Para Leaders, Inilah Pentingnya Apresiasi di Lingkungan Kerja!

Para Leaders, Inilah Pentingnya Apresiasi di Lingkungan Kerja!

Tanpa disangka-sangka, sebuah apresiasi di lingkungan kerja dapat meningkatkan kinerja karyawan. Apresiasi ini tidak selalu harus berupa uang, cukup dari ucapan dan gestur sederhana sebenarnya cukup berharga bagi karyawan. Hal ini diperkuat oleh studi yang dilakukan oleh American Psychological Association.

Menurut studi yang dilakukan oleh American Psychological Association, karyawan yang diberikan apresiasi yang cukup memiliki lebih banyak motivasi kerja, keterlibatan, dan relasi yang lebih kuat ke perusahaan mereka. Tentu saja berbeda dengan karyawan yang jarang diapresiasi oleh atasannya. Biasanya karyawan yang jarang diapresiasi hanya bekerja seadanya karena tidak merasa bagian penting di perusahaan. 

Inilah saat yang tepat mengapa Anda para leaders perlu menunjukkan apresiasi terhadap karyawan Anda. Simak artikel ini untuk mengetahui seberapa pentingnya apresiasi di lingkungan kerja!

 

Manfaat Memberikan Apresiasi untuk Perkembangan Kinerja

Sebelum kita membahas manfaat apresiasi untuk perkembangan kinerja, kita harus memahami terlebih dahulu apa itu apresiasi. Secara umum, apresiasi adalah suatu bentuk atau proses untuk melihat, menilai, dan menghargai suatu karya. 

Dalam lingkungan kerja, apresiasi diwujudkan sebagai bentuk penghargaan kepada karyawan atas kinerjanya dalam bekerja. Ada banyak manfaat apresiasi dalam mendukung perkembangan kinerja karyawan di lingkungan kerja. Berikut ini adalah beberapa diantaranya. 

 

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Apresiasi dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan Anda. Ketika karyawan tahu kerja keras mereka dihargai, mereka akan merasa bahwa pekerjaan mereka berarti dan diakui. Dan ini akan memberikan motivasi bagi merek untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerja hebat mereka. 

Menunjukkan kepada karyawan bahwa pendapat dan ide mereka dihargai akan menanamkan keberanian dan kepercayaan diri yang membuka pintu bagi pemikiran kreatif serta ide-ide baru. Selain meningkatkan performa kerja dalam individu, apresiasi juga berdampak langsung pada kinerja tim yang nantinya dapat mendorong kesuksesan perusahaan di pasar.  

 

Membuat Karyawan Loyal

Studi yang dilakukan oleh Robert Half menunjukkan bahwa 66% karyawan meninggalkan pekerjaan mereka karena kurangnya apresiasi di lingkungan kerja mereka. Pada akhirnya aspek ini juga akan berpengaruh kepada tingkat turnover karyawan.

Selain meningkatkan produktivitas, menunjukkan apresiasi di lingkungan kerja juga dapat meningkatkan keterlibatan dan dedikasi karyawan terhadap perusahaan. Hal tersebut tentunya juga akan berdampak terhadap loyalitas karyawan. 

 

Mencegah Burn Out

Sebenarnya, salah satu manfaat dan fungsi apresiasi adalah mencegah burnout. Ketika karyawan merasa apa yang mereka lakukan dihargai, sebuah apresiasi membantu mereka mengelola stres yang datang saat melakukan pekerjaannya. 

Menurut Robert A. Emons, apresiasi di lingkungan kerja bisa mengurangi depresi dan emosi negatif lainnya yang dapat menciptakan lingkungan kerja yang tidak sehat.

Baca Juga: Mengalami Sindrom Burnout Karena Pekerjaan? Atasi dengan 5 Cara Ini!

 

Bagaimana Cara Memberikan Apresiasi

Memberikan apresiasi merupakan hal yang sederhana dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukannya. Siapapun di tingkat manapun dapat memberikan apresiasi. Sebuah apresiasi dapat ditujukan kepada karyawan, sesama rekan kerja, atau atasan. 

Apresiasi atau penghargaan tidak hanya soal uang. Memberikan apresiasi dapat sesederhana  memberikan ucapan positif ataupun memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berkontribusi lebih dalam sebuah pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk memberikan apresiasi di lingkungan kerja Anda hari ini.

 

Memberikan Feedback Positif

Menerima feedback yang positif atas perkembangan karyawan adalah salah satu hal utama yang membuat mereka bisa melakukan sesuatu dengan benar dan merasa dihargai. Hal ini dapat sesederhana memberikan pujian atas hasil kerja mereka. 

Sebuah ucapan terima kasih mungkin terdengar kecil dan sepele, namun bagi sebagian orang yang merasa telah mengorbankan waktu dan tenaga dalam pekerjaannya hal ini menjadi sangat berarti.

Tidak harus secara langsung, Anda dapat membuatnya secara tertulis seperti melalui email dan menjelaskan bagaimana hasil kerja mereka telah mempengaruhi kinerja seluruh tim hingga mendapatkan hasil akhir yang memuaskan.  

 

Menyediakan Ruang untuk Berkembang 

Ketika Anda dapat meluangkan waktu untuk secara eksplisit mendiskusikan potensi pertumbuhan atau memberikan peluang karir yang lebih besar, karyawan akan menafsirkannya sebagai bukti bahwa mereka dihargai. 

Peluang yang diberikan bisa dalam berbagai bentuk, mulai dari training, melibatkan mereka ke dalam project yang berbeda dari sebelumnya, atau bahkan kesempatan untuk kenaikan jabatan. Bentuk apresiasi seperti ini dapat membantu karyawan memaksimalkan potensi yang mereka miliki sekaligus memberikan fleksibilitas dalam pengembangan karir mereka. 

 

Baca Juga: 8 Tips Memilih Jenjang Karir Menuju Karir Idaman

 

Menawarkan Extra Time-Off

Waktu libur tampaknya sangat diinginkan oleh setiap karyawan. Pekerjaan yang menumpuk setiap hari memang perlu diimbangi dengan adanya time-off atau waktu untuk berlibur. Anda dapat memberikan apresiasi berupa extra time-off kepada karyawan yang telah bekerja keras. 

Mungkin waktu yang diberikan pada karyawan untuk liburan tidak terlalu panjang, atau mungkin tergolong cukup singkat. Namun bagaimanapun juga pemberian waktu kepada karyawan untuk liburan ini bisa menjadi hal yang menyenangkan dan membuat karyawan merasa dihargai.

 

Menciptakan Suasana Kerja yang Menyenangkan

Cara lainnya untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa Anda menghargai mereka  adalah dengan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, seperti menyelenggarakan acara happy-hour di kantor dimana Anda mengisi kantor Anda dengan minuman dan mendorong karyawan untuk bersantai dan bergaul di penghujung hari.

Hal lainnya seperti memberikan kejutan sederhana kepada karyawan Anda atas dedikasi dan pencapaian mereka kepada perusahaan, seperti  menghiasi meja karyawan dengan beberapa hal favorit mereka untuk mengingatkan mereka bahwa Anda peduli dan dapat menciptakan suasana kerja yang menyenangkan.

 

Pemimpin yang baik memiliki mindset bahwa dia tidak akan berhasil menjadi seorang pemimpin tanpa bantuan orang lain dan sebuah apresiasi pantas diberikan kepada siapa pun yang sudah bekerja dengan maksimal. Maka dari itu, mulailah dengan mengungkapkan lebih banyak rasa apresiasi kepada orang-orang di lingkungan kerja Anda dan lihat perubahan besar yang bisa Anda buat dari hal-hal kecil.