial untuk mengisi posisi strategis memerlukan serangkaian tahap yang panjang dan memakan waktu.

Namun tak perlu khawatir, succession planning strategy di perusahaan dapat berjalan dengan efektif dan efisien dengan bantuan teknologi software yang mutakhir.

Yang perlu menjadi catatan, tidak semua software succession planning itu sama. Sebelum memilih software yang tepat, penting untuk mengetahui apakah software tersebut dapat memenuhi kebutuhan succession planning perusahaan atau tidak.

Dalam hal ini, Software Succession Management LinovHR membantu perusahaan mengimplementasikan strategi suksesi yang tepat karena dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan dan mengelola perencanaan suksesi dengan lebih efisien.

Mulai dari fitur Succession Setting yang membantu HR dalam mengelola tingkat kesiapan karyawan, potensi, dan kinerja mereka, fitur Talent Pool yang mengelompokkan karyawan berdasarkan tingkat kesiapan mereka, hingga fitur Succession Pool yang berisi data sekelompok karyawan yang memenuhi kualifikasi.

 

SUCCESSION MANAGEMENT
Succession Management Software LinovHR

 

Software Succession Management LinovHR menggunakan metode 9 box grid, salah satu teknik untuk memetakan karyawan berdasarkan kompetensi dan performa kerja yang parameternya dapat ditentukan oleh perusahaan sesuai kebutuhan.

Software ini juga terintegrasi dengan Learning Management System LinovHR yang memungkinkan perusahaan memberikan pelatihan yang dibutuhkan kepada calon suksesor potensial.

Dengan menggunakan Software Succession Management LinovHR, perencanaa suksesi akan berjalan terarah dan terkelola dengan baik sehingga memastikan pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang.

Jika ingin melihat bagaimana LinovHR dapat membantu perusahaan dalam mengimplementasikan succession planning strategy dengan lebih efisien, segera ajukan demonya sekarang dan dapatkan penawaran menariknya!