Mengenal Aplikasi Asset Management: Cara Terbaik untuk Mengelola Inventaris Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

aplikasi asset management
Isi Artikel

Mengelola aset perusahaan secara manual merupakan salah satu aktivitas bisnis yang cukup rumit. Maka dari itu, Anda membutuhkan aplikasi asset management yang dapat membantu Anda untuk mengelola inventaris perusahaan secara mudah.

Di dalam perusahaan sendiri, biasanya akan terdapat beberapa aset yang dimiliki oleh perusahaan, seperti produk, mesin, kendaraan, hingga database karyawan dan perusahaan secara keseluruhan. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka perusahaan Anda dapat melakukan pengawasan, pelacakan, hingga melakukan kategorisasi aset fisik yang ada di perusahaan secara otomatis.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu aplikasi management asset, maka simak penjelasan artikel LinovHR berikut ini sampai tuntas ya!

 

Apa itu Aplikasi Asset Management?

Aplikasi asset management adalah sebuah perangkat lunak yang memungkinkan bagi perusahaan untuk melakukan pengawasan, pelacakan, dan mengategorikan aset fisik yang dimiliki oleh perusahaan secara otomatis.

Dengan menggunakan aplikasi ini, perusahaan tidak perlu lagi melakukan pencatatan terhadap aset-aset yang dimilikinya secara manual.

Aset yang dimaksud meliputi aset mesin, produk, kendaraan, maupun benda-benda lainnya yang menjadi tanggung jawab perusahaan.

Melalui aplikasi asset management, maka perusahaan bisa melakukan pencatatan terhadap aset yang dimilikinya secara otomatis dan akurat.

Nantinya, seluruh database yang dimiliki oleh perusahaan akan tersimpan secara otomatis di server cloud tanpa perlu khawatir akan kebocoran data, biaya sewa, hingga perawatan server yang mahal. 

 

Baca Juga: Aplikasi Aset: Solusi Manajemen Inventaris Perusahaan

 

Penggunaan aplikasi management asset sendiri dinilai akan menghadirkan banyak manfaat kepada perusahaan.

Adapun beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan dalam penggunaan aplikasi satu ini, di antaranya adalah seperti berikut ini:

  • Menghindari pembelian aset yang sia-sia
  • Membuat kondisi aset yang ada di dalam perusahaan lebih terjaga
  • Memudahkan perusahaan dalam mencatat aset secara akurat dan detail
  • Meminimalisir terjadi nya kesalahan seperti human error
  • Memudahkan perusahaan dalam melakukan proses audit
  • Memudahkan perusahaan dalam membayar pajak dan asuransi aset
  • Membantu perusahaan dalam membuat laporan keuangan secara akurat dan transparan

 

Cara Memilih Aplikasi Asset Management

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi management asset, Anda perlu melakukan pertimbangan terlebih dahulu pada beberapa faktor yang ada.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan dalam memilih aplikasi asset management terbaik untuk perusahaan Anda. 

 

  1. Menganalisis Siklus Hidup Aset Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki kondisi aset yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menganalisis siklus hidup aset yang ada di perusahaan sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi management asset.

Dalam hal ini, Anda bisa melakukan analisis terhadap berapa lama aset tersebut dapat digunakan, kapan aset tersebut akan dilakukan pemeliharaan, dan kapan masa habisnya dari aset tersebut.

 

  1. Menganalisis Teknologi dan Fitur

Cara selanjutnya adalah dengan melakukan analisis terhadap teknologi dan fitur yang disediakan oleh vendor yang akan Anda pilih nantinya.

Perlu diingat, bahwa seluruh teknologi dan fitur yang disediakan oleh vendor akan sangat berpengaruh dalam pengelolaan terhadap aset yang Anda miliki.

Maka dari itu, Anda perlu melakukan analisis terhadap teknologi dan fitur yang disediakan oleh vendor tersebut. Apakah teknologi dan fitur yang disediakannya dapat menjawab segala permasalahan dan kebutuhan yang dimiliki oleh perusahaan Anda atau tidak.

 

  1. Mempertimbangkan Kebutuhan dan Anggaran

Cara ini merupakan cara terpenting yang harus Anda lakukan, yaitu dengan mempertimbangkan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Untuk melakukan cara ini sendiri, Anda bisa memilih aplikasi management asset dengan kategori harga yang masih terjangkau dan sesuai anggaran yang dimiliki oleh perusahaan Anda.

Namun, Anda juga tetap perlu mempertimbangkan kelengkapan fiturnya. Piilhlah aplikasi yang memiliki keunggulan sebanding dalam memenuhi kebutuhan perusahaan Anda.

 

Baca Juga: Manfaat Whatsapp Business untuk Pemilik Bisnis

 

Software HRIS LinovHR: Solusi Kelola Asset Karyawan Lebih Mudah

LinovHR

Melakukan pengelolaan terhadap aset yang dimiliki oleh perusahaan dengan menggunakan Microsoft Excel, Spreadsheet, atau cara manual yang lainnya dinilai membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih lama. 

Belum lagi jika karyawan yang melakukan pengelolaan melakukan kesalahan seperti human error yang dapat menimbulkan dampak negatif bagi perusahaan.

Kehadiran dari aplikasi asset management menjadi jawaban dan solusi dari permasalahan tersebut. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka perusahaan Anda dapat melakukan pengelolaan terhadap aset perusahaan secara mudah hanya melalui satu sistem yang terpusat dan otomatis.

Adapun salah satu aplikasi management asset terbaik di Indonesia yang bisa Anda gunakan yaitu Software HRIS LinovHR. Software ini dapat memberikan banyak kemudahan kepada perusahaan Anda dalam melakukan pengelolaan terhadap aset yang dimiliki karyawan. 

Melalui modul Personnel Administration, perusahaan dapat mendata dan mengelola aset yang diterima karyawan untuk menjalankan pekerjaannya. Data ini pun akan tetap aman karena disimpan dalam cloud yang terenkripsi dengan baik. Sehingga, Anda juga dapat menghindari human error dalam mengelola aset karyawan.

Kini, melakukan pengelolaan terhadap aset karyawan bisa dilakukan bersama Software HRIS LinovHR dengan anti repot dan anti ribet. 

Ayo gunakan sekarang juga dan rasakan kemudahannya!

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Sasa Karyono
Sasa Karyono

SEO specialist yang mengombinasikan antara pengoptimasian situs web dan membagikan wawasan HRD melalui artikel lengkap dan menarik. Follow her on Linkedin.

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru